Kelembapan kulit memang diperlukan banget untuk keseharian kita agar terhindar dari berbagai macam kerusakan kulit. Apalagi kalau seharian ada dalam ruangan ber-AC, bisa-bisa kelembapan wajah bisa berkurang! Nah, untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah, face mist adalah jawabannya. Selain sebagai pelembap, face mist juga akan memberikanmu kesegaran secara langsung karena memiliki air sebagai kandungan utamanya.

Face mist juga merupakan beauty product yang wajib digunakan karena pastinya akan makin mengoptimalkan pemberian nutrisi pada kulit wajah. Penggunaannya secara rutin juga dapat menyiapkan kulit agar lebih mudah menyerap skincare lainnya. Nggak harus beli, kamu bisa membuat facial mist sendiri dari bahan-bahan alami yang ada di rumah. Yuk, bikin bareng-bareng!

1. Citrus Blossom Mist

5 DIY Facial Mist Praktis dengan Bahan Alamithealternativedaily.com

Menggunakan citrus yang pastinya sangat efektif membantu mengurangi dan meredakan jerawat yang meradang, serta pastinya mengembalikan kelembapan kulit. Kamu juga pasti sudah tahu khasiat dari buah citrus yang kaya dengan vitamin C, jadi bisa melembapkan, menyegarkan, dan mencerahkan kulit wajah.

Cara membuat:

  • Campurkan orange oil, lemon oil, 1 sendok makan perasan lemon, dan peppermint oil ke dalam 100 ml air.
  • Masukkan campuran face mist tadi ke dalam botol spray dan simpan di dalam kulkas agar usianya lebih awet dan makin menambah kesegaran.
  • Semprotkan pada wajah 2-3 kali sehari.

2. Cucumber Mist

5 DIY Facial Mist Praktis dengan Bahan Alamithehealthsite.com

Face mist alami yang satu ini cocok banget untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Mentimun memang sangat bagus dalam hal mengontrol minyak berlebih dan meminimalisir munculnya jerawat. Memiliki kandungan vitamin A juga yang akan mengurangi noda hitam di wajah. Ditambah dengan teh mint yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, sehingga membuat racikan face mist ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Cara membuat:

  • Haluskan 1 buah mentimun dengan blender hingga halus lalu peras dan ambil airnya saja.
  • Seduh teh mint dalam air panas selama kurang lebih 5 mint, dan dinginkan.
  • Setelah teh dingin, campurkan air mentimun, air teh, dengan perasan 1/2 buah lemon.
  • Masukkan campuran tadi ke dalam botol spray dan simpan di dalam kulkas. Semprotkan 2-3 kali sehari.

3. Green Tea Mist

5 DIY Facial Mist Praktis dengan Bahan Alamiinsider.com

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan alami yang sangat kuat untuk meremajakan kulit. Selain itu, dapat mengurangi kemerahan dan iritasi serta mengobati jerawat. Green tea juga dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari, lho, sehingga face mist ini juga dapat melindungimu dari radiasi sinar UV. Memiliki fungsi yang sama, vitamin E yang menjadi campuran pada face mist ini juga akan membantu kamu mengatasi penuaan dini dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Cara membuat:

  • Rendam teh hijau dalam air panas selama 1 jam dan biarkan hingga dingin.
  • Masukkan vitamin E 2-3 tetes ke dalam air teh yang sudah dingin tadi dan campurkan.
  • Masukkan ke dalam botol spray, simpan di dalam kulkas agar lebih awet dan menambah kesegaran.
  • Face mist siap dipakai. Gunakan 3-4 kali sehari.

4. Aloe Vera Mist

5 DIY Facial Mist Praktis dengan Bahan Alamiistockphoto.com

Banyak banget produk kecantikan yang menggunakan aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan dasar untuk melindungi kulit. Aloe vera bermanfaat untuk menenangkan kulit yang kelelahan ataupun berjerawat, serta pastinya akan memberikan kelembapan pada wajahmu. Aloe verajuga kaya akan vitamin, lho, seperti vitamin A, E, C, dan B12.

Cara membuat:

  • Campurkan 3 sendok makan gel lidah buaya dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis.
  • Masukkan ke dalam 100 ml air dan campurkan.
  • Lalu simpan ke dalam botol spray dan taruh di dalam kulkas. Semprotkan 2-3 kali sehari untuk menjaga kelembapan kulit dan menutrisi kulit wajah.

5. Black Tea Mist

5 DIY Facial Mist Praktis dengan Bahan Alamipinterest.com

Tidak cuma bisa diminum, teh hitam juga banyak manfaatnya untuk kulit, lho. Teh hitam bisa digunakan sebagai penenang untuk kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari hingga iritasi akibat sinar UV. Jadi, cocok banget, nih, untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Black tea atau teh hitam memiliki kandungan polifenol dan tanin yang dapat membantu regenerasi sel kulit, mencegah timbulnya jerawat, juga memudarkan bekas ruam akibat iritasi kulit.

Cara membuat:

  • Seduh black tea dengan air panas selama 1 jam dan diamkan hingga dingin.
  • Setelah dingin, campurkan air teh dengan lavender oil dan peppermint oil untuk memberikan relaksasi dan ketenangan pada kulit wajah.
  • Simpan dalam botol spray dan masukkan ke dalam kulkas agar lebih awet.
  • Semprotkan sebanyak 2-3 kali sehari.

Baca Juga: Pilihan Produk Facial Mist untuk Kulit Lembab Bebas Minyak

Baca Juga: WFH Sambil Mempercantik Kulit, Bikin DIY Body Scrub di Rumah Yuk!

Baca Juga: Kulit Lembap dengan Facial Mist terbaru dari Sensatia Botanicals