Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang kita merasa iri dan cemburu pada orang lain. Entah itu karena prestasinya, kariernya, perjalanan asmaranya, dan lain-lain. Sering kali kita berharap dapat merasakan apa yang orang lain rasakan, terutama untuk hal-hal baik.

Sebenarnya, rasa iri dan cemburu adalah emosi yang muncul secara alami dan wajar. Perasaan ini pun dapat muncul pada siapa pun, termasuk sahabat kita sendiri. Sayangnya, rasa iri pada sahabat berpotensi merusak persahabatan jika tidak tahu cara mengatasinya.

Daripada membuat suasana menjadi aneh dan tidak nyaman, sebaiknya terapkan beberapa cara mengatasi rasa iri pada sahabat berikut ini. Cara-cara ini juga bisa membantu kita mengelola emosi, lho, Bela!

1. Menerima dan mengakui perasaan iri tersebut

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!Pexels.com/Anna Tarazevich

Ketika merasa iri pada sahabat, hal pertama yang harus kita lakukan adalah bersikap jujur pada diri sendiri. Cobalah untuk mulai menerima dan mengakui perasaan iri tersebut. Tak perlu, gengsi apalagi sampai menutup-nutupinya, ya, Bela.

Sebab, menyangkal fakta bahwa kita sedang merasa iri dan cemburu justru akan membuat perasaan tersebut bertambah buruk. Hal ini pun akan berdampak bagi diri sendiri serta persahabatan.

Dengan menerima dan mengakui perasaan iri yang dirasakan, maka kita bisa berlatih menenangkan diri sendiri. Perlahan-lahan, perasaan iri tersebut akan hilang tanpa harus mengorbankan hubungan antara kamu dan sahabat.

2. Belajar untuk lebih mengenali diri sendiri

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!instagram.com/steffizamoraaa

Selanjutnya, kamu juga harus mulai belajar untuk lebih mengenali diri sendiri. Cari tahu apa saja yang kamu suka, apa yang kamu inginkan, serta apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai impian tersebut.

Jika kamu sudah berhasil mengenal diri sendiri, termasuk kelebihan dan kekuranganmu, maka kamu akan menyadari bahwa dirimu juga berharga. Jadi, tak perlu merasa iri pada sahabat, sebab kamu dan dia sama-sama memiliki nilainya masing-masing.

3. Melakukan hal-hal yang disukai dan meningkatkan kualitas diri

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menyibukkan diri dan melakukan hal yang kamu sukai juga termasuk salah satu cara mengatasi rasa iri pada sahabat. Selain karena jadi tak ada waktu untuk memikirkan prestasi sahabatmu, kamu juga bisa meningkatkan kualitas dirimu sendiri.

Saat kamu sudah berhasil meningkatkan kualitas diri, setiap pencapaian yang didapatkan sahabatmu tak akan membuatmu iri lagi. Justru, kamu akan turut senang dan bahagia untuknya, tanpa harus merasa terganggu.

4. Bermeditasi untuk tenangkan pikiran dan hati

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!vogue.co.uk

Perasaan iri umumnya muncul saat pikiran lelah dan terus-menerus memikirkan hal buruk. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba bermeditasi guna menenangkan pikiran serta hatimu. Cara ini juga bisa jadi pelepas stres agar kamu bisa berpikir lebih jernih, terutama saat menyikapi prestasi orang lain.

Meditasi melibatkan kemampuan untuk diam dan menjernihkan beberapa pikiran dan hati. Selain itu, meditasi benar-benar memberikan ruang untuk memunculkan rasa belas kasih, termasuk untuk menghargai persahabatan.

5. Bicarakan secara jujur pada sahabat

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!pexels.com/Asad Photo Maldives

Sama seperti perasaan buruk lainnya, rasa iri dan cemburu juga tak boleh dipendam terlalu lama, lho, Bela! Sebab, memendamnya justru akan membuat perasaan tersebut bertambah buruk, hingga berdampak pada kesehatan tubuh dan pikiranmu.

Untuk mencegahnya, kamu bisa perlahan-lahan mencoba bicara secara jujur pada sahabat. Ungkapkan padanya apa yang membuat kamu merasa iri padanya. Dengan begitu, kalian berdua bisa menemukan solusi terbaik atas permasalahan tersebut.

Namun, ingatlah untuk berbicara secara hati-hati ya, Bela! Jangan sampai karena mau jujur, malah menyakiti perasaan sahabatmu sendiri atau membuat dia merasa bersalah.

6. Tingkatkan rasa menghargai persahabatan

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!Shutterstock/elwynn

Bila merasa iri ketika sahabat mendapatkan hal baik, bisa jadi kamu belum sepenuhnya menghargai persahabatan kalian, Bela. Untuk itu, mulailah tingkatkan rasa menghargai persahabatan, agar kamu bisa selalu bahagia saat dirinya bahagia, serta sedih saat dirinya merasa sedih.

Cobalah untuk mengingat berbagai kenangan indah yang telah kalian lalui bersama. Dengan begitu, kamu jadi menyadari bahwa sahabatmu berharga, dan kamu tidak ingin kehilangannya hanya karena merasa iri dan cemburu.

7. Hindari tindakan dan kebiasaan yang buruk dalam persahabatan

7 Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Sahabat, Jangan Sampai Bertengkar!Pexels.com/Ichad Windhiagiri

Ketika merasa iri dan cemburu pada sahabat, tak jarang kamu jadi sering melakukan tindakan buruk padanya. Misalnya, mengubah topik pembicaraan saat dia sedang bercerita tentang prestasinya. Nah, hal ini harus dihindari.

Bila kamu bertindak demikian, tentu sahabatmu akan merasa kecewa. Nantinya, suasana di antara kalian menjadi tidak nyaman hingga berujung pada retaknya persahabatan.

Jadi, daripada mengalihkan topik pembicaraan, cobalah untuk mendengarkan dengan seksama cerita dari sahabatmu, sambil jadikan kisah tersebut sebagai motivasi agar kamu bisa jadi lebih baik darinya.

Itulah dia beberapa cara mengatasi rasa iri pada sahabat yang wajib kamu terapkan, demi memastikan persahabatanmu tetap awet dan bertahan lama.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Lebih Memilih Sahabatnya Ketimbang Pacar

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman, Sadari Segera!

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Teman Sejati Menurut Agama Islam