Tren memutihkan gigi menjadi cukup populer beberapa tahun ini. Banyak orang datang ke dokter gigi untuk melakukan perawatan dengan harapan gigi mereka dapat terlihat lebih putih. Namun, perawatan gigi ini bukanlah hal yang murah sehingga banyak orang yang mulai mencari cara lain salah satunya menggunakan pasta gigi dengan klaim memutihkan.

Cara paling murah untuk membuat tampilan gigi lebih putih yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi dengan klaim dapat memutihkan. Sebetulnya, apa sih bahan yang terkandung pada pasta gigi yang bisa membuat gigi tampak lebih putih? Yuk baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Kandungan yang Dapat Memutihkan Gigi

Ini Kandungan yang Bisa Bikin Gigi jadi Lebih Putihmedicalnewstoday.com

Salah satu kandungan yang disebut efektif untuk memutihkan gigi adalah hydrogen peroxide. Yang perlu kamu ketahui, hydrogen peroxide yang sudah diencerkan biasanya bisa dibeli di toko obat atau supermarket dengan kandungan 3% sedangkan untuk produk pemutih gigi komersial biasanya kandungannya hingga 10% pada beberapa produk.

Berdasarkan penelitian, jenis hydrogen peroxide yang sudah diencerkan adalah jenis yang terbaik yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Konsentrasi hydrogen peroxide yang terlalu tinggi ternyata memiliki efek buruk pada gigi antara lain dapat menyebabkan rusaknya lapisan luar gigi hingga ke email gigi.

Bagaimana Cara Menggunakan Hydrogen Peroxide untuk Memutihkan Gigi

Ini Kandungan yang Bisa Bikin Gigi jadi Lebih Putihglamourmagazine.co.uk

Ada dua cara untuk menggunakan hydrogen peroxide sehingga dapat memutihkan gigi. Yang pertama bisa digunakan dengan cara dicampur dengan baking soda dan dioleskan di gigi beberapa menit dan yang kedua adalah menggunakan hydrogen peroxide sebagai pasta gigi. Pastikan kamu menggunakannya secara benar dan rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Efek Samping Penggunaan Hydrogen Peroxide

Ini Kandungan yang Bisa Bikin Gigi jadi Lebih Putihhealth.com

Walaupun aman digunakan ternyata hydrogen peroxide juga memiliki efek samping buat kesehatan gigi. Menurut sebuah riset, penggunaan hydrogen peroxide di rumah atau secara komersial memiliki beberapa efek samping. Risiko munculnya efek samping penggunaan hydrogen peroxide bisa terjadi akibat beberapa hal di bawah ini:

  • Penggunaan cairan hydrogen peroxide dengan kandungan di atas 3% secara terus menerus
  • Membiarkan cairan hydrogen peroxide terlalu lama pada gigi

Efek samping yang akan ditimbulkan adalah kerusakan pada gigi. Yang paling umum terjadi adalah hydrogen peroxide merusak lapisan luar gigi sehingga gigi menjadi lebih sensitif.

Apakah Hydrogen Peroxide Aman untuk Digunakan?

Ini Kandungan yang Bisa Bikin Gigi jadi Lebih Putihcrello.com

Hydrogen peroxide adalah salah satu produk yang dapat memutihkan gigi dengan harga yang masih terjangkau. Saat kamu menggunakannya secara hati-hati, efek yang diberikan tentu akan sesuai ekspektasi yaitu gigi akan terlihat lebih putih. Namun, apabila kamu memiliki concern lain atau penyakit gigi lebih baik menemui dokter terlebih dahulu.

Sementara saat menggunakan produk mengandung hydrogen peroxide untuk memutihkan gigi ada beberapa hal yang wajib kamu hindari antara lain adalah sebagai berikut:

  • Energy Drink
  • Kopi
  • Teh
  • Anggur Merah
  • Merokok

Selain itu, kamu wajib untuk menyikat gigi setiap hari untuk menghindari kotoran gigi serta noda yang tertinggal dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi sehari-hari. Jangan lupa untuk flossing dan berkumur juga ya, Bela!

Baca Juga: Amankah Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Berbahan Arang Aktif?

Baca Juga: Dari Es Krim Hingga Pasta Gigi, Ini 10 Produk Unilever Paling Dikenal

Baca Juga: Begini 13 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami