Aplikasi perangkat lunak adalah subkelas perangkat lunak komputer atau telepon pintar yang diciptakan untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Aplikasi cari jodoh adalah aplikasi yang diciptakan untuk membantu satu pengguna bertemu pengguna lain yang memiliki aplikasi sama berdasarkan kecocokan, dengan tujuan mencari pasangan. 

Nah, aplikasi cari jodoh ini memungkinkan kamu berkenalan dengan seseorang di seluruh dunia. Bahkan, mungkin saja kamu akan bertemu dengan seseorang dari luar negeri, lho. Kali ini Popbela akan mengulas tentang aplikasi cari jodoh populer yang bisa kamu coba.

Aplikasi cari jodoh di sekitar

Rekomendasi yang pertama ialah aplikasi cari jodoh untuk menemukan seseorang yang berada di sekitar lingkungan atau tempat tinggalmu. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh mencari jodoh, nih! Nah, inilah 5 aplikasi cari jodoh di sekitar yang cukup populer di masyarakat.

1. Tinder

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulerplay.google.com/Tinder

Tentunya kamu sudah nggak asing dengan aplikasi cari jodoh yang satu ini, kan? Tinder merupakan aplikasi yang sangat menyenangkan untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Di sini kamu bisa melihat foto-foto para pengguna Tinder yang berada di sekitarmu hanya dengan menggeser layar smartphone. Jika kamu tertarik dengan seseorang, kamu tinggal swipe ke kanan. Nah, kalau kamu dan si dia sama-sama match, kamu bisa melanjutkannya lewat room chat yang disediakan. 

2. MeetMe

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulerplay.google.com/MeetMe

Aplikasi MeetMe memiliki fitur "Near Me" yang memungkinkan kamu bertemu dengan seseorang yang nggak jauh dari tempat tinggalmu. Lewat aplikasi ini, kamu dapat melakukan chatting dengan orang yang nggak kamu kenal sebelumnya, baik untuk mencari teman atau mencari pasangan. Namun untuk bisa chatting, kamu dan si dia harus berteman lebih dahulu dan harus sama-sama sedang online karena sistem yang digunakan ialah real time. 

3. Badoo

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulertechadvisor.co.uk

Badoo merupakan salah satu layanan biro jodoh multi bahasa yang sangat populer di dunia. Situs yang berasal dari Inggris ini memiliki lebih dari 308 juta pengguna yang berasal dari berbagai negara. Jadi, lewat aplikasi ini kamu bisa berkenalan dengan orang lain yang ada di belahan negara lainnya. Selain itu, Badoo juga memiliki fitur "People Nearby" yang memungkinkanmu bertemu dengan seseorang yang berada nggak jauh darimu. 

4. CMB Free Dating App

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulerplay.google.com/CMB Free Dating App

Berbeda dengan aplikasi cari jodoh lainnya, Coffee Meets Bagel (CMB) merupakan aplikasi yang memanjakan perempuan. Pasalnya, CMB hanya memberikanmu satu match potensial di setiap harinya. Kamu juga akan diberikan ice breaker question supaya nggak canggung untuk memulai percakapan. Di sini, laki-laki akan mendapatkan daftar profil perempuan di daerah mereka, sedangkan perempuan akan mendapatkan daftar laki-laki yang tertarik padanya. Setelah itu, perempuan akan memilih yang salah satu laki-laki yang cocok untuknya dan mulai chatting.  

Aplikasi cari jodoh asli Indonesia

Jangan salah, Indonesia juga memiliki aplikasi cari jodoh yang cukup populer, lho. Untuk kamu yang mencari pasangan sama-sama orang Indonesia, maka nggak ada salahnya mencoba beberapa aplikasi kencan online berikut ini. 

1. Setipe

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulerplay.google.com/Setipe

Setipe merupakan situs biro jodoh pertama di Indonesia yang menggabungkan teknologi dengan ilmu psikologi. Setiap pengguna Setipe akan mengisi psikotes untuk mengetahui dating personality profile masing-masing serta preferensi terhadap pasangan yang diidamkan. Setelah itu, aplikasi ini akan merekomendasikan sesama pengguna yang cocok dengan kriteria dan kepribadian yang berdasarkan ilmu psikologi. Jadi, risiko berkenalan dengan orang yang salah bisa diminimalisir deh! 

2. KEPO

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulerplay.google.com/KEPO

Aplikasi kencan lain untuk mencari pasangan asli Indonesia ialah KEPO. Aplikasi yang dirilis sejak November 2016 ini menyediakan berbagai fitur, mulai dari stalking, chatting, hingga mengatur waktu untuk ketemuan. KEPO juga dapat mendeteksi pengguna aktif yang ada di sekitarmu, jadi nggak perlu jauh-jauh untuk cari jodoh. Lewat aplikasi ini, kamu dapat mencari informasi lengkap tentang calon pasanganmu. 

3. Taaruf Nikah: Cari Jodoh Siap Nikah Terdekat

7 Aplikasi Cari Jodoh Terpopulerplay.google.com/Taaruf Nikah

Aplikasi yang satu ini mengusung konsep mencari pasangan seperti ajaran Islam, yakni lewat ta’aruf atau berkenalan. Aplikasi Taaruf Nikah ini mengkhususkan untuk muda-mudi yang memang sudah siap menikah. Prosesnya sesuai dengan keterangan di aplikasinya, yakni ta’aruf, khitbah, lalu menikah. Uniknya lagi, para pengguna berhak untuk nggak memasang foto pribadi mereka di sini.

Di antara 7 aplikasi cari jodoh ini, mana yang sudah pernah kamu coba, Bela? 

Baca Juga: 5 Tips Gampang Agar Profilmu di Aplikasi Online Dating Lebih Menarik