Bela, pernah merasa tidak kalau lingkup pertemananmu semakin mengecil? Atau mungkin berpikir, "kok temanku itu-itu aja, ya?" Kalau iya, jangan takut! Itu artinya kamu sedang memasuki fase kehidupan yang lebih dewasa.

Jika mungkin dulu teman-temanmu selalu ‘kuy’ untuk diajak ke mana-mana, maka seiring berjalannya waktu yang tersisa hanyalah beberapa orang saja. Ternyata ini semua ada alasannya.

Berikut Popbela paparkan alasan mengapa lingkaran pertemanan mengecil saat dewasa.

1. Kesibukan yang semakin bertambah

5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat DewasaPexels.com/ELEVATE

Tidak dapat dipungkiri kalau kehidupan orang dewasa memungkinkan seseorang untuk memiliki lebih banyak tanggung jawab. Tuntutan masa depan membuat seseorang akan mengurangi kegiatan santai-santai yang biasa mereka lakukan beberapa waktu sebelumnya. Inilah yang menjadi alasan mengapa circle pertemananmu terasa semakin mengecil.

Tentunya momen-momen kebersamaan dengan temanmu akan membuatmu rindu, namun kamu harus menyadari bahwa ini adalah hal yang normal. Jangan pernah menyalahkan kesibukan yang mereka miliki.

2. Fokus dan tujuan yang berbeda

5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat DewasaPexels.com/freestocks.org

Setiap orang memiliki fokus masa depan yang berbeda. Mungkin, setelah lulus kamu berniat untuk bekerja dan mengembangkan karier. Namun, temanmu berniat untuk langsung menikah dan membangun kehidupan rumah tangga.

Masing-masing dari kalian pasti akan berusaha untuk mencapai fokus yang dituju, hingga pada akhirnya terciptalah jarak di antara kalian. Jalur hidup kalian akan berbeda dan tidak lagi sejalan.

3. Jarak dan waktu yang memisahkan

5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat DewasaShutterstock/paulaphoto

Alasan selanjutnya mengapa circle pertemanan mengecil saat dewasa adalah terpisahnya jarak dan waktu. Fokus dan tujuan yang berbeda bisa membuat segala kemungkinan bisa terjadi. Misalnya, ada temanmu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, atau mungkin, ada juga temanmu yang menikah dan harus pindah rumah.

Perbedaan jarak dan waktu inilah yang membuat komunikasi kalian yang dulunya intens menjadi berkurang. Meski masih bisa dilakukan secara online, tetap saja rasanya pasti berbeda.

4. Ingin mengurangi drama dalam pertemanan

5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat DewasaPexels.com/Elijah O'Donnell

Saat beranjak dewasa, kita akan semakin sering dihadapkan dengan sesuatu yang rumit dan kompleks. Untuk itu, nggak heran kalau kita menginginkan kehidupan yang lebih sederhana, begitu pun dalam lingkup pertemanan.

Terkadang sadar atau tidak beberapa lingkup pertemanan bisa menghadirkan drama di dalamnya. Tentu ini akan bertolak belakang dengan kehidupan dan fokus orang dewasa, hingga akhirnya banyak yang memilih untuk mengambil jarak dari lingkup pertemanan ini.

5. Kualitas lebih penting dari kuantitas

5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat DewasaPexels.com/Ramil Ugot

Pada akhirnya, seleksi alam akan terjadi, Bela. Semakin dewasa kamu akan bisa melihat dan menilai mana saja temanmu yang selalu ada dan patut untuk dipertahankan. Bukan semata-mata ingin menjauh dari teman-teman yang lain, tetapi kenyamanan adalah hal terpenting.

Jadi, tidak peduli jika hanya memiliki satu atau dua teman, yang terpenting adalah kualitas.

Itulah beberapa alasan circle pertemanan mengecil saat dewasa. Ada baiknya untuk tidak terlalu mengambil pusing dengan hal ini, karena ini adalah bagian dari proses pendewasaan diri. 

Baca Juga: Ingat! Inilah 6 Sikap yang Harus Dihindari Saat Teman Curhat

Baca Juga: 10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam Hidupmu