Setiap orang pasti pernah memiliki karang gigi yang menempel pada giginya. Dengan bentuk yang keras seperti batuan berwarna kekuningan, ternyata masih banyak juga lho yang kurang paham mengenai karang gigi dan cara mencegahnya. 

Karang gigi sendiri ialah hasil dari plak yang tertimbun dan terbentuk karena campuran protein dan sisa makanan. Kehadirannya nggak hanya mengganggu penampilan gigimu, tetapi karang gigi juga dapat menimbulkan perasaan nggak nyaman saat kamu sedang mengunyah makanan. 

Namun, nggak perlu khawatir Bela, karena kamu bisa mencegah karang gigi menjadi lebih banyak dengan cara melakukan 7 hal di bawah ini yang akan Popbela bahas pada artikel yang satu ini. Keep scrolling!

1. Membersihkan dengan baking soda

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigihonestdocs.id

Sejak dulu baking soda dikenal ampuh dalam mengatasi karang gigi dan mencerahkan tampilan gigi dengan cepat. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur baking soda dengan sedikit air hingga berubah menjadi pasta, kemudian gunakan campuran bahan tersebut sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi.

2. Menggosok dengan kulit jeruk

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigifabwoman.ng

Kulit jeruk merupakan bahan alami yang digunakan sebagai salah satu cara untuk mengurangi plak gigi. Dengan menggosok kulit jeruk pada gigi, bakteri pada gigimu akan berkurang dan secara nggak langsung akan membuat plak gigimu rontok secara perlahan. Kamu cukup menggosok kulit jeruk pada bagian karang gigi, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Rajin menggosok gigi dengan benar

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigiistockphoto.com

Pembentukkan karang gigi juga dapat diakibatkan jarang menggosok gigi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk kembali menggosok gigi dengan rajin dan tentunya juga dengan teknik menggosok gigi yang benar ya!

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung biji-bijian

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigieverydayhealth.com

Selain baik untuk kesehatan, ternyata makanan yang mengandung biji-bijian memiliki manfaat lain yang nggak diduga. Tekstur kasar yang di dapat dari makanan dengan jenis biji-bijian ternyata dapat menjadi scrub alami untuk meluruhkan karang gigi. 

5. Menggunakan sikat gigi listrik

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigi7dayshop.com

Banyak dokter yang mengatakan bahwa cara mencegah karang gigi menumpuk lebih banyak ialah dengan menggunakan sikat gigi listrik. Karena sikat gigi listrik lebih ampuh dalam membersihkan gigi dibandingkan dengan sikat gigi biasa. 

6. Rajin menggunakan obat kumur sehabis menggosok gigi

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigipadentalgroup.com

Nggak hanya dapat menyegarkan napasmu, obat kumur juga teruji ampuh dalam mencegah karang gigi yang menumpuk. Obat kumur sangat mudah ditemukan, namun, kamu tetap harus teliti dalam memilih produk obat kumur yang tepat ya!

7. Pergi ke dokter gigi

Inilah 7 Cara Mencegah Karang Gigimedicalnewstoday.com

Cara mencegah karang gigi yang lain ialah dengan membersihkan langsung dengan dokter gigi yang terpercaya. Selain ampuh, dokter gigi juga lebih mengerti tentang mengatasi masalah gigi dan tentunya akan mengajarimu cara merawatnya.

Beberapa cara mencegah karang gigi menjadi lebih banyak di atas merupakan langkah tepat yang wajib kamu lakukan untuk kesehatan gigimu dan juga memperbaiki tampilan gigimu. Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat mencoba ya Bela!

Baca Juga: Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alami