Sejatinya gigi telah tertutupi oleh zat paling keras di tubuh manusia yakni enamel. Meski demikian, gigi pun tidak bisa bebas dari segala kemungkinan kerusakan yang bisa mengganggu kesehatan dan penampilan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara menghilangkan karang gigi. 

Adanya karang gigi ini bisa mendatangkan gangguan pada kesehatan mulut hingga penyakit gusi. Itulah mengapa penting bagi kamu untuk mengetahui cara membersihkannya dengan cara yang tepat. Mengingat bahwa kebersihan mulut merupakan kunci utama mencegah datangnya karang lagi. 

Sikat gigi menggunakan soda kue

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Mudah di Rumah greenbelly.co

Baking soda atau soda kue ini merupakan cara yang paling aman untuk menghilangkan karang gigi. Pasalnya, bahan ini bisa membersihkan plak tanpa merusak email. Studi dari Science Direct mengungkapkan jika pasta gigi dengan kandungan tersebut akan efektif mengurangi kotoran di mulut. 

Soda kue juga bisa melindungi gigi kamu dari demineralisasi atau proses kimia yang menghilangkan zat kalsium dari lapisan email gigi. Hal ini dikarenakan baking soda mempunyai pH tinggi sehingga mampu membantu menciptakan keseimbangan tingkat pH di dalam mulut.

Berkumur dengan cuka putih

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Mudah di Rumah Instagram.com/Healthylifebalance101

Berikutnya, kamu bisa mengandalkan cuka putih yang banyak dijumpai di dapur rumah. Cairan asam asetat ini dipercaya efektif untuk membunuh bakteri mulut namun tidak  menimbulkan efek infeksi. Hal ini dikarenakan pH nya cukup asam sehingga memiliki kemampuan membersihkan karang gigi. 

  • Siapkan cuka putih
  • Campurkan dua sendok cuka putih dalam setengah cangkir air hangat
  • Tambahkan satu sendok makan garam
  • Aduk seluruhnya secara merata
  • Kumurlah dengan campuran tersebut sekali satu hari dengan teratur

Berkumur dengan minyak kelapa

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Mudah di Rumah Unsplash.com/Tijana Drndarski

Minyak kelapa tidak hanya bermanfaat pada kesehatan namun juga berkhasiat untuk melindungi gigi. Kandungan di dalamnya mampu menghilangkan bakteri guna membuat gigi tetap sehat. Mengandung asam laurat dan asam lemak lain bersifat anti mikroba. Bahkan hal ini telah ditunjukkan oleh studi. 

  • Siapkan minyak kelapa secukupnya
  • Hangatkan 1 sendok makan minyak kelapa
  • Kumur minyak kelapa selama 5 hingga 10 menit
  • Ludahkan minyak kelapa ke tempat sampah
  • Hindari mengeluarkan minyak kelapa ke wastafel agar tidak menyumbat
  • Lakukan secara rutin setiap hari satu kali

Gosok gigi dengan campuran aloe vera dan gliserin

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Mudah di Rumah Pixabay.com

Lidah buaya memang sangat populer karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yakni mampu membersihkan karang gigi. Menurut Abdoney Orthodentics, aloe vera bekerja untuk membunuh bakteri karena bersifat anti mikroba sehingga juga bekerja dalam melawan bau mulut. 

  • Siapkan baking soda, aloe vera dan gliserin nabati
  • Campurkan setengah cangkir baking soda dan satu cangkir air
  • Tambahkan satu sendok makan gel aloe vera
  • Tambahkan 4 sendok makan gliserin nabati
  • Campurkan dengan 4 sendok makan minyak esensial lemon
  • Gunakan campuran ini untuk gosok gigi
  • Cukup lakukan secara rutin satu kali setiap hari 

Mengoleskan bubuk cengkeh

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Mudah di Rumah flickr.com/lanisy

Meskipun belum begitu terkenal untuk berperan pada kesehatan gigi dan mulut, namun banyak orang percaya jika bubuk cengkeh bisa membersihkan karang gigi. Salah satu alasannya yakni memiliki aroma khas menenangkan sehingga berperan melawan karang gigi. Berikut cara memakainya: 

  • Siapkan bubuk cengkeh dan minyak zaitun
  • Ambil 1 sendok makan bubuk cengkeh
  • Campurkan dengan minyak zaitun secukupnya
  • Aduk merata sampai membentuk pasta
  • Oleskan campuran ini pada permukaan gigi
  • Biarkan selama beberapa menit
  • Bilas dengan berkumur menggunakan air hangat

Cara menjaga kesehatan dan kebersihan gigi

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Mudah di Rumah freepik.com/ valuavitaly

Sebenarnya beberapa cara di atas efektif untuk membersihkan karang gigi namun akan kurang berjalan maksimal apabila kamu menghiraukan kebiasaan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Pastikan agar melakukannya secara teratur dan tepat misalnya gosok gigi dengan rutin.

Sikat gigi rutin dua kali sehari

Sikat gigi secara rutin termasuk ke dalam daftar paling utama untuk menghilangkan membersihkan gigi terutama adanya karang gigi yang baru berwarna putih. Banyak ahli menganjurkan pada setiap orang agar menyikat gigi mereka sebanyak dua kali setiap hari yakni pagi sesudah sarapan dan sebelum tidur

Kekeliruan yang terjadi sampai saat ini yakni seringkali menyikat gigi dengan cepat bahkan dalam hitungan detik saja. Padahal kebiasaan seperti ini justru membuat kotoran dan plak masih menempel. Jadi disarankan untuk melakukannya minimal 30 detik pada masing-masing bagian gigi. 

Sikat gigi dengan benar

Meskipun rajin sikat gigi namun hasilnya akan sia-sia apabila kamu masih salah untuk melakukannya. Jadi, cek kembali apakah kegiatan rutin satu ini sudah dilakukan secara benar atau belum. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar dari atas bawah dan sebaliknya. 

Pastikan untuk menyikat gigi di setiap bagian agar plak, kotoran dan sisa makanan menempel akan hilang. Jangan melakukannya terlalu keras dan menekan gigi. Kebiasaan seperti ini bisa mengikis permukaan gigi sehingga memicu timbulnya gigi sensitif. 

Membersihkan lidah

Tahukah kamu, jika sebanyak 50% bakteri yang ada di dalam mulut justru bersarang di bagian lidah. Maka dari itu, penting untuk membersihkan permukaannya juga sehingga tidak hanya sekadar menyikat gigi saja. 

Campuran air liur, kotoran dan bakteri bisa menimbulkan plak di atas permukaan lidah. Sayangnya hal seperti ini tidak dapat dihilangkan hanya sekedar menggunakan air dan obat kumur. Cara terbaiknya yakni menyikat lidah dari depan sehingga tidak secara bolak-balik. 

Demikian beberapa cara menghilangkan karang gigi yang penting untuk diperhatikan. Jangan hanya sekadar melakukan tips di atas namun lupa dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini tidak boleh dilupakan karena menjadi kunci utamanya. 

Baca Juga: Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigi