Tindak pelecehan dan kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja, termasuk dalam lingkungan kampus. Bahkan, jika dilihat dari kasus yang telah terjadi di dalam dan luar negeri, pelaku kejahatan justru adalah orang-orang yang nggak terduga seperti tenaga pendidik atau mahasiswa berprestasi. Pelecehan seksual telah menyita perhatian banyak pihak, nggak terkecuali aktor Hollywood Channing Tatum.

Tatum berkesempatan untuk mengemukakan pendapatnya saat melakukan live chat melalui Facebook bersama Cosmopolitan. Salah seorang peserta live chat bertanya tentang apa tanggung jawab Tatum sebagai panutan untuk generasi masa depan tentang kejahatan seksual, terutama tentang pemerkosaan yang terjadi di Stanford University. “Aku pikir ini adalah situasi yang sulit. Pemerkosaan adalah hal yang sangat serius,” tuturnya.

Channing Tatum Memberi Tanggapan Seputar Pelecehan Seksual yang Terjadi di Stanfordglamour.com

Sebagai laki-laki, Tatum menunjukkan kepeduliannya terhadap kasus ini. Dia juga merasa bahwa hukuman yang dikenakan kepada pemerkosa sangatlah ringan. “Itu adalah ide yang sangat mengerikan untuk melepaskan seseorang yang bersalah karena dia berprestasi. Aku pikir dia harus diberi hukuman yang layak.” Di penghujung pertemuan, Tatum menekankan bahwa pendidikan dan komunikasi secara terbuka tentang seks adalah cara yang tepat untuk melakukan perubahan.

Ingat ya Bela, kalau kamu mengalaminya, satu hal yang harus kamu lakukan; LAWAN!