Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Perbedaan Body Mist dan Parfum Biar Nggak Salah Pilih

Ringan dan kuat

Nafi' Khoiriyah

Istilah dalam dunia wewangian memang banyak sekali. Tak jarang, orang memilih wewangian yang salah karena tidak tahu perbedaan istilahnya. Salah satu istilah dalam dunia wewangian yang sering keliru adalah body mist dan parfum

Keduanya memang sama-sama berbentuk spray dan punya aroma yang wangi. Namun, dari segi ketahanan dan konsentrasinya ternyata sangat berbeda.

Supaya kamu tahu perbedaan body mist dan parfum, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu body mist?

unsplash.com/Alexandra Tran

Sebelum masuk pada pembahasan perbedaan body mist dan parfum, kamu perlu tahu pengertiannya masing-masing. Body mist adalah semprotan wewangian yang menyegarkan untuk tubuh, rambut, dan pakaian. 

Formulanya cenderung lebih ringan karena bertujuan untuk menyegarkan tubuh. Biasanya, kemasan body mist lebih ringan dan mudah dibawa. Banyak orang memakainya saat merasa berkeringat untuk meningkatkan kepercayaan diri. 

Apa itu parfum?

pexels.com/Jess Bailey Designs

Sedangkan parfum adalah wewangian yang bukan dirancang untuk menyegarkan, tetapi untuk menghiasi tubuh. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri, menyembunyikan bau tak sedap, dan meninggalkan kesan. 

Orang memakai parfum untuk acara tertentu, misalnya kencan, kerja, maupun pesta untuk memberikan kesan mewah. Kini, ada berbagai variasi parfum yang bisa disesuaikan dengan gaya pribadimu agar mudah dikenali.  

1. Konsentrasi air, alkohol, dan minyak

pexels.com/Uva Rova

Nah, perbedaan body mist dan parfum yang pertama adalah konsentrasi air, minyak, dan alkoholnya. Konsentrasi minyak esensial body mist cenderung rendah dengan jumlah air dan alkohol lebih tinggi. Aromanya pun lebih ringan dan menyenangkan. 

Berbeda dengan parfum yang punya kandungan minyak esensialnya lebih tinggi sehingga memiliki aroma lebih kuat. Bahkan, parfum pun terbagi lagi sesuai dengan rasio minyak terhadap alkoholnya. 

Ada Eau de Parfum (EDP) yang memiliki konsentrasi minyak esensial lebih banyak, ada pula Eau de Toilette yang konsetrasi minyak esensialnya lebih rendah. 

2. Wangi body mist dan parfum

freepik.com/Racool_studio

Mengenai wanginya, body mist cenderung lebih ringan dan halus. Berbeda dengan parfum yang aromanya lebih kuat. Bahkan dengan satu semprotan saja, kamu akan mencium wangi yang kuat dan menyengat dari parfum. 

3. Ketahanan body mist dan parfum

pexels.com/Fidel Hajj

Perbedaan body mist dan parfum selanjutnya bisa kamu lihat dari ketahanannya. Hal ini berkaitan dengan konsentrasi minyak aromatik di dalamnya. Nah, karena kandungan air dan alkohol yang lebih banyak, maka body mist memiliki daya tahan yang lebih singkat. 

Sedangkan parfum punya ketahanan yang lebih lama, bahkan hingga sepanjang hari. Hal itu bergantung dengan seberapa banyak kandungan minyak esensial di dalamnya. 

4. Cara penggunaan body mist dan parfum

pexels.com/Ron Lach

Formulasi body mist yang sudah disebutkan sebelumnya membuatnya aman diaplikasikan pada kulit. Kandungan tersebut juga bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar. Kamu bisa memakainya pada kulit yang lembap setelah mandi agar terasa menyegarkan. 

Sementara parfum memang tidak dirancang untuk menyegarkan. Maka dari itu, pilihlah tempat yang tepat untuk mengaplikasikan parfum, seperti di titik nadi agar bisa meredakan bau.

Pakailah parfum sekitar 6 sampai 8 inci dan semprotkan sedikit saja. Biarkan parfum  menempel di kulit dan jangan menggosoknya. Ingat, karena aromanya yang kuat, jangan lupa perhatikan suasana yang akan kamu datangi juga, ya!

5. Harga body mist dan parfum

unsplash.com/Ulysse Pointcheval

Terakhir, body mist cenderung lebih terjangkau daripada parfum. Itu karena komposisi keduanya yang sangat berbeda.

Kemasan body mist pun cenderung lebih ringan, biasanya dalam botol plastik. Sedangkan parfum tampak lebih mahal dengan kemasan kaca atau semacamnya. 

Itu dia perbedaan body mist dan parfum yang perlu kamu tahu. Sekarang, gunakan body mist di hari-hari biasa untuk menyegarkan tubuh. Lalu gunakan parfum untuk acara spesial, misalnya pesta ataupun acara penting lainnya. 

IDN Media Channels

Latest from Make Up