Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Semangat, Begini Kisah Feby Febiola Melawan Kanker Ovarium 

Semoga lekas pulih, ya!

Shavira Annisa Putri

Sudah jarang tampil di layar kaca, artis Feby Febiola ternyata tengah berjuang melawan kanker stadium 1C yang menyerang bagian ovarium. Menjawab rasa penasaran warganet, perempuan 42 tahun ini membeberkan perjuangannya melawan penyakit ganas ini melalui Instagram story. Dan begini kisah penuh semangatnya! 

1. Tidak timbul gejala

instagram.com/febyfebiola_

Sebelumnya, Feby Febiola tidak merasakan gejala sebelum dokter mendiagnosa ia menderita kanker ovarium staidum 1C. Aktris cantik ini mengungkapkan bahwa kanker terdeteksi ketika melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. "Enggak ada gejala apa-apa, waktu itu lagi pas check up ke dokter kandungan aja," ungkapnya. 

2. Kanker berasal dari tumor

instagram.com/febyfebiola_

Tak pernah merasakan gejala apapun, ternyata kanker ovarium stadium 1C tersebut bersumber dari kista atau tumor ovarium yang sudah ia derita cukup lama. "Sakit kanker ovarium stadium 1C. Asalnya itu dari tumor dan tumor tersebut sekarang sudah diangkat," katanya. 

3. Memutuskan untuk menjalankan kemoterapi

instagram.com/febyfebiola_

Kini, walau tumor penyebab kanker sudah diangkat, Feby Febiola mengaku tetap ingin menjalankan kemoterapi. "Jaga-jaga supaya sel kankernya enggak kemana-mana," Ungkap Feby Febiola. "Aku pilih kemo semoga tidak semakin parah," tambahnya. Sekarang ia mengungkapkan bahwa keadaanya semakin membaik.

Selain itu, ia juga membeberkan aturan makan dari dokter kandungan untuknya. "Enggak ada pantangan dokter, cuma lebih seimbang aja, dan jangan makan-makanan yang diawetkan dan diolah terlalu banyak,"  imbuhnya.

4. Memutuskan untuk memangkas rambutnya

instagram.com/febyfebiola_

Seperti yang kita tahu, bahwa salah satu efek samping melakukan kemoterapi adalah rambut menjadi mudah rontok. Oleh sebab itu, Feby memutuskan untuk memangkas habis rambutnya. "Dulu aku suka bangga sama rambut sendiri, rambutku itu sehat, kuat dan ga mudah rontok..Sampai akhirnya chemo menggugurkannya helai demi helai," tulis Feby Febiola.

5. Mengajak semua perempuan untuk rutin melakukan pemeriksaan kandungan

instagram.com/febyfebiola_

Selain menceritakan perjuangannyai, Feby Febiola turut mengajak setiap perempuan untuk rutin melakukan pemeriksaan kandungan setidaknya tujuh bulan sekali. "Di USG terus ketahuan, buat kalian rajin check up aja paling enggak tujuh bulan sekali," ujarnya.

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Health