Berjuang demi rasa suka dan cinta yang kamu miliki adalah hal wajib karena kamu harus bisa membahagiakan dirimu. Dengan bisa bersama dengannya, kamu pasti akan bahagia. 

Namun, perihal cinta nggak semuanya harus sesuai dengan keinginanmu. Bisa saja dia yang kamu suka dan kejar ternyata nggak menyukaimu balik. Kamu harus mundur jika sudah tahu, terlebih bila dia menunjukkan lima tanda berikut. 

1. Menjaga jarak saat kalian sedang bersama di suatu tempat

Jarang Disadari, Ini 5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk MundurPexels.com/William Fortunato

Jika kalian teman, bertemu dan punya waktu bersama mungkin akan sering terjadi. Sebagai sosok yang menyukainya, kamu pasti ingin selalu dekat dengannya. 

Lihatlah sikap dia untuk melihat perasaanmu padamu. Dia yang nggak menyukaimu tak akan pernah mau berdekatan. Dia akan menjaga jarak dan kamu harus paham dengan gelagat dan gestur tubuhnya. 

2. Merespons komunikasi dengan begitu lambat

Jarang Disadari, Ini 5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk MundurPexels.com/Tim Samuel

Kirim pesan, bahkan telepon langsung adalah komunikasi yang wajar, terlebih bila kamu menyukainya. Namun, untuk tahu apakah dia menyukaimu balik atau nggak, kamu bisa melihat dari respons si dia. 

Jika dia cepat merespons, bisa dikatakan dia juga ada perasaan padamu. Namun sebaliknya, jika dia lambat sekali merespons semua komunikasi yang kamu lakukan, maka sadarlah bahwa dia nggak menyukaimu. Apalagi jika dia enggan berkomunikasi secara langsung juga padamu. 

3. Punya banyak alasan saat kamu ingin mengajaknya jalan atau ketemu

Jarang Disadari, Ini 5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk MundurPexels.com/April Studio

Kamu tentu ingin berjuang untuk bisa dekat dan mendapatkan hatinya, bukan? Salah satunya adalah dengan mengajak dia jalan atau bertemu sambil ngopi. 

Semua usaha kamu lakukan, tapi dia malah menolak dengan berbagai macam alasan yang dikatakan padamu. Harusnya kamu peka dengan sikapnya ini karena dia benar-benar menunjukkan sikap telah menolakmu secara halus. 

4. Menjodohkanmu dengan yang lain

Jarang Disadari, Ini 5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk MundurPexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika kamu menyukainya, tapi kamu malah melihat dia menjodohkanmu dengan yang lain, maka percayalah dia sedang menolakmu dengan tegas. Dia nggak ingin memiliki hubungan asmara denganmu. Yang diinginkannya hanyalah pertemanan saja. 

Dia akan menunjukkan beberapa temannya untuk bisa kencan buta denganmu. Segala usaha dia lakukan untuk bisa berhenti membuatmu mendekatinya lagi. 

5. Menunjukkan sikap bahwa dia sedang menyukai orang lain

Jarang Disadari, Ini 5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk MundurPexels.com/Shvets Production

Jika si dia menunjukkan sedang suka pada orang lain, maka ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung dia menyuruhmu untuk mundur. Dia akan berbicara secara terang-terangan yang kamu juga mendengarkan bahwa dia sedang dekat dengan yang lain. 

Jika sudah begini, maka jangan dipaksakan karena itu hanya akan membuatmu kecewa. Dia nggak memiliki perasaan apa pun padamu. 

Semua tanda di atas jika kamu peka akan terlihat jelas sekali. Oleh karena itu, hentikan segala hal yang membuatmu ingin mendekatinya lagi. Dia sama sekali nggak menyukaimu dan menginginkan hubungan yang spesial di antara kalian. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Sikap Gebetan yang Menyuruhmu untuk Mundur, Peka Atas Gesturnya!"

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Ciri Gebetan yang Hanya Menilai Kamu Secara Fisik

Baca Juga: Gebetanmu Banyak yang Naksir? Ini 5 Tips untuk Menarik Hatinya

Baca Juga: 5 Sikap Gebetan yang Terlihat Seperti Red Flag Padahal Tidak