Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama dan Menghitam

Mudah dilakukan, kok!

Nafi' Khoiriyah

Memiliki bekas luka di kaki adalah hal yang normal. Sebab, beberapa bekas luka bisa memudar seiring berjalannya waktu. Namun pada kasus tertentu, tak jarang bekas luka yang sudah lama justru makin menghitam dan mengganggu penampilan. 

Beberapa perawatan kemungkinan bisa memudarkan bekas luka tersebut. Tetapi, kamu juga bisa mencari cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama dan menghitam dengan bahan-bahan alami. 

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah untuk membantu memudarkan bekas luka. Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Lidah buaya

pexels.com/Cintia Siqueira

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama dan menghitam pertama bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Tanaman satu ini memang sudah dikenal sebagai bahan alami untuk meningkatkan penyembuhan luka. 

Penggunaan lidah buaya pun bisa memperbaiki tampilan bekas luka. Selain itu, bahan alami ini juga aman digunakan oleh banyak orang untuk melembapkan kulit dan mengurangi kekencangan bekas luka di kulit. 

2. Madu

pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Madu juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga banyak dipakai untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk bekas luka. Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan madu di atas bekas luka. 

Setelah itu, tutupi dengan perban dan biarkan selama semalam penuh. Baru setelah pagi hari, lepaskan perban dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan rutinitas ini setiap malamnya untuk membuat luka makin memudar. 

3. Coconut oil

pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Coconut oil efektif menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama dan menghitam. Sebab, minyak kelapa mendorong sintesis kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki penghalang kulit, dan memiliki efek antibakteri dan antioksidan. 

Kamu bisa mamakai coconut oil pada bekas luka dengan menggunakannya untuk memijat area bekas luka selama 10 menit. Setelah itu, biarkan selama minimal 1 jam dan ulangi sampai dua hingga empat kali. 

4. Cuka apel

pexels.com/Rosana Solis

Cuka apel memang sudah terbukti membantu mencegah bekas jerawat. Bukan hanya itu saja, cuka apel juga bisa mengontrol peradangan dan mencegah bekas luka karena kandungan asam suksinat di dalamnya. 

Cara memakainya adalah dengan mencampurkan 4 sendok makan air dengan 2 sendok makan cuka apel. Lalu, celupkan bola kapas ke dalam campuran air dan oleskan pada bekas lukamu. Biarkan mengering dan bilas pada pagi hari setelah tidur. 

5. Lemon

unsplash.com/eggbank

Lemon merupakan pengobatan rumahan yang umum digunakan untuk perawatan bekas luka. Bahan alami ini dipercaya bisa mengurangi munculnya bekas luka dan sebagai pemutih serta membantu regenerasi kulit.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama dan menghitam adalah dengan memotong seiris lemon dan peras langsung ke bekas luka. Biarkan selama semalaman atau beberapa jam. Namun, jangan lakukan lebih dari satu kali sehari.

6. Mentimun

freepik.com/Jcomp

Mentimun merupakan bahan alami yang aman untuk memecah jaringan parut sekaligus mendinginkan dan menenangkan kulit yang meradang di sekitar luka. Namun, perawatan ini akan lebih bekerja pada bekas luka yang baru daripada bekas luka yang sudah lama. 

Cara menggunakannya adalah dengan mengupas mentimun, potong kasar, kemudian haluskan dalam food processor sampai menjadi pasta. Kalau sudah, oleskan tipis pada bekas luka dan biarkan selama semalaman. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan bahan alami lainnya, seperti lidah buaya atau minyak zaitun. 

7. Baking soda

goodhousekeeping.com

Sebuah studi di tahun 1995 melihat secara khusus pada penyembuhan luka operasi yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kesembuhan saat memakai baking soda. Hal itu diamati pada hari ke-7 dan pada hari ke-14. 

Jika ingin mencobanya pada bekas luka di kaki, kamu bisa mencampurkan air sedikit demi sedikit ke dalam 2 sendok makan baking soda sampai membentuk pasta. Setelah itu, basahi bekas luka dengan air lalu oleskan pasta ke bekas luka yang basah. Pegang pasta di tempat luka dengan kompres hangat selama 15 menit. 

8. Olive oil

www.pexels.com/Pixabay

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama dan menghitam adalah dengan minyak zaitun. Bahan alami ini dikenal bisa melembutkan dan melembapkan kulit. Bukan hanya itu saja, minyak ini juga bisa membuat jaringan parut mengendur dan bisa membuat luka mengelupas. 

Cara memakainya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke area bekas luka, kemudian pijat dengan gerakan melingkar sampai minyak terserap ke dalam kulit. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak lainnya, seperti rosehip, chamomile, atau calendula, kemudian mengoleskannya pada bekas luka. 

Demikian 8 cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama dan menghitam secara alami. Pilihlah salah satu dari opsi di atas dan lakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal. 

IDN Media Channels

Latest from Skin