Untuk kamu yang membaca tulisan ini,

Kata orang, sebuah gambar bisa mewakili seribu kata. Nggak ada yang salah dengan pernyataan tersebut. Tapi bagaimana jika rasa yang begitu kuat nggak bisa kamu wujudkan dalam gambar? Hanya rangkaian kata yang bisa kamu tulis untuknya, berharap dia atau siapa pun yang merasakan apa yang tengah kamu rasakan juga bisa membacanya.

Aku paham, menuangkan perasaan dalam kata bukanlah hal yang mudah. Ada emosi yang bermain di hati sembari jari-jari menari di deretan huruf yang kamu tekan. Tak apa, biarkan rasa dalam benakmu mengalir dan menjadi kata-kata yang bisa mengetuk kalbu banyak orang.

Ikut Kompetisi Menulis di Popbela, Bisa Dinner Gratis Bareng Pacar!Pexels.com/rawpixel

Melalui Open Letter Competition, Popbela ingin kembali memuat tulisan-tulisan penuh rasa yang ditujukan untuk seseorang yang ingin kamu sentuh hatinya, bisa itu pasangan, mantan, gebetan, orangtua, saudara, sahabat, atau bahkan dirimu sendiri. Jangan dipendam saja, ubah curhatanmu menjadi surat terbuka yang bisa menjangkau hati pembaca!

Kalau masih bingung seperti apa bentuk tulisannya, kamu bisa lihat beberapa contoh tulisan yang pernah Popbela buat, seperti ini.

Aku Memang Merindukanmu, tapi Aku Sadar Kita Tak Bisa Bersama

Sebuah Tulisan untuk Kamu yang Meragukan Datangnya Cinta Sejati

Ibu, Inilah Curahan Hati yang Ingin Kusampaikan padamu di Hari Pernikahanku

Nggak semua tulisan bisa lolos seleksi untuk diterbitkan di Popbela kanal Relationship (subkanal Letters). Pastikan bahwa tulisanmu:

  • Terdiri dari 300-500 kata
  • Judul terdiri dari 70 karakter (termasuk spasi)
  • Harus dalam bentuk listicle/poin
  • Menggunakan sudut pandang/point of view orang pertama
  • Merupakan tulisan asli/bukan karya orang lain dan belum pernah diterbitkan di mana pun dalam bentuk media apa pun
  • Tidak mengandung SARA dan ujaran kebencian
  • Menggunakan bahasa sesuai EYD dan KBBI
  • Tidak menyebutkan nama orang dalam tulisan
  • Jangan lupa cantumkan nama, email, dan nomor handphone di akhir artikel untuk database kalau kamu menang nantinya.

Kirimkan tulisanmu dalam bentuk file Doc atau Docx ke email competition@popbela.com dengan subject email [OPEN LETTER]. Ingat, setiap tulisan yang masuk akan menjadi hak milik IDN MEDIA.

Proses seleksi:

  • Tulisan yang masuk ke email akan diseleksi untuk diterbitkan di website Popbela.
  • Setiap surat terbuka yang diterbitkan di Popbela akan dilihat dari dua hal, yaitu tulisan dan views dari pembaca selama 1 bulan setelah tulisan diterbitkan.
  • Pengumuman pemenang dilakukan di bulan Oktober 2019.

Nantinya akan ada 4 pemenang yang akan dipilih berdasarkan tulisan dan views terbanyak. Masing-masing pemenang akan mendapatkan voucher makan dari Ismaya senilai Rp 500 ribu. Wah, bisa ajak pacar atau gebetan dinner gratis, nih!

Buruan kirim karya kamu karena kompetisi ini hanya berlangsung dari 14 Agustus - 15 September 2019. Selalu cek website Popbela untuk melihat apakah tulisan kamu berhasil diterbitkan. Jika sudah, jangan lupa untuk share tulisan kamu sebanyak-banyaknya supaya semakin banyak yang baca dan kesempatan untuk menang lebih besar!

Popbela tunggu surat terbuka dari kamu ya, Bela!

Baca Juga: Aku Memang Merindukanmu, tapi Aku Sadar Kita Tak Bisa Bersama