Sudah jengah terus ditanya kapan akan menikah? Lelah dengan undangan pernikahan yang terus berdatangan? Kesal menunggu jodoh yang tak kunjung menampakkan wajahnya? 

Mungkin semua itu bukan lagi masalah kalau kita tahu ternyata pernikahan tidak selalu seindah unggahan orang-orang di Instagram. Tak jarang pula, mereka yang sudah menikah merindukan masa-masa saat masih melajang.

Jadi, selama kamu masih single, nikmati saja waktu kamu sekarang, karena beberapa hal ini akan kamu rindukan begitu kamu sudah menikah.

1. Tidak ada batasan jam pulang

6 Hal yang Akan Kamu Rindukan Setelah Menikah

Tidak ada orang yang menunggu kita dan tidak ada juga orang yang ingin segera kita temui setiap harinya di kost. Jadi kita bebas hang out sampai jam berapa pun dengan teman pasca jam kantor. 

Mau belanja dulu boleh, mau jalan-jalan dulu tidak masalah. Sama sekali tidak ada batasan jam pulang. Setelah menikah, jangan harap kita bisa pulang seenaknya karena sudah ada tanggung jawab lain di rumah.

2. Bisa malas-malasan kapan saja

6 Hal yang Akan Kamu Rindukan Setelah MenikahShutterstock/violetblue

Saat masih sendiri, kita bebas membuat tempat tinggal kotor dan berantakan. Kapan mau membersihkannya, kita sendiri yang akan memutuskan. Tidak akan ada orang lain yang merasa dirugikan dengan kemalasan kita. Jadi kita tidak merasa bersalah saat bermalas-malasan. 

Namun setelah menikah apa pun yang kita lakukan akan berdampak juga pada pasangan. Nggak bisa sembarangan lagi malas-malasan seperti saat masih lajang.

3. Bebas melakukan apa pun saat libur

6 Hal yang Akan Kamu Rindukan Setelah Menikahthefashionfraction.com

Usai menikah apalagi setelah punya anak maka liburan bukan lagi milik kita, tapi milik bersama. Ada orang lain yang membutuhkan perhatian kita setiap hari libur tiba. 

Kita pun memang ingin menghabiskan momen bersama dengan orang-orang tercinta, sehingga me-time  tidak lagi jadi prioritas. Bisa rebahan seharian saat libur akan jadi kejadian luar biasa.

4. Jalan-jalan sendirian

6 Hal yang Akan Kamu Rindukan Setelah Menikah

Semua yang serba sendirian akan jadi sesuatu yang langka setelah kita menikah, apalagi jalan-jalan. Hampir tidak mungkin kita bisa jalan-jalan apalagi jalan-jalan jauh, tanpa pasangan atau anak. 

Kalaupun jalan-jalan sendiri, pikiran kita sudah tidak akan setenang dulu karena ingat keluarga di rumah.

5. Berkumpul dengan teman

6 Hal yang Akan Kamu Rindukan Setelah Menikahpexels.com/rawpixel.com

Ketika satu per satu teman kita menikah maka acara kumpul-kumpul tidak akan bisa sesering dulu. Sangat jarang kita bisa berkumpul dengan jumlah personel yang lengkap. Pasti ada saja satu dua orang yang tidak bisa karena ada agenda lainnya.

Kalaupun bisa berkumpul terkadang harus membawa anaknya. Suasana dan keintimannya tentu jadi berbeda.

6. Deg-degan saat berdandan

6 Hal yang Akan Kamu Rindukan Setelah MenikahPopbela.com/Andre Wiredja

Waktu masih pacaran, saat akan nge-date tidak terhitung jumlah baju yang kita coba demi bisa tampil menarik. Berbagai macam warna lipstik pun dicoba demi penampilan paripurna. Tapi deg-degan tidak juga bisa hilang. 

Usai menikah rasa deg-degan tiap kali berdandan akan hilang dengan sendirinya. Kita justru akan lebih sering tampil apa adanya di depan pasangan.

Nah, mumpung masih lajang, 6 hal tadi harus benar-benar dinikmati sebelum kita merindukannya. Tapi meskipun rindu banyak hal bukan berarti menikah itu tidak membawa kebahagiaan, ya! Semua pilihan hidup membawa dampaknya sendiri-sendiri dan semua pilihan ada di tanganmu.

Baca Juga: Jangan Menikah Dulu Jika Kamu Belum Yakin pada 6 Hal Ini