Ulang tahun menjadi salah satu momen terindah dalam hidupmu. Hari dan tanggal itu adalah saat kamu terlahir ke dunia setelah 9 bulan berada dalam kandungan ibu. Karena itu, mayoritas orang-orang memperingatinya dengan mengadakan pesta untuk merayakannya, atau sekadar mensyukurinya dengan memanjatkan doa ulang tahun untuk diri sendiri.

Pada dasarnya, ucapan ulang tahun telah mengandung makna doa di dalamnya. Karena orang yang memberikan ucapan itu, turut mengharapkan kebaikan untuk dirimu di usia baru. Namun, ada beberapa doa khusus yang dapat kamu panjatkan pada Tuhan yang Maha Esa di hari ulang tahunmu. Apa saja?

Bacaan Doa ulang tahun untuk diri sendiri

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPixabay.com/Usman Zahoor

Ada beberapa bacaan doa ulang tahun yang dapat kamu panjatkan kepada Sang Pencipta.

1. Doa ulang tahun memohon panjang umur

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPixabay.com/Free-Photos

Faktanya seiring berjalannya waktu, usia turut berkurang jika dilihat dari kacamata agama. Karena masa hidupmu semakin berkurang ketika semakin tua. Banyak yang memanjatkan doa memohon usia yang panjang agar dapat menyaksikan berbagai momen kebahagiaan lainnya dalam hidupnya, sekaligus dapat hidup di dunia lebih lama bersama orang-orang tersayang. Ini doa memohon panjang umur yang dapat kamu bacakan di hari ulang tahun.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

Artinya: Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

2. Doa ulang tahun memohon keselamatan dan kesejahteraan

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPexels.com/Pixabay

Salah satu harapan yang selalu diucapkan ketika ulang tahun adalah keinginan untuk sejahtera. Baik dari segi harta, kesehatan, ilmu, dan sebagainya. Nggak lupa juga banyak yang memanjatkan doa untuk mendapatkan keselamatan hidup di dunia. Ini doa memohon keselamatan dan kesejahteraan:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa'aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan 'indal mauti wa maghfiratan ba'dal maut.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

3. Doa ulang tahun memohon kemuliaan

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPexels.com/Dan Prado

Mungkin kamu sedang berencana untuk menikah dan membangun keluarga? Di hari ulang tahunmu, panjatkan doa berikut ini untuk memohon kemuliaan dalam membangun rumah tangga.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a'yuni waj 'alnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya: "Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

4. Doa ulang tahun memohon rezeki yang halal

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPexels.com/Porapak Apichodilok

Memohon rezeki yang halal dan baik adalah salah satu doa yang sering dipanjatkan saat bertambahnya usia. Ada berbagai macam doa sejenis, namun ini yang dapat kamu bacakan saat ulang tahun:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa memohon anak yang saleh dan salehah

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPexels.com/Red Light Films

Jika baru saja berkeluarga dan memiliki anak, doa ulang tahun diri sendiri dapat berupa permohonan mendapatkan anak yang berbakti pada agama dan orangtua. Berikut doa yang dapat kamu panjatkan:

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i.

Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa."

Doa ulang tahun beserta harapan terbaik untuk pribadi

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPexels.com/Mostafa Sannad

Selain membaca doa di atas, kamu pun dapat memanjatkan doa yang berisikan keinginan dan harapan untuk diri sendiri. Doa ini kamu bacakan dengan merangkai kata permohonan pada Yang Maha Kuasa. Beberapa ini contoh doa ulang tahun berisikan harapan terbaik untuk diri sendiri:

Ya Allah, terima kasih atas karunia umur yang Engkau berikan kepadaku. Semoga umur ini dapat kumanfaatkan untuk berbakti di jalan-Mu, mengabdikan diri ke orang tuaku, dan aku berjanji akan menjadi lebih baik dari sebelumya, aamiin.

Ya Allah ya Tuhan Kami, terima kasih karena Engkau telah memberikan kesempatan usia baru untuk hamba. Bantulah aku untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitarku. Mudahkalah jalanku agar bisa menjadi hamba yang taat pada-Mu, aamiin.

Ya Allah, di ulang tahunku ini, aku memohon kepada-Mu, keberkahan atas umurku, kelapangan atas rizkiku, dan kemudahan dalam urusanku. Kabulkanlah doaku, doa tulus yang semoga Engkau dengarkan.

Ya Allah ya Tuhan kami, tidak terasa berkurang lagi usiaku di tahun ini. Semakin dekat hamba dengan kematian, namun rasanya masih kurang hamba beribadah dan bertakwa kepada-Mu. Ya Allah, tuntunlah hamba di jalan-Mu yang benar. Mudahkanlah jalan hamba untuk dapat menjadi hamba yang taat pada-Mu. Bantulah hamba menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kabulkanlah doa hamba, aamiin ya Rabbal'alamiin.

Alhamdulillah ya Allah, terima kasih karena Engkau masih memberikan usia untuk hamba. Di usia hamba ini, tolong tuntun hamba menjadi pribadi yang lebih baik, yang dapat mengabdi pada agamamu, berbakti pada orangtua, berguna untuk orang-orang di sekeliling. Berkahi hidup hamba dengan rezeki yang halal dan kesehatan. Mudahkanlah jalan hamba dalam mencapai cita-cita hamba. Serta, jauhkanlah hamba dari segala kejahatan yang membahayakan diri, aamiin ya Rabbal'alamiin.

Ucapan doa ulang tahun dengan motivasi untuk diri sendiri

Doa Ulang Tahun untuk Diri SendiriPexels.com/Rawpixel

Selain harapan, doa yang kamu rangkai sendiri dapat berisikan motivasi sehingga kamu bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Motivasi itu dapat berupa hal-hal spesifik, seperti mengejar cita-cita atau target yang kamu tetapkan untuk dirimu sendiri pada saat itu. Ini contoh doa ulang tahun dengan motivasi yang dapat kamu contek:

Selamat ulang tahun untuk diriku sendiri. Tak terasa waktu berjalan begitu cepat, namun aku masih berada di posisi ini saja. Saatnya memfokuskan diri untuk bisa menggapai lebih di usia baru ini.

Alhamdulillah, Tuhan memberikan kesempatan lainnya untukku dengan bertambahnya usiaku. Tandanya, aku harus memanfaatkannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kepada Tuhan dan orang-orang tersayang.

Bertambahnya usia menyadarkanku kalau kematian semakin dekat, dan aku belum bisa menjadi hamba yang Taat pada-Nya. Waktunya berhijrah menjadi lebih baik, menjalani dunia sesuai ajaran-Nya dan mempersiapkan diri untuk akhirat-Nya nanti.

Di usiaku yang semakin bertambah ini, semangatku juga semakin berkobar untuk menjadi seseorang yang lebih sempurna di mata Tuhan. Semoga keteguhan iman selalu menyertai di setiap langkah kehidupanku.

Tak terasa usiaku sudah 21 tahun, saatnya benar-benar fokus dan selalu semangat dalam meraih cita-cita untuk kehidupan yang sukses dunia akhirat. Amin.

Ulang tahun menjadi momen yang tepat untuk bersyukur dan memohon ampunan pada Yang Maha Esa. Kamu dapat merayakan hari kelahiranmu bersama keluarga dan teman, namun jangan lupa memanjatkan doa untuk memohon kehidupan yang lebih baik di usia baru. Semoga kamu dan kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 15 Ucapan Ulang Tahun untuk Suami yang Mesra