Panggilan kesayangan memang terdengar aneh jika diucapkan di depan umum. Tapi jika dipraktikkan saat berdua dengan suami atau istri, manfaatnya tak terkira. Bukan hanya menunjukkan rasa cinta pada pasangan, sebutan-sebutan unik akan menambah keakraban antara satu dengan yang lain.

Berikut ini adalah nama panggilan sayang bahasa Arab yang bisa jadi inspirasi agar hubunganmu dan pasangan semakin mesra dan harmonis. Kira-kira apa saja, ya? Cek yuk ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Habibi

10 Panggilan Sayang Bahasa Arab, Bikin Pasutri Makin Harmonis!Instagram.com/tasyafarasya

Dalam bahasa Arab, 'Habibi', 'Habibie', atau 'Habiebie' adalah nama laki-laki. Arti yang dikandungnya adalah kesayangan atau kekasih.

2. Sodiqi

Selain teman sejati, 'Sodiqi' bisa menjadi sebutan mesra yang bermakna yang setia. Sebutan ini amat cocok ditujukan untuk suami. Bukankah suami adalah teman sejati kita seumur hidup? Ia juga yang bakal setia bersama istri, bukan?

3. Hubby

10 Panggilan Sayang Bahasa Arab, Bikin Pasutri Makin Harmonis!Instagram.com/hamidahrachmayanti

Terdengar seperti bahasa Inggris, ternyata 'Hubby' juga panggilan sayang untuk suami dalam bahasa Arab, lho! Berasal dari kata 'Hubun', 'Hubby' bermakna cinta. Kalau kamu mengamini maknanya, segera panggil dia dengan nama tersebut ya!

4. Abi

Dalam bahasa Arab, 'Abi' adalah ayah. Biasanya, orang senang memadankannya dengan 'Umi' atau ibu. Dalam bahasa lain, kata 'Abi' juga bermakna indah, lho! Dalam bahasa Jawa, misalnya. Makna yang tersimpan adalah anak pintar atau berkelebihan ilmu.

5. Habibati

10 Panggilan Sayang Bahasa Arab, Bikin Pasutri Makin Harmonis!Instagram.com/zaskiasungkar15

Untuk istri, boleh dipanggil dengan nama cinta 'Habibati'. Nama ini merupakan versi feminin dari 'Habibi'. Nama ini bermakna kekasih, yang tersayang, atau kesayanganku. Sama seperti Arab, di Afrika pun nama perempuan ini bermakna yang terkasih atau sayang.

6. Humaira

Terinspirasi dari Nabi Muhammad, 'Humaira' adalah sebutan sayang untuk istrinya, Aisyah. 'Humaira' bermakna kemerah-merahan. Sebutan ini dapat mengarah pada rona pipi yang tersipu malu saat seorang istri dipuji dan disayang oleh sang suami.

7. Umi

10 Panggilan Sayang Bahasa Arab, Bikin Pasutri Makin Harmonis!Instagram.com/bibyalraen13

Jika ada 'Abi', tak lengkap kalau tak ada 'Umi'. Betul bukan? 'Umi' adalah bahasa Arab dari ibu. Rupanya dalam bahasa Mesir, nama ini bermakna kehidupan, lho!

8. Yaa Zawjatii

'Yaa Zawjatii' bermakna wahai istriku. Dalam bahasa Arab, istri adalah 'Zawjatun'. Walau tidak ada kiasan atau kata-kata bertujuan memuji di dalamnya, panggilan sayang ini malah menunjukkan pengakuan jujur si suami.

9. Yaa Qalbii

10 Panggilan Sayang Bahasa Arab, Bikin Pasutri Makin Harmonis!Instagram.com/tanianadiraa

'Yaa Qalbii' punya makna wahai hatiku. Yup, hati istri mana yang nggak melayang akan julukan mesra tersebut? 

10. Ya Umma Awlaadii

Kamu dan pasangan sudah punya anak? Jika iya, maka 'Ya Umma Awlaadii' bisa menjadi kalimat sanjungan penuh makna untuk seorang istri. 'Ya Umma Awlaadii' bermakna wahai ibu anak-anakku. Kalau semua anakmu berjenis kelamin laki-laki, panggilan itu bisa diganti dengan 'Yaa Umma Abnaa-ii'. Jika semuanya perempuan, gantilah dengan 'Yaa Umma Banaatii'.

Itulah ulasan makna 10 panggilan sayang dalam bahasa Arab. Unik dan masih jarang digunakan oleh pasangan suami istri, bukan? Cobalah praktikkan sebutan-sebutan itu dengan suami atau istri! Niscaya, hubungan kalian semakin harmonis!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Panggilan Sayang Bahasa Arab, Bikin Pasutri Makin Harmonis!"

Baca Juga: 10 Panggilan Sayang untuk Suami