Bela, kalau kita ingat, jumlah teman yang ada di sekitar kita semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Ketika sekolah dulu, kita punya banyak teman, seperti teman sekolah, teman kursus, teman main dan teman dari pergaulan lainnya.

Menurut sebagian orang, lebih baik memiliki satu atau dua sahabat ketimbang banyak teman yang nggak begitu mengenal kita. Bahkan sejak adanya media sosial, sangat beruntung rasanya jika memiliki seseorang yang nggak membicarakanmu di belakang. Tapi, kira-kira berapa orang yang kita anggap benar-benar dekat saat dewasa dan manakah yang lebih penting antara kuantitas dan kualitas?

Kuantitas vs. Kualitas Pertemanan, Lebih Penting Mana? Ini Kata AhliPixabay.com/free-photos

Menurut penelitian yang diadakan oleh psikolog evolusioner Robin Dunbar dan para koleganya dari Universitas Oxford, mereka meneliti riwayat telepon dari 27 ribu responden asal Eropa. Nyatanya, rata-rata jumlah teman atau seseorang yang paling sering mereka hubungi adalah 4 orang. Melansir dari Business Insider, penemuan tersebut mirip dengan penelitian terdahulu Robin bahwa manusia setidaknya memiliki 5 orang terdekat, bisa berasal dari keluarga, pasangan atau sahabat.

Kuantitas vs. Kualitas Pertemanan, Lebih Penting Mana? Ini Kata AhliPixabay.com/free-photos

Jumlah ini sebenarnya bukanlah jumlah yang pasti dan berlaku untuk setiap orang. Sejatinya, semakin banyak orang terdekat yang kamu punya maka semakin baik, asalkan kualitas hubunganmu dan mereka juga kuat. Jangan berkecil hati ketika kamu hanya punya satu atau dua nama yang bisa kamu anggap sebagai orang terdekat. Namun dengan kata lain, semakin banyak orang terdekat yang kamu miliki, semakin banyak punya waktu dan tenaga yang kamu keluarkan untuk mereka.

Dalam jurnal Psychology and Aging yang diterbitkan tahun 2015, peneliti menyatakan bahwa seseorang yang masih berusia 20an lebih fokus pada jumlah teman atau orang dekat yang mereka punya, sedangkan mereka yang sudah memasuki usia 30an lebih suka mementingkan kualitas hubungan yang mereka punya dengan orang lain. Nggak cuma usia, pernikahan juga bisa mempengaruhi kehidupan sosial sebagian orang, di mana kita lebih fokus pada pasangan, keluarga atau orang tertentu saja.

Kuantitas vs. Kualitas Pertemanan, Lebih Penting Mana? Ini Kata AhliPixabay.com/free-photos

Kalau kamu sendiri gimana, Bela? Kira-kira ada berapa yang kamu anggap sebagai orang terdekatmu selama ini?

Baca Juga: Begini Cara Minta Maaf pada Sahabat Saat Ada Perselisihan