Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Perbedaan Cushion dan Foundation, Pemula Wajib Tahu!

Formulanya beda

Nafi' Khoiriyah

Item makeup yang wajib dipakai sebagai dasar riasan adalah foundation maupun cushion. Keduanya dipakai sebagai alas bedak untuk menutupi ketidaksempurnaan di wajah. Mulai dari jerawat, bekas jerawat, maupun bintik hitam, semua akan tertutupi. 

Dikarenakan penggunaannya yang sama-sama sebagai base makeup, banyak yang mengira cushion dan foundation adalah produk yang sama. Padahal, keduanya punya karakteristik sampai fungsi yang berbeda, lho. 

Kali ini, Popbela.com akan membahas perbedaan cushion dan foundation. Simak ulasannya, ya!

1. Kemasan cushion dan foundation

freepik.com/freepik

Dari segi kemasan, cushion dan foundation memang sangat berbeda. Kebanyakan produk foundation dikemas dalam bentuk tube atau pump yang tidak begitu travelling friendly. Kemasan tersebut rawan untuk bocor atau pecah jika dibawa ke mana-mana.

Pengaplikasian foundation pun biasanya juga membutuhkan alat makeup lainnya, seperti beauty blender maupun brush. Berbeda dengan foundation, kemasan cushion lebih travel friendly dan compact seperti bedak.

Di dalamnya sering kali sudah dilengkapi dengan puff sponge dan cermin sehingga bisa dipakai di mana saja. 

2. Shade warna cushion dan foundation

chromology.co.uk

Perbedaan cushion dan foundation lainnya bisa dilihat dari variasi shade warna keduanya. Foundation biasanya memiliki shade warna yang lebih beragam untuk semua warna kulit. Tak heran jika para makeup artist masih memilih produk ini sebagai alas bedaknya.

Teksturnya yang cair juga membuat foundation mudah di-blend dengan produk lainnya untuk menghasilkan warna yang sesuai. Sedangkan cushion hanya tersedia dalam beberapa shade saja dan terbatas.

3. Tekstur cushion dan foundation

freepik.com/freepik

Tekstur cushion dan foundation sebenarnya cukup mirip karena sama-sama dipakai sebagai alas bedak. Namun, foundation biasanya memiliki tekstur yang lebih cair daripada cushion. 

Tekstur yang cair tersebut membuatmu perlu berhati-hati jangan sampai mengeluarkan cairan terlalu banyak. Sedangkan cushion bertekstur creamy dan kental sehingga lebih mudah diaplikasikan dengan puff sponge yang tersedia. 

4. Cara pemakaian cushion dan foundation

pexels.com/Polina Tankilevitch

Dikarenakan kemasannya yang berbeda, maka cara pemakaian cushion dan foundation pun berbeda pula. Kalau kamu ingin memakai foundation, maka jangan lupa untuk menyiapkan cermin, beauty blender, maupun brush sendiri. Sebab, alat tersebut diperlukan untuk meratakan warna foundation di wajah.

Berbeda kalau kamu memakai cushion, di dalam kemasannya sudah tersedia puff sponge untuk meratakan warnanya di wajah. Kamu pun tidak lagi memerlukan aplikator lainnya karena tekstur creamy cushion membuatnya mudah diaplikasikan. 

5. Kandungan cushion maupun foundation

pexels.com/MART PRODUCTION

Perbedaan cushion dan foundation terakhir adalah kandungan keduanya. Foundation biasanya memang hanya berfungsi sebagai makeup untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah. Maka dari itu, kandungan di dalamnya pun sebatas pada fungsinya tersebut. 

Sedangkan banyak produk cushion yang kini juga diformulasikan untuk merawat kulit selain menutupi kekurangan di wajah. Maka dari itu, banyak produk cushion yang mengandung bahan alami seperti skin care di dalamnya. 

Itu dia perbedaan cushion dan foundation yang belum banyak diketahui. Mulai dari kemasan sampai fungsi, keduanya ternyata punya perbedaan tersendiri.

Kalau kamu, tim pakai cushion atau foundation, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Make Up