Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membersihkan Makeup yang Benar

Kamu sudah melakukannya dengan tepat belum?

Vidya Nathania

Makeup kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap perempuan. Selain dapat menyempurnakan penampilan, makeup juga dapat menambah rasa percaya diri. Namun, penggunaan makeup seringkali dianggap sebagai salah satu faktor penyebab masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Hal tersebut bisa saja terjadi bukan karena produk yang kamu gunakan, tetapi karena kurangnya membersihkan makeup usai seharian penggunaan. Karena, dengan membersihkan makeup hingga benar-benar bersih, maka kulit pun akan tetap sehat dan indah. 

Untuk itu, penting sekali untuk tahu lebih banyak mengenai cara membersihkan makeup yang benar seperti yang akan Popbela jelaskan di artikel yang satu ini. Yuk, ikuti terus!

1. Gunakan eye makeup remover terlebih dahulu

imperfectlynatural.com

Cara membersihkan makeup yang pertama kali harus kamu lakukan ialah dengan fokus membersihkan riasan pada area mata, seperti eyeliner, eyeshadow, maskara, dan juga sisa lem bulu mata. Gunakan eye makeup remover dengan menuangkan produk pada kapas, kemudian taruh kapas pada mata, diamkan selama beberapa detik dan kemudian usapkan hingga tak tersisa sedikitpun makeup pada bagian matamu.

2. Bersihkan seluruh wajah menggunakan cleansing oil

everydayhealth.com

Setelah area matamu sudah bersih, lakukan cara membersihkan makeup selanjutnya dengan beralih pada seluruh wajah dengan menggunakan cleansing oil. Produk yang satu ini memang dikenal cukup ampuh dalam mengangkat makeup yang waterproof sekalipun. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, kamu hanya perlu menuangkan oil pada telapak tangan, kemudian usapkan pada seluruh wajahmu.

3. Pijat dengan lembut seluruh bagian wajah

lumitylife.com

Masih termasuk ke dalam cara membersihkan makeup, lakukan pijatan lembut pada seluruh wajahmu usai mengaplikasikan cleansing oil pada wajahmu. Pijat selama beberapa menit hingga makeup pada wajahmu luntur secara perlahan. Dengan memijat wajahmu, kamu juga sedang membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

4. Bilas wajah menggunakan air hingga bersih

medicpole.com

Kemudian lanjutkan dengan membilas wajahmu dengan air hingga bersih. Pada bagian cara membersihkan makeup yang satu ini, tentu butuh waktu yang cukup lama agar kulit wajahmu benar-benar bersih dari sisa makeup dan cleansing oil.

5. Pastikan kulit wajah sudah bersih dengan menggunakan micellar water

myglamm.com

Lanjutkan cara membersihkan makeup tahap ke-5 dengan memastikan kulit wajah bersih dengan menggunakan micellar water. Pilih produk micellar water yang sesuai dengan jenis kulitmu agar sekaligus dapat merawatnya. Gunakan kapas dan usapkan perlahan pada seluruh wajahmu.

6. Bersihkan wajah kembali dengan menggunakan pencuci wajah

thelist.com

Tak cukup dengan menggunakan cleansing oil dan micellar water, tentunya kulit wajahmu juga membutuhkan teknologi busa untuk dapat membersihkan wajah lebih maksimal. Lakukan cara selanjutnya dengan produk pencuci wajah andalanmu. Cukup lakukan beberapa menit saja agar kulit wajahmu tidak dehidrasi.

7. Usap kulit wajah kembali dengan menggunakan toner

vineverareviews.com

Tahap akhir dari cara membersihkan makeup ialah dengan mengusapkan toner pada seluruh wajahmu. Toner tak hanya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, tetapi juga dapat menyeimbangkan pH kulitmu. Untuk itu, jangan lupakan produk yang satu ini ya!

Jadi, itu dia 7 cara membersihkan makeup yang benar bisa mulai kamu coba di rumah. Walaupun kelihatannya cukup rumit dan membutuhkan beberapa produk, namun percayalah cara tersebut sangat ampuh dalam merawat kulit wajahmu agar terhindar dari masalah kulit. Mulai sekarang, jangan asal-asalan lagi ya Bela saat membersihkan makeup.

IDN Media Channels

Latest from Skin