Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Cepat dan Mudah

Efektif dan alami

Nafi' Khoiriyah

Banyak orang yang mudah menurunkan berat badan di bagian perut, tetapi tidak di kaki. Di antara berbagai bagian tubuh lainnya, bagian kaki utamanya paha dan betis memang yang paling sulit dikecilkan.

Apalagi untuk mereka yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir. Karakteristik tubuh tersebut umumnya mengalami penumpukan lemak di bagian paha dan betis.

Hal itu membuat berat badannya cukup banyak meski perutnya tampak langsing. Kalau kamu salah satunya, maka cara mengecilkan paha dan betis ini bisa diikuti. 

1. Jalan kaki setiap hari

freepik.com/senlvpetro

Aktivitas pertama yang paling mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Latihan ini memang sederhana, tetapi bisa membantu mengecilkan paha dan betis. Caranya, kamu bisa menggunakan penghitung langkah. 

Lalu, mulailah berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap harinya. Supaya tidak terlalu melelahkan, kamu perlu memilih sepatu olahraga yang tepat. Kamu bisa melakukannya secara konsisten setidaknya sampai 1 bulan untuk melihat hasilnya. 

2. Rutin bersepeda

pexels.com/WaiYan

Cara mengecilkan paha dan betis yang menyenangkan lainnya adalah dengan bersepeda. Bersepeda itu bisa menggunakan sepeda statik maupun sepeda biasa di luar ruangan. 

Aktivitas ini bisa menghasilkan pembakaran kalori yang sangat tinggi, yakni sekitar 500 sampai 600 kalori per jamnya. Maka dari itu, bersepeda adalah aktivitas yang terbaik untuk mengurangi lemak, utamanya di kaki. 

3. Bodyweight squat

pexels.com/RDNE Stock project

Bodyweight squat juga bisa mengencangkan pantat dan kaki sehingga tampak lebih ramping. Cara ini juga bisa melatih kekuatan sehingga bagus dilakukan secara rutin setidaknya 2 kali seminggu. 

Pertama, berdirilah dengan kaki lebih lebar daripada bahu. Lalu, turunkan pantat secara perlahan ke arah lantai seolah akan duduk. Sementara itu, rentangkan tangan ke depan saat melakukannya agar keseimbangan terjaga. 

Tahanlah beberapa detik saat berada di posisi jongkok, lalu angkat kembali. Lakukan bodyweight squat ini 10 sampai 15 kali dan lakukan sebanyak 3 set. 

4. Senam lantai sederhana

pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu tidak harus melakukan aktivitas ekstrem sekaligus sebagai cara mengecilkan paha dan betis. Cukup lakukan saja senam lantai sederhana seperti berbaring telentang dan mengangkat kaki dari lantai. 

Pertama, letakkan tangan di samping tubuhmu. Angkatlah kaki setinggi-tingginya, lalu dengan kaki satunya tendang kaki tersebut. Kembalikan ke lantai, lakukan 60 tendangan untuk sisi kanan dan 60 lainnya untuk sisi kirinya. 

5. Rutin berolahraga lari

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lari memang dikenal sebagai cara untuk membakar lemak, termasuk di paha dan betis. Olahraga tersebut akan menggunakan lebih banyak energi daripada aktivitas lainnya. 

Namun, pastikan kamu memulainya secara bertahap, dari yang lambat lalu kemudian meningkat. Waktu yang dihabiskan pun bisa ditingkatkan setiap harinya. 

Jika ingin berlari, lebih baik pilih rute yang datar. Cara ini akan membantu membentuk otot kaki dan mengurangi lemak. 

6. Naik turun tangga

pexels.com/Ricky Esquivel

Tidak banyak yang tahu kalau naik turun tangga bisa menjadi cara mengecilkan paha dan betis. Sebab, menaiki tangga akan meningkatkan penggunaan otot paha. 

Hal itu terjadi karena setiap langkahnya mengharuskanmu untuk mengangkat tubuh ke atas dan memaksa otot kaki bekerja. Jadi, paha dan betis pun secara otomatis akan menjadi lebih kecil daripada sebelumnya. 

7. Olahraga kardio

pexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, latihan kardiovaskular juga bisa membakar kalori. Selain itu, kardio juga bisa memperkuat jantung dan mengurangi lemak tubuh.

Untuk orang dewasa, direkomendasikan untuk melakukan aktivitas aerobik setidaknya 150 menit dalam intensitas sedang. Kalau tidak, kamu bisa melakukannya selama 75 menit dengan intensitas yang kuat. 

Kamu juga bisa menggabungkan keduanya kalau ingin mendapatkan latihan tubuh yang total. 

Demikian tujuh cara mengecilkan paha dan betis yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Meski hasilnya tidak akan langsung terlihat, tetapi jika dilakukan secara konsisten akan jelas perubahannya. Semangat!

IDN Media Channels

Latest from Health