Nggak Sulit, Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Beda perempuan, bisa beda masa suburnya

Nggak Sulit, Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Cara menghitung masa subur wanita merupakan informasi yang sangat penting dibutuhkan oleh pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, atau sebaliknya, untuk mengendalikan kehamilan. 

Dengan mengetahui masa subur, pasangan dapat memiliki kesempatan kehamilan yang lebih besar. Karena pada saat itu, tubuh perempuan telah mengalami masa ovulasi dan menanti kedatangan sel sperma.

Masa ovulasi adalah saat ovarium melepas satu sel telur dewasa ke tuba fallopi untuk menunggu sel sperma. Jika nggak terjadi pembuahan, akan terjadi menstruasi. Sebaliknya jika ada sel sperma yang datang, akan terjadi pembuahan yang selanjutnya menjadi kehamilan. Lalu, bagaimana cara menghitung masa subur? Ini penjelasannya!

1. Cara menghitung masa subur wanita

Melansir dari American Pregnancy, kamu memerlukan kalender untuk mengetahui siklus menstruasimu, Bela. Karena itu, ambil kalendermu dan mulai mengingat kembali tanggal-tanggal menstruasi yang terjadi pada bulan-bulan sebelumnya dan bulan yang berjalan.

Siklus menstruasi perempuan dihitung dari hari pertama periode menstruasi di bulan tersebut sampai hari pertama periode menstruasi bulan berikutnya. Siklus normal perempuan pada umumnya adalah antara 28-32 hari. Namun, ada juga yang mengalami siklus yang lebih singkat atau lebih lama.

Setelah mengetahui siklus menstruasi, kamu dapat menemukan tanggal ovulasi dan masa subur. Mengutip dari YourFertility, ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum periode menstruasimu mulai.

  • Jika rata-rata lama siklusmu adalah 28 hari. Tubuh akan mengalami ovulasi sekitar hari ke-14. Masa subur terbaik ada pada hari ke-12, 13, 14.
  • Jika rata-rata lama siklus menstruasi ada 35 hari, ovulasi akan terjadi sekitar hari ke-21. Masa suburmu akan terjadi pada hari ke 19, 20, dan 21.
  • Jika memiliki siklus menstruasi yang lebih singkat, misalnya 21 hari, ovulasi akan terjadi pada hari ke-7 dan masa subur jatuh pada hari ke-5, 6, 7.

Kunci informasi yang perlu diingat adalah masa subur jatuh pada tiga hari menjelang ovulasi dan hari ovulasi itu terjadi.

2. Bantuan aplikasi penghitung masa subur

Jika menginginkan alternatif yang lebih ringkas, kamu dapat mengunduh aplikasi penghitung masa subur. Saat ini, sudah ada banyak aplikasi yang dapat memberikan informasi seperti cara menghitung masa subur wanita dan menemukan siklus menstruasi. Sebagian aplikasi sejenis turut menyediakan fitur perencanaan kehamilan sehingga dapat memberikan rekomendasi tanggal terbaik untuk bercinta.

Namun, kamu tetap perlu melacak tanggal periode menstruasimu agar dapat memasukkannya ke dalam aplikasi sehingga sistem itu dapat menghitung tanggal ovulasi dan tanggal masa subur. Jadi jika ingin menghitung masa subur, pastikan kamu selalu mengingat tanggal-tanggal menstruasimu.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here