Sakit Nggak Berdarah, Begini Cara Atasi Penolakan Menurut Para Ahli

Biar kamu nggak terus menerus merasa sedih..

Sakit Nggak Berdarah, Begini Cara Atasi Penolakan Menurut Para Ahli

Penolakan bisa terjadi pada semua orang dan pada siapa pun, sakit sih tapi nggak berdarah. Banyak cara orang meluapkan kekecewaan dari penolakan, bahkan ada yang sampai nggak bisa move on bertahun-tahun. Hal seperti ini dikhawatirkan dapat menggangu kesehatan mental kamu, lho!

Ada banyak alasan seseorang mengalami penolakan, namun perlu diketahui kalau penyebab penolakan biasanya nggak ada hubungannya dengan kamu, kok! 

So, jangan berkecil hati apalagi sampai menganggap dirimu nggak berguna, salah besar, ya, Bela. Dikutip dari Patrick Wanis, PhD, seorang ahli perilaku dan hubungan asmara di Los Angeles dan Miami, berikut cara mengatasi penolakan supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga, simak baik-baik, ya!

1. Ingat, ini bukan salahmu

Kemungkinan besar, semua penolakan atau putus cinta bukanlah kesalahan kamu, malah mungkin kamu nggak bersalah sama sekali. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang menolak cintamu, seperti mungkin dia punya masalah sendiri, mungkin dia belum siap untuk berkomitmen, dan masih banyak faktor lainnya.

Cobalah menentukan faktor apa yang menyebabkan penolakan. Para ahli merekomendasikan menulis jurnal atau memberikan pertanyaan pada diri sendiri untuk refleksi diri. Namun, berhentilah menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang ada di luar kendali kamu.

Satu hal yang penting adalah, cintai diri sendiri. Jangan menganggap dirimu hanyalah korban. Kamulah satu-satunya orang yang bisa menulis 'cerita' kamu sendiri.

2. Perhatikan beban yang diberikan oleh penolakan tersebut

Setiap orang tentu memiliki tingkat penerimaan patah hati yang berbeda. Kalau kamu orang yang sensitif, pernah mengalami depresi, atau pernah ditolak berkali-kali, mungkin kamu akan mendapat pukulan yang luar biasa. 

Ketika kamu mendapatkan penolakan, kamu mungkin langsung menyalahkan diri sendiri atau menganggap ada yang salah dengan dirimu. Jangan menambah beban diri dengan pikiran seperti itu.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here