Mungkin kamu bukan perempuan yang senang mengaplikasikan makeup pada wajahmu dan lebih memilih tampil bare face setiap harinya, atau lebih suka menggunakan sedikit riasan untuk terlihat cantik natural. Namun pada beberapa kesempatan tertentu, terkadang kamu perlu menggunakan banyak produk kosmetik untuk terlihat tampil memukau. Misalnya, saat menjadi pendamping pengantin untuk keluarga atau teman, atau saat wisuda kelulusan.

Karena nggak terbiasa menggunakan banyak makeup, wajah pasti terasa 'berat', bukan? Rasanya seperti menggunakan makeup yang begitu tebal di atas wajahmu. Kemudian rasa khawatirmu muncul, "Bagaimana menghapus semua makeup ini dari wajah?", "Bagaimana wajahku setelah menggunakan banyak makeup seperti ini?" Tenang saja. Melansir dari Her Campus, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

Langkah 1: Gunakan tisu pembersih makeup

5 Langkah Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Makeup Tebal

Ingat, penting untuk menghapus makeup secara lembut dari wajah. Sebab membersihkannya dengan menggosokkan produk pembrsih secara kasar pada wajah hanya akan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Jadi, makeup wipes atau tisu pembersih makeup adalah kunci untuk mengangkat lapisan foundation yang tebal serta riasan yang bersifat waterproof, sebelum menggunakan cleanser. Selain itu, kamu dapat membersihkan makeup dengan lebih cepat menggunakan produk ini!

Langkah 2: Deep cleansing wajah

5 Langkah Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Makeup Tebalhealthmagazine.ca

Sebenarnya, ini merupakan langkah esensial dan harus masuk ke dalam rutinitas kecantikanmu, terutama setelah menggunakan makeup yang 'tebal'. Temukan produk pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulitmu.

Sedikit tips: setelah mengusapkan pencuci wajah, biarkan busa tersebut menempel pada wajah. Basahi handuk wajah dan bersihkan busa dengan kain tersebut. Tips sederhana ini membuatmu nggak perlu membilas wajah dengan air, tetapi juga dapat mengangkat kotoran dari wajah.

Langkah 3: Lakukan eksfoliasi

5 Langkah Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Makeup Tebalbesthealthmagazine.ca

Eksfolian sangat membantu membersihkan kotoran dari dalam pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, dan membuat wajah terlihat lebih berkilau. Eksfoliasi wajah setelah menggunakan makeup yang 'tebal' agar kulit jadi lebih bersih dan terbebas dari sisa makeup. Jangan lupa untuk rutin mengeksfoliasi wajah 2x dalam seminggu.

Langkah 4: Detoks wajah dengan masker

5 Langkah Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Makeup Tebalhealthy.com

Siapa, sih, yang nggak suka menggunakan masker? Entah untuk membersihkan wajah atau membuat kulit menjadi lebih rileks, masker wajah menjadi produk yang dapat kamu andalkan setelah menggunakan banyak makeup pada wajah. Kamu bisa menggunakan masker wajah tipe apapun, sheet mask, clay mask, cream mask, atau DIY mask. Juga, jangan lupa untuk menggunakan masker wajah dengan kebaikan yang cocok dengan jenis atau masalah kulitmu sehingga manfaatnya bekerja efektif.

Langkah 5: Kembalikan kelembapan wajah

5 Langkah Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Makeup Tebalstylecaster.com

Sama seperti pembersih wajah, penting untuk menemukan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Produk ini dapat membantu meredakan dan melembutkan kulit, sembari menghilangkan rasa kencang setelah melakukan deep-heavy cleansing.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, makeup setebal apapun dapat terhapus dan kulit wajah tetap sehat selalu. Langkah membersihkan dan merawat kulit wajah ini penting dilakukan bagi kamu yang sangat senang dengan makeup, Bela. Dengan begitu, kulit tetap sehat selalu dan kamu bisa menggunakan makeup setiap hari.

Baca Juga: Contek Cara Membersihkan Wajah 7 Artis Ini Agar Kulit Cantik!