Kisah cinta yang diawali dari persahabatan biasanya akan menghasilkan hubungan yang langgeng. Namun, jatuh cinta pada sahabat sendiri seringkali membuat kita bingung dan khawatir jika nantinya perasaan ini akan membuat persahabatan tersebut jadi hancur. Apakah kamu salah satunya, Bela?

Jatuh cinta dengan teman sendiri memang sering dirasakan banyak orang. Di satu sisi, kamu mungkin nggak ingin menghancurkan persahabatan kalian, tapi kamu juga nggak ingin perasaanmu jadi menggantung terus. Hmm... sebenarnya ada lho langkah untuk mengubah persahabatanmu menjadi cinta! Penasaran? Keep on reading, ya!

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Sebelum kamu mendekatinya sebagai ‘gebetan’, cobalah tanyakan pada dirimu sendiri apa alasanmu menyukainya dan mengapa kamu ingin hubungan kalian berubah? Ingatlah, setelah kamu menyatakan perasaanmu padanya, maka persahabatan kalian pun mungkin akan berubah selamanya.

Jika kamu hanya merasa bahagia saat berada di dekatnya, bukan berarti kamu memang mencintainya. Bisa jadi kamu hanya nyaman dengannya. Namun jika kamu merasa cemburu jika dia bersama perempuan lain, bisa jadi kamu memang memiliki perasaan lebih kepadanya.

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Langkah selanjutnya ialah coba bicarakan lebih dulu mengenai perasaanmu pada orang yang kamu percaya, seperti orangtua atau sahabatmu yang lain. Mungkin saja mereka pernah mengalami hal yang serupa denganmu sehingga mereka bisa memberikan masukan yang baik kepadamu. Apalagi jika salah satu sahabatmu itu memang mengenal dia dengan baik, maka dia bisa lebih objektif saat menilai hubungan seperti apa yang cocok untuk kamu dan dia nantinya.

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Ketika kamu bertemu dengannya, cobalah untuk menunjukkan penampilan yang terbaik. Pastikan kamu bersih, wangi, dan memakai pakaian yang bagus. Kalau kamu tahu apa aroma parfum kesukaannya, cobalah memakainya. Meski penampilan bukanlah hal utama saat menjalin hubungan, tapi dengan begini mungkin dia mulai merasa ada yang spesial dari dirimu.

Selain itu, cobalah tunjukkan bahasa tubuh yang berbeda saat di dekatnya. Misalnya, beri tatapan yang penuh makna saat dia bicara, tertawa saat dia memberikan lelucon, atau memberi sentuhan kecil padanya.

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Setelah memberikan ‘kode awal’ bahwa kamu menyukai si dia, kini saatnya kamu merencanakan apa yang ingin kamu katakan padanya. Cobalah ungkapkan bahwa kamu menghargai persahabatan ini, tetapi kamu ingin status kalian berubah menjadi lebih romantis.

Meski dia terlihat akan menerima pernyataan cintamu, tapi kamu juga perlu memikirkan mungkin saja dia tetap ingin menjadi teman. Pikirkan masak-masak lebih dahulu sebelum kamu memutuskan menyatakan perasaanmu karena persahabatanmu akan berubah selamanya setelah kamu mengungkapkannya.

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Kini saatnya kamu memberi tahu bagaimana perasaanmu kepadanya. Dia mungkin merasakan hal yang sama sepertimu, tetapi dia terlalu takut untuk mengungkapkannya. Katakanlah bahwa kamu suka memiliki teman seperti dirinya, tapi kamu nggak bisa berbohong jika kamu memiliki perasaan lain padanya.

Mungkin dia akan sangat terkejut dengan pernyataanmu, jadi sebaiknya beri dia waktu untuk memikirkannya. Beri tahu dia bahwa kamu nggak perlu jawaban saat itu juga, kecuali jika dia memang sudah siap memberikan jawaban.

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Meski sudah saling jujur mengenai perasaan kalian, sebaiknya jangan langsung menjalin hubungan. Jalani dengan perlahan dan nggak terburu-buru. Luangkan waktumu untuk mengenal si dia dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Jika kalian berdua biasanya bertemu dalam kelompok atau dengan teman-teman yang lain, maka mulailah keluar berdua saja. Tapi ingatlah, jangan sampai kamu melupakan temanmu yang lain karena sudah sibuk dengan hubungan barumu. Seimbangkan waktumu antara si dia juga temanmu yang lain. 

7 Langkah Mengubah Persahabatan Menjadi Cinta

Mungkin kamu dan dia masih merasa canggung dengan status hubungan kalian yang baru. Untuk itu, cobalah lakukan sesuatu yang romantis untuknya agar cinta di antara kalian bisa semakin menguat. Cinta akan tumbuh dengan kepedulian dan hal-hal manis yang dilakukan untuk pasangan. Jadi, nggak ada salahnya jika kamu mulai membuat rencana dan lakukan hal romantis dengannya, seperti memberi hadiah kecil atau surat cinta yang manis.

Gimana, sudah siap mengubah statusmu dari teman jadi kekasih?  

Baca Juga: Ingin Keluar dari Friendzone? Simak Tips dari Ayudia-Ditto