Selain memberi kamu kebebasan untuk bereksperimen dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah, membuat masker wajah sendiri pasti jadi lebih hemat, bebas bahan kimia, dan lebih ramah lingkungan. Yes...kedengarannya menarik, ya, apalagi seperti yang kita tahu khasiat dari bahan-bahan alami tersebut sangat menarik. Tentu saja nggak ada salahnya kok untuk mencoba membuat masker sendiri di rumah selama kamu mengerti kondisi kulitmu. Eitss...tapi sebelum kamu pergi ke dapur dan ambil bahan-bahannya dari kulkas, ada 6 hal yang wajib diketahui sebelum meracik dan menggunakan masker wajah dari bahan alami!

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Ingin Pakai Bahan Alami Sebagai Masker Wajah? Perhatikan 6 Hal Ini!stocksy.com

Tentu saja yang pertama kita harus mengetahui kandungan dari bahan-bahan yang mau kita racik menjadi masker, dari sanalah kita dapat mengerti apa yang dibutuhkan kulit wajah. Seperti lemon yang dapat mengobati kulit berjerawat, kopi yang mengandung antioksidan, buah tomat yang dapat menghilangkan noda bekas jerawat, dan masih banyak lagi. Jadi jangan sampai salah memilih dan mencampur bahan, ya. Pahami dan ketahui dulu kandungan bahan dan kondisi wajahmu.

2. Gunakan Peralatan dan Bahan yang Higienis

Ingin Pakai Bahan Alami Sebagai Masker Wajah? Perhatikan 6 Hal Ini!prevention.com

Produk-produk kecantikan yang biasa kamu beli merupakan hasil produksi yang steril dan sudah lulus quality control, itulah yang membuatnya pasti aman digunakan. Sama halnya jika kamu mau menggunakan masker buatan sendiri, walaupun tidak bisa bersih 100%, ada baiknya memastikan seluruh peralatan telah dicuci hingga bersih dan bahan-bahan yang akan digunakan masih segar dan kondisi yang baik. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum mulai meracik masker, ya!

3. Pilih Bahan yang Ramah Pada Kulit

Ingin Pakai Bahan Alami Sebagai Masker Wajah? Perhatikan 6 Hal Ini!professionalbeauty.co.uk

Pasti kamu sering melihat komposisi produk-produk kecantikan yang mengandung cokelat, kopi, kayu manis, putih telur, buah-buahan dan sebagainya. Tentu bahan-bahan tersebut memiliki khasiat yang sama seperti yang diklaim pada produk-produk kecantikan, namun produk-produk itu sudah dirancang secara profesional dan menggunakan bahan alami dengan takaran yang aman serta menyeimbangkannya dengan bahan-bahan yang lain.

Tapi, tidak melulu bahan alami ramah di kulit, lho! Seperti buah lemon dan jeruk memiliki konsentrasi keasaman yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan iritasi jika digunakan langsung pada kulit, putih telur yang dapat membuat iritasi untuk kamu yang ternyata memiliki alergi, dan kayu manis yang kandungannya dapat menyebabkan peradangan pada kulit jika digunakan langsung. Jadi ikuti resep, ya, Bela!

4. Ikuti Resep dan Gunakan Takaran yang Tepat

Ingin Pakai Bahan Alami Sebagai Masker Wajah? Perhatikan 6 Hal Ini!freepik.com

Sama seperti memasak makanan, kamu pun wajib mengikuti resep yang sudah di-browsing sebelumnya saat membuat masker. Jika kamu adalah orang yang suka coba-coba, percaya, deh, saat membuat masker sendiri di rumah bukanlah waktu yang tepat untuk coba-coba apalagi jika ini adalah kali pertama kamu bereksperimen membuat masker! Hal ini untuk menghindari adanya timbul reaksi-reaksi yang tidak diinginkan pada wajah.

5. Masih Ragu untuk Mencoba? Do Patch Test!

Ingin Pakai Bahan Alami Sebagai Masker Wajah? Perhatikan 6 Hal Ini!pinterest.com

Lakukanlah patch test jika kamu masih ragu atau takut. Oles sedikit masker pada leher atau bagian belakang telinga dan diamkan hingga 10 menit seperti kamu menggunakan masker biasanya untuk memastikan masker buatanmu benar-benar aman dipakai di wajahmu.

6. Jangan Terlalu Lama!

Ingin Pakai Bahan Alami Sebagai Masker Wajah? Perhatikan 6 Hal Ini!bebeautiful.in

Sama seperti anjuran penggunaan masker pada umumnya, sebaiknya jangan biarkan masker terlalu lama, apalagi ketika kamu menggunakan masker dari bahan alami yang dibuat sendiri. Cukup diamkan selama 10-15 menit dan langsung bersihkan wajah untuk menghindari kulit kering, gatal-gatal, atau bahkan iritasi pada kulit.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Masker Wajah yang Ampuh Basmi Jerawat

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Menggunakan Masker Wajah

Baca Juga: 5 DIY Masker Wajah Alami untuk Bersihkan Pori-pori Tersumbat