Menonton film keluarga menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga tercinta. Selain isi cerita yang mengandung pesan positif, menonton film keluarga juga bisa menambah keakraban dengan orang-orang terdekat.

Untuk kamu yang ingin quality time bersama keluarga di rumah, sepertinya deretan film keluarga terbaik berikut ini bisa kamu tonton, Bela! Sebab, film-film berikut ini sarat akan makna dan ringan untuk ditonton bersama keluarga. Bisa tebak apa sajakah itu?

1. Home Alone (1990)

https://www.youtube.com/embed/jEDaVHmw7r4

Bicara soal film keluarga terbaik, tampaknya tak lengkap jika tak menyebut film yang satu ini. Home Alone bercerita tentang Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga kaya yang tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya ketika musim liburan tiba. Kejadian ini membuatnya harus tinggal di rumah sendirian.

Saat sendirian di rumah, Kevin tak sengaja mendengar dua orang pencuri, Marv dan Harry, berusaha untuk mencuri rumahnya. Tak tinggal diam, Kevin pun langsung membuat rencana untuk mengerjai sang pencuri.

2. Finding Nemo (2003)

https://www.youtube.com/embed/2zLkasScy7A

Meski sudah belasan tahun berlalu, film yang satu ini tampaknya tak pernah lekang oleh zaman. Finding Nemo menceritakan tentang petualangan Marlin, seekor ikan badut yang protektif terhadap anak semata wayangnya, Nemo.

Suatu ketika, Nemo terpisah dari Marlin sehingga membuat ayahnya itu nekat berenang ke lautan lepas demi mencari sang buah hati. Di tengah petualangannya, Marlin bertemu dengan Dory, ikan blue tang yang menderita penyakit ingatan jangka pendek.

3. Finding Neverland (2004)

https://www.youtube.com/embed/M5_AOB9eCDM

Film yang dirilis pada tahun 2004 ini sering dijadikan pilihan tontonan saat berkumpul dengan keluarga. Finding Neverland diangkat berdasarkan drama The Man Who Was Peter Pan karya Allan Knee. Saking suksesnya, film karya sutradara Marc Forster ini mendapat banyak penghargaan film bergengsi di dunia.

Finding Neverland bercerita tentang Sir James Matthew Barrie yang muncul di pemakaman Sylvia Llewlyn Davies, teman dekatnya saat masih muda dulu. Di masa berkabung ini, Barrie mencoba menghibur keempat anak yang ditinggalkan Sylvia. Dia menceritakan dan membuat sebuah pertunjukan fantasi untuk menghibur anak-anak tersebut.

4. Inside Out (2015)

https://www.youtube.com/embed/seMwpP0yeu4

Inside Out menjadi salah satu film keluarga animasi yang menuai pujian dan penghargaan dari para kritikus serta penontonnya. Film yang disutradarai oleh Pete Docter ini bahkan seakan mampu membuat siapa pun yang menontonnya berpikir tentang emosi yang ada di alam bawah sadarnya.

Inside Out bercerita tentang Riley, seorang anak berusia 11 tahun yang pindah ke San Francisco dan meninggalkan hidupnya di Minnesota. Riley bersama kelima emosi intinya, yaitu Joy, Fear, Anger, Disgust, dan Sadness, berjuang untuk menghadapi kehidupan barunya.

5. Coco (2017)

https://www.youtube.com/embed/Rvr68u6k5sI

Film fantasi animasi 3D ini sukses membuat penontonnya banjir air mata berkat jalan ceritanya yang mengharukan. Film yang disutradarai oleh Lee Unkrickh dan Adrian Molina ini mengisahkan tentang Miguel Rivera, seorang anak berusia 12 tahun yang tinggal bersama neneknya bernama Mama Coco. Mereka tinggal di sebuah desa kecil di Meksiko.

Dalam kisahnya, penonton akan dikenalkan dengan tradisi Day of Dead yang sampai saat ini masih ada di Meksiko. Miguel yang tak sengaja dapat keluar masuk dunia arwah ini mulai menemukan fakta mencengangkan yang berkaitan dengan ayah dari sang nenek.

6. Keluarga Cemara (2019)

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Film yang disutradarai Yendy Laurens ini diangkat dari serial televisi legendaris di era 90-an karya Arswendo Atmowiloto. Keluarga Cemara memuat kisah keluarga sederhana yang hangat dan penuh kasih sayang.

Film ini menceritakan tentang keluarga Abah, Emak, dan anak-anaknya yang mempunyai kehidupan berkecukupan di Jakarta. Namun, suatu ketika harta benda mereka ludes akibat ditipu salah satu anggota keluarga besar mereka sehingga Abah pun memutuskan untuk pindah ke desa. Keluarga Cemara mengajarkan kita bahwa sesulit apa pun masalah yang dihadapi, semua akan terlewati bersama keluarga.

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

https://www.youtube.com/embed/TcHh986XvI4

Film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko ini bisa disebut sebagai film keluarga terbaik Tanah Air di tahun 2020 ini. Diangkat dari kumpulan quotes karya Marcella F. P., film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) mampu membuat penonton merasa related dengan jalan ceritanya.

NKCTHI berkisah tentang Angkasa, Aurora, dan Awan, kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale yang memberikannya pengalaman hidup baru. Namun, perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orangtuanya hingga menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma luka besar dalam keluarga mereka.

Nah, itu dia deretan film keluarga terbaik yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu tonton bersama orang-orang terdekat. Adakah film favoritmu, Bela?

Baca Juga: 5 Soundtrack Film Disney Ini Pernah Dibawakan oleh Musisi Indonesia

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romantis Indonesia yang Sukses Bikin Baper

Baca Juga: Seram Maksimal! 5 Film Horor Asia Ini Dijamin Bakal Bikin Mimpi Buruk