Berdasarkan penelitian, tubuh akan kehilangan 1% produksi kolagen menjelang usia 25 tahun ke atas. Hal ini menyebabkan kulit akan terasa lebih tipis, rapuh serta terhambatnya proses regenerasi kulit. Untuk mencegah tampilan kulit yang kurang sehat karena ini, kini telah banyak sekali produk skincare anti-aging dengan berbagai kandungan. 

Buat kamu yang mulai menimbang-nimbang untuk menggunakan skincare anti-aging, ini dia 7 kandungan skincare yang ampuh untuk mencegah tanda penuaan dini. Pahami fungsinya yuk!

1. Argireline

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dinipinterest.com

Argireline adalah zat aktif yang sering digunakan pada produk skincare anti aging. Argireline sendiri adalah bentuk dari salah satu jenis kompleks peptide yang berfungsi untuk melembutkan kerutan yang muncul di area ekspresi pada wajah.  Argireline yang adalah zat aktif cocok digabungkan dengan kandungan anti oksidan, niacinamide dan vitamin C.

2. Retinol

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dinibirchbox.com

Kalau yang satu ini lagi cukup populer beberapa tahun ini. Yes, retinol adalah salah satu zat aktif turunan vitamin A yang disebut-sebut sebagai gold standard dari perawatan kulit anti-aging. Kalau dulu skincare mengandung retinol dianggap sebagai salah satu hal yang membuat kulit sensitif, kini sudah banyak skincare dengan kandungan retinol yang diformulasi sehingga efeknya tidak terlalu keras pada kulit. Manfaat penggunaan skincare mengandung retinol sendiri adalah membuat kulit lembap, mencegah garis halus, mencerahkan kulit serta mencegah penyebab jerawat pada kulit.

3. Vitamin C

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dinidrtokian.com

Bukan hanya dapat mencerahkan kulit, ternyata vitamin C juga adalah kandungan skincare yang berfungsi untuk merawat tanda-tanda penuaan pada kulit. Penggunaan skincare mengandung vitamin C dapat merangsang produksi kolagen sehingga tampilan kulit lebih lembap, kencang dan juga jauh dari keriput. Apabila kamu menggunakan produk skincare mengandung vitamin C, jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen di pagi hari ya!

4. Hyaluronic Acid

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Hyaluronic acid adalah salah satu kandungan aktif yang sering digunakan pada skincare untuk melembapkan kulit. Hyaluronic acid memiliki kemampuan untuk mengikat air pada jaringan kulit sehingga kulit tetap lembap dan kencang. Saat kulit terhidrasi dengan baik, aka tampilannya pun akan jadi lebih segar dan awet muda.

5. Bakuchiol

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Diniresidencestyle.com

Bakuchiol adalah salah satu kandungan anti-aging yang kini cukup populer. Diambil dari tanaman bernama babchi, bakuchiol disebut-sebut memiliki manfaat yang mirip dengan retinol. Manfaat dari bakuchiol sendiri adalah membuat tampilan kulit lebih lembap, halus serta jauh dari mencegah tanda-tanda penuaan dini.

6. Ceramide

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dinipopsugar.com

Ceramide adalah golongan asam lemak yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ceramide berfungsi untuk menghidrasi serta mengencangkan kulit. Dengan kata lain, dengan manfaat yang diberikan kulit akan terhindar dari rasa kering dan garis-garis halus.

7. Avobenzone

7 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dinidailyvanity.com

Nah, kalau kandungan ini biasanya ada pada sunscreen nih, Bela. Cara kerja avobenzone sendiri adalah memblokir sinar UVA yang dipancarkan oleh sinar matahari. Dengan tidak terpapar langsung dengan matahari, tentunya kulit kita juga terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Itu tadi 7 kandungan skincare anti aging yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Karena kamu sudah tahu berbagai macamnya, sekarang sudah nggak bingung lagi dong untuk memilih produk anti-aging untuk skincare routine-mu?

Baca Juga: 5 Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Wajah, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Baca Juga: 6 Kandungan yang Dapat Melawan Tanda Penuaan Dini

Baca Juga: Mengandung Retinol, Ini Krim yang Bisa Atasi Jerawat dan Penuaan Dini