Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Peeling Wajah: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Ada efek sampingnya

Nafi' Khoiriyah

Peeling wajah merupakan salah satu perawatan kulit yang bertujuan untuk meregenerasi kulit. Dirancang bisa memperbaiki penampilan kulit wajah, peeling dilakukan karena akan mengganti sel mati dan memberi ruang untuk membentuk sel kulit baru. 

Ada berbagai jenis peeling wajah yang dikelompokkan dalam mechanical peeling dan chemical peeling. Untuk tahu lebih lengkap tentang peeling wajah, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini, ya!

1. Apa itu peeling wajah?

freepik.com/senivpetro

Peeling wajah yang dimaksud adalah metode pengelupasan kulit yang mencakup proses alami regenerasi kulit dan serangkaian teknik untuk memperbaiki penampilan kulit wajah.

Hal itu dilakukan untuk menghapus sel-sel mati, membantu pengelupasan sel, serta memberikan ruang untuk pembentukan sel kulit baru. Setelah dilakukan metode peeling wajah, maka kulit akan mendapatkan tekstur yang lebih halus. 

2. Manfaat peeling wajah

freepik.com/freepik

Manfaat lebih lengkap dari facial peeling adalah untuk tujuan berikut ini. 

  1. Untuk mendapatkan tekstur kulit yang lebih halus 
  2. Untuk meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit 
  3. Untuk memperbaiki kerusakan akibat penuaan 
  4. Untuk mengurangi kerutan pada kulit 
  5. Untuk menyamarkan noda dan hiperpigmentasi.

3. Jenis peeling wajah

freepik.com/kroshka__nastya

Ada dua jenis peeling wajah yang perlu kamu tahu, yaitu chemical peeling dan mechanical peeling. Masing-masing jenis peeling wajah itu memberikan manfaat tersendiri. 

  1. Mechanical peeling dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan micro-abrasive. Bahan yang dimaksud adalah kain microfiber dan spons, adhesive sheets, gel, dan larutan yang mengandung butiran untuk scrubbing seperti bahan organik, butiran mikroplastik, dan lain sebagainya.
  2. Chemical peeling dilakukan dengan mengandalkan exfoliasi kulit yang dikombinasikan dengan satu atau lebih active ingredient. Chemical peeling sendiri memiliki beberapa jenis dari yang ringan sampai yang lebih intens bergantung dengan bahan aktif utamanya. 

Meski keduanya merupakan jenis yang berbeda, tetapi menggabungkan metode mekanis dan kimiawi sering dilakukan. 

4. Efek samping peeling wajah

freepik.com/freepik

Setelah melakukan peeling wajah, ada efek samping yang sifatnya sementara. Efek samping tersebut bisa berupa kemerahan, bengkak ringan, kering, dan perih.

Namun, ada pula efek samping yang sifatnya bisa lebih parah dan permanen, di antaranya adalah perubahan warna kulit. Kulit menjadi tampak lebih gelap atau lebih terang dari biasanya. Kasus lainnya yang jarang terjadi adalah orang mengalami infeksi jamur atau bakteri. 

Itu dia pembahasan lengkap tentang peeling wajah yang perlu kamu tahu sebelum melakukan tindakan. Sekarang, apakah masih ragu untuk melakukan tindakan perawatan kulit satu ini? 

IDN Media Channels

Latest from Skin