Sering Merasa Mengantuk? 5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Bisa jadi karena nomor 4

Sering Merasa Mengantuk? 5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Merasa mengantuk sepanjang hari, terutama setelah melewati hari yang melelahkan, adalah hal yang normal. Biasanya, kondisi ini juga dapat diatasi dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, perasaan selalu mengantuk yang terjadi dalam waktu lama bisa jadi hal yang tidak wajar sehingga tidak boleh diabaikan.

Rasa kantuk yang berlebihan ini dapat mengganggu dan menyulitkan seseorang untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari. Rasa kantuk yang berlebihan juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan. Oleh sebab itu, kamu harus mencari tahu penyebab dari rasa kantuk yang berlebihan dan mencari solusi untuk mengatasinya.

1. Narkolepsi

Terdapat empat gejala utama narkolepsi, salah satunya rasa kantuk berlebihan. Gangguan tidur ini terjadi ketika ada masalah dengan regulasi tidur dan terjaga. Oleh karena itu, karakteristik tidur dapat terjadi secara tiba-tiba saat terjaga dan elemen terjaga dapat mengganggu saat tidur. 

Menurut studi dalam jurnal Nature and Science of Sleep, gejala narkolepsi yang paling khas adalah cataplexy, yaitu hilangnya kekencangan otot secara tiba-tiba dengan rangsangan emosional seperti kejutan atau tawa. Rasa kantuk yang terkait dengan narkolepsi mungkin memerlukan pengobatan dengan stimulan, seperti Ritalin, Provigil, dan Nuvigil.

Sering Merasa Mengantuk? 5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebabnya

2. Penggunaan obat-obatan tertentu

Dalam beberapa kasus, rasa kantuk sepanjang hari mungkin merupakan efek samping dari pengobatan tertentu, seperti antihistamin, antipsikotik, antidepresan, obat kecemasan, dan obat tekanan darah tinggi. Jika kamu sedang mengonsumsi obat ini dan merasa aktivitasmu jadi terganggu akibat efek samping yang ditimbulkan obat-obatan ini, segera diskusikan keluhanmu pada dokter. Dengan demikian, dokter mungkin akan merekomendasikan perubahan obat atau dosis.

Selalu merasa kantuk tentu bisa mengganggu pekerjaan harianmu, terlebih jika hal ini berlangsung dalam waktu lama. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah dengan rasa kantuk yang tidak wajar, kamu perlu segera menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi atas masalah ini.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here