Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mudah! Ini Dia Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Tampil cantik dengan warna rambut barumu!

Meidiana Aprilliani

Bosan dengan penampilanmu yang seperti itu-itu saja? Ingin tampil dengan gaya yang berbeda? Kalau begitu, bagaimana jika mengubah warna rambutmu?

Selain mengganti gaya rambutmu, mengubah warna rambut juga dapat secara drastis membuat penampilanmu semakin menarik, lho. Kamu bisa melakukan ombre, highlight, sampai full coloring dengan warna-warna yang kamu sukai.  

Ingin coba mewarnai rambutmu tapi harga di salon mahal? Tenang, karena sekarang kamu bisa dengan mudah mewarnai rambut di rumah dengan hasil seperti dari salon profesional. Mau tahu caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

1. Siapkan semua peralatan yang digunakan

Ulta.com

Siapkan semua peralatan yang kamu butuhkan mulai dari produk cat rambut, handuk, dan lip balm. Sisir rambutmu dan balurkan lip balm atau petroleum jelly di sekitar area belakang leher, telinga, dan kulit di sekitar anak rambut. Hal ini dilakukan untuk mencegah cat rambut yang menempel pada area-area itu menjadi sulit dihilangkan.

2. Jangan lupa gunakan sarung tangan plastik

pinterest.com

Agar cat teraplikasikan dengan sempurna, akan lebih baik kamu mengaplikasikan cat rambut di bagian tertentu dengan menggunakan tangan dan meratakannya dengan jari. Oleh karena itu, jangan lupa gunakan sarung tangan plastik.

3. Baca aturan pakai dengan baik

Webmd.com

Baca baik-baik aturan pakai pada kemasan agar kamu tidak melakukan kesalahan. Campurkan bahan-bahan cat yang disediakan di dalam kemasan sesuai selera. Kamu dapat membuatnya pekat dengan menggunakan lebih banyak bubuk cat pewarna. Campurkan pada pada tempat yang sudah kamu sediakan. Buat beberapa tempat dengan warna yang berbeda jika kamu ingin menggunakan lebih dari satu warna pada rambutmu.

4. Bagi rambut menjadi dua bagian

Denmanbrush.com

Sisir rambutmu menjadi 2 bagian. Kamu dapat menjepit sisi kanan rambutmu terlebih dahulu lalu mewarnai sisi kirinya.

5. Mulai pengaplikasian cat dari akar rambut

Iphonehacks.com

Mulai warnai rambutmu dari akar rambut terlebih dahulu. Bagian akar rambut membutuhkan paling banyak cat rambut dan waktu pemrosesan untuk menyerapnya. Oleh karena itu, oleskan pewarna terlebih dahulu pada bagian ini, kemudian sapukan cat rambut ke bawah.

6. Tunggu selama waktu yang ditentukan di kemasan

Nextstepbeauty.com

Setelah selesai mengaplikasikan cat rambut, tunggu beberapa saat agar warna cat benar-benar meresap ke dalam rambut. Kamu juga bisa menggunakan bantuan timer, agar durasi waktunya lebih pas.

7. Bilas rambut

bustle.com

Bilas rambutmu dengan air hangat terlebih dahulu untuk meluruhkan cat rambut. Lalu, aplikasikan kondisioner agar rambutmu tetap lembut dan bilas dengan air dingin.

8. Keringkan rambutmu. Voila! Kamu kini tampil berbeda dengan warna rambut yang baru

Bustle.com

Jadi, mewarnai rambutmu tidak harus selalu mahal dan susah, kok. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa mewarnai rambutmu dengan mudah di rumah. Selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health