Pernahkah kamu mengalami ketika berada di lingkungan yang benar-benar baru, kamu kesulitan cari teman yang juga baru? Semua serba baru bagimu, tempat, pergaulan, cerita, kondisi lingkungan, suasana, dan lain-lain. Terkadang, bagi orang yang susah untuk beradaptasi, lingkungan baru ini bagai mimpi buruk yang datang. Rasanya ingin kembali ke lingkungan lama yang sudah akrab dengan kamu.

Kesulitan seseorang dalam berteman tentu dipicu oleh banyak faktor. Namun Popbela merangkum ada 8 alasan krusial kenapa kamu jadi pribadi yang sulit berteman. Yuk, simak ulasannya di bawah ini supaya kamu juga bisa intropeksi diri.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Kamu  lebih senang hidup sendiri di tengah kebisingan pergaulan. Nah, kalau kamu punya karakter seperti ini, memang susah cari teman baru. Jangankan di lingkungan baru, di lingkungan lama pun kamu agak susah punya teman. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memahami tipe orang seperti ini. Perlu pendekatan sosial yang sedikit berbeda ketika menghadapi tipe introvert.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Berbeda dengan introvert, kalau tipe pemalu, bisa jadi kamu orang yang terbuka (extrovert), senang berteman, cuma ketika harus menghadapi lingkungan baru, kamu agak kesulitan bersosialisasi, karena kamu malu. Malu untuk memulai pembicaraan, malu untuk berkenalan, malu untuk bercerita tentang dirimu.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Di lingkungan sosial kita, budaya basa basi itu memang seringkali digunakan. Membicarakan sesuatu yang sebenarnya nggak penting-penting amat, itu bisa jadi awal seseorang diterima di lingkungan atau komunitas baru.

Kalau kamu tipe orang yang nggak bisa basa basi, bisa jadi kamu susah mendapatkan teman baru. Terkecuali, orang-orang di lingkungan kamu itu punya tipe yang sama dengan dirimu, nggak bisa basa basi juga.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Percaya nggak percaya orang yang suka humor, suka buat becandaan yang nggak garing, biasanya dengan mudah diterima di lingkungan baru. Kalau kamu bukan tipe yang suka bercanda, serius terus, orang lain akan kesulitan untuk mengakrabkan diri denganmu. Bisa jadi, mereka pun akan ketakutan karena mukamu serius terus. Cari teman baru itu butuh suasana yang santai, akrab, penuh senyum.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Nah, kalau yang satu ini, biasanya memang banyak orang yang malas untuk mendekat. Gimana mau dekat, kalau dikit-dikit emosi, dikit-dikit dibawa marah. Bukannya ngajak kenalan, malah mau mengajak berantem. Pokoknya, tipe orang yang emosinya nggak terkontrol, pasti susah dapat teman baru. Jadi kalau mau punya teman baru jangan gampang emosi ya, Bela.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Kadang ada orang yang tidak kaku, namun dia super minder sehingga malah jadi susah berteman. Mau melakukan apapun takut salah. Bahkan ingin menyapa orang saja juga takut menyakiti hati. Kalau sudah begini, sebenarnya kamu yang repot sendiri. Orang lain pun akan berjarak karena kamu yang terlalu tidak percaya diri.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Teman baru bisa ditemukan kalo kamu ikut kegiatan di mana banyak orang terlibat atau kumpul. Kamu harus secara aktif terlibat dengan kegiatan yang mengikutsertakan banyak orang. Seperti ikut klub olahraga, menjadi sukarelawan, ikut kursus, dan lain sebagainya. Kalau kamu kebanyakan diam di rumah kamu akan kesulitan mencari orang baru untuk dijadikan teman.

8 Alasan Kamu Termasuk Pribadi yang Sulit Berteman

Kamu mungkin nggak menyadari kalau karaktermu justru membuat orang menjauh. Hanya kamu yang ingin didengarkan, diperhatikan, dan didukung tapi kamu nggak melakukan hal yang sama buat orang lain. Bagaimana orang mau mendekat kalau merekalah yang harus mendukungmu terus menerus sementara mereka nggak dapatkan hal yang sama dari kamu. Berteman itu memberi dan menerima. Kalau kamu ada di posisi yang menerima terus menerus tak pernah memberi wajar kalo nggak ada yang mau jadi temanmu.

BACA JUGA: Sister Code, Ini 7 Etika Berteman yang Perlu Kamu Tahu​