Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-Hati! 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Wajah Cepat Tua

Jangan dilakukan lagi ya!

Zahrah Zayyan Layalia

Menjaga kulit agar tetap sehat dan kencang jelas wajib dilakukan. Namun, tahukah kamu beberapa kebiasaan yang tanpa disadari mungkin sering kamu lakukan ternyata berdampak buruk dan bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini lebih cepat. Yuk, simak di bawah ini!

1. Menggosok mata secara terus-menerus

olivaclinic.com

Menggosok mata terus menerus dapat menciptakan masalah peradangan di daerah tersebut. Hal ini juga dapat mempengaruhi garis-garis di sekitar mata. Selain itu, menarik dan menggosok kulit halus di sekitar mata ternyata juga dapat menyebabkan area mata jadi menggelap lho. 

2. Sering begadang dan kurang tidur

istockphoto.com

Kebiasaan sering begadang dan kurang tidur ternyata bisa berdampak negatif tidak hanya pada tubuh tapi juga terhadap wajah. Kebiasaan kurang tidur dapat mengganggu sistem pergantian sel kulit mati. Hal ini berakibat wajah yang tampak kusam dan lelah. Oleh karena itu pastikan kamu tidur minimal 7-8 jam di malam hari ya, Bela!

3. Tidak menggunakan sunscreen

livingmagazine.net

Meski memberikan banyak manfaat vitamin D, paparan sinar matahari juga menyimpan segudang permasalahan yang diberikan pada kulit, salah satunya adalah membuat kulit menua lebih cepat. Oleh sebab itu jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen sebagai antisipasi perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB.

4. Salah memilih produk skincare

theactivetimes.com

Mengaplikasikan produk perawatan kulit nggak hanya dilihat dari seberapa mahal dan populernya produk tersebut. Karena asal memilih produk bisa menyebabkan berbagai macam permasalahan kulit diantaranya iritasi, noda hitam, sampai kerutan. Ada baiknya, memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi lingkungan yang kamu tinggali.

5. Jarang minum air mineral

eatthis.com

Ketika kita jarang meminum air kulit akan terasa kering dan tidak terhidrasi dengan baik. Ketika mengalami penurunan kelembapan kulit akan rentan terhadap munculnya garis-garis halus dan kerutan. Untuk meminimalisir masalah ini, minumlah air mineral yang cukup agar kulitmu kembali terhidrasi dengan baik sehingga terasa lebih lembap.

6. Melewati step double cleansing saat membersihkan wajah

makeuplog.com

Melewati step double cleanse setelah menggunakan makeup dalam aktivitas sehari-hari akan membuat kulitmu terlihat lebih kusam. Akibatnya wajah bisa terlihat lebih tua dan tidak segar. Pastikan untuk selalu melakukan step ini agar wajah bersih maksimal.

7. Penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan

eyephysiciansoflongbeach.com

Jauh-jauh dari ponsel kayaknya nggak mungkin deh. Itulah yang sering diungkapkan banyak orang. Padahal pemakaian ponsel yang terlalu sering dapat memengaruhi kondisi tubuh terutama wajah. Pasalnya, sinar biru yang dipaparkan ponsel memicu terjadinya kerusakan kulit. Mulanya, kulit akan mengalami stress oksidatif kemudian berujung penuaan dini.

IDN Media Channels

Latest from Skin