Stigma mengenai menstruasi masih melekat di tengah masyarakat Indonesia. Tidak jarang pandangan “kotor” selama menstruasi menjadi hal yang menakutkan bagi
perempuan, contohnya banyak yang merasa malu dan harus menyembunyikan kata menstruasi dengan kata “datang bulan” atau “dapet”.

Faktanya, UNICEF Indonesia menyatakan sebanyak 78% remaja perempuan dan juga ibu mencuci pembalut mereka sebelum dibuang karena ketakutan akan stigma “kotor” tersebut. Selain itu, penelitian UNICEF Indonesia menemukan hanya sebagian perempuan mengganti pembalut mereka setelah delapan jam penggunaan.

Bahkan, hampir semua remaja perempuan yang terlibat dalam penelitian tidak mengganti pembalut mereka selama di sekolah karena merasa malu.

Lawan Tabu Tentang Menstruasi, Nona Hadirkan Pembalut Organik Popbela.com/nona

Hal ini mendorong Nona menciptakan gerakan untuk menghancurkan stigma serta tabu tersebut di tengah masyarakat, sekaligus menghadirkan pembalut yang aman bagi perempuan Indonesia.

Pada pertengahan tahun 2022 ini, Nona resmi meluncurkan Nona Organic Pads sebagai bentuk nyata kehadirannya untuk mendukung perempuan Indonesia dalam memerangi stigma negatif terkait menstruasi.

Selain didorong oleh isu sosial yang mengelilingi menstruasi, hadirnya Nona Organic Pads juga didasari oleh pengalaman yang dirasakan oleh tim Nona dengan produk feminine care dan period care pada umumnya. Nona ingin menghadirkan pengalaman menstruasi yang nyaman, tanpa ada rasa gatal dan menimbulkan ruam pada area kewanitaan setiap pengguna.

Lawan Tabu Tentang Menstruasi, Nona Hadirkan Pembalut Organik Popbela.com/nona

Dalam peluncurannya, Nona turut mengangkat kampanye #RevolusiMenstruasi untuk menghadirkan pengalaman menstruasi yang lebih sehat serta mendobrak stigma yang ada di masyarakat. Selain itu kampanye ini juga bentuk melawan period poverty.

Sebelumnya, Nona juga sudah melakukan beberapa inisiatif untuk mengurangi period poverty di Indonesia seperti edukasi gratis yang mudah dipahami di saluran digital seperti podcast Nona Chats, aplikasi Nona Woman dan artikel di situs web. Nona juga melakukan workshop untuk universitas serta melakukan edukasi dan donasi pembalut yang dapat digunakan kembali untuk masyarakat di daerah pedesaan kurang mampu di Papua.

Nggak hanya itu aja, Nona Organic Pads merupakan pembalut yang dirancang khusus dan telah melewati berbagai uji coba. Pembalut dari Nona berbahan dasar natural, organik, dan terlebih vegan dan cruelty-free. Nona Organic Pads memiliki beberapa produk, seperti:

  1. Nona Pantyliners dibanderol dengan harga Rp33.000,-
  2. Regular Pads (24,5 cm) seharga Rp42.700,-,
  3. Long Pads (28,5 cm) seharga Rp45.300,-,
  4. Overnight Pads (33,0 cm) dengan harga Rp44.200,-.
Lawan Tabu Tentang Menstruasi, Nona Hadirkan Pembalut Organik Popbela.com/nona

Selain pembalut, Nona juga menghadirkan sabun pembersih area kewanitaan yang anti-
bacterial, natural, dan aman digunakan untuk kulit sensitif yaitu Nona Intimate Wash yang
dibanderol dengan harga Rp94.400,-.

Sejalan dengan misi Nona, sebagian keuntungan dari pembelian Nona Organic Pads akan didistribusikan untuk membantu perempuan Indonesia yang belum memiliki akses terhadap perawatan serta edukasi terkait menstruasi melalui mitra komunitas Nona. Yuk, cobain Bela! 

Baca Juga: Ternyata, 5 Hal Ini Bisa Bikin Menstruasi Jadi Tidak Teratur

Baca Juga: 6 Hal yang Sering Dihindari Cewek Saat Lagi Menstruasi, Relate?

Baca Juga: 7 Mitos Menstruasi yang Nggak Perlu Kamu Percaya