Semua orang tentu ingin sukses. Namun pertanyaannya terletak pada maksud dari kesuksesan itu sendiri. Apakah sukses berarti banyak uang? Apakah sukses berarti kekayaan? Memangnya apa yang ingin kamu lakukan dengan kekayaanmu? Nah, seringkali kita terjebak pikiran sendiri dan mengejar hal-hal yang bukan menjadi tujuan hidup kita. Kita mengira dengan punya uang banyak, kebahagiaan akan datang dan segala permasalahanmu bisa terselesaikan. Padahal hidup tak berjalan seperti itu, lho. Ada banyak sekali hal-hal yang tak bisa dibeli dengan uang. Jadi jangan harap hartamu bisa menyelesaikan seluruh persoalan hidupmu. Tapi apa saja sih, yang tidak bisa diselesaikan dengan uang dalam hidup ini? Yuk, simak enam bukti yang sudah Popbela rangkum untukmu di bawah ini. 

 

1. Besar pasak daripada tiang

Kekayaan Bukanlah Segalanya! Ini Buktinya Uang Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalahmulionsgatepublicity.com

Apakah selama ini kamu merasa uangmu selalu kurang? Coba pikirkan lagi, apakah gaya hidupmu sudah sesuai dengan pendapatanmu? Atau jangan-jangan selama ini kamu salah perhitungan dan menganggap kamu perlu ganti hp keluaran terbaru, menonton bioskop setiap minggu, dan hang out di tempat-tempat yang elit? Kalau ini sih, sebanyak apa pun uang yang kamu dapatkan nantinya tetap tidak akan cukup karena masalahnya ada pada dirimu, bukan uangmu. Berinvestasi dan bersikap realistis itu jauh lebih penting bagi masa depanmu daripada image dan pergaulanmu yang konsumtif saat ini. 

 

2. Mencari kebahagiaan

Kekayaan Bukanlah Segalanya! Ini Buktinya Uang Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalahmucinemum.net

Kita semua pasti pernah shopping atau makan enak di restoran untuk menghibur diri yang sedang banyak tekanan. Kalau sesekali sih, tak masalah. Namun jika dijadikan kebiasaan dan terus dilakukan demi mencari kebahagiaan, kamu hanya akan menghambur-hamburkan uangmu secara sia-sia. Selain masalahmu tidak akan selesai, kesenangan yang kamu rasakan juga sifatnya sementara. Kalau sedang ada beban, curhat saja pada orang-orang yang kamu percaya. Selain tak menghabiskan uang, kamu juga bisa mendapat pencerahan dan solusi yang tepat untuk masalahmu. 

 

3. Kesehatan

Kekayaan Bukanlah Segalanya! Ini Buktinya Uang Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalahmubostonherald.com

Penyakit itu datang tanpa pilih-pilih. Dia tak peduli ada berapa deret angka di tabunganmu. Memang sih kamu jadi bisa membayar perawatan kesehatan, tapi banyak penyakit yang akan tetap menggerogoti tubuh penderitanya seberapa pun biaya yang kamu keluarkan. Lagipula, hidup sehat itu justru tidak perlu mahal kok. Makan sayur masakan rumah dan air putih yang banyak saja sudah cukup. Tak perlu ikut-ikutan tren jus dengan harga selangit atau suplemen yang menjanjikan banyak hal kalau asupan nutrisimu sehari-hari sudah baik. 

 

4. Mencari jodoh

Kekayaan Bukanlah Segalanya! Ini Buktinya Uang Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalahmumovies.mxdwn.com

Ini dia yang perlu kamu perhatikan. Cari jodoh itu tak butuh uang banyak! Kalau kamu berpikir harus dandan cantik dan beli baju-baju chic supaya bisa dapat pacar, itu berarti calon pacarmu hanya akan tertarik pada penampilanmu saja. Lihat saja para selebriti kaya raya yang penampilannya sempurna dan flawless, banyak juga yang tak beruntung dalam percintaan, kan? Di samping itu, kalau kamu sudah punya pacar dan di tengah jalan kalian bertengkar hebat, bisakah uang mendamaikan kalian?

 

5. Tak akan ada habisnya

Kekayaan Bukanlah Segalanya! Ini Buktinya Uang Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalahmuvulture.com

Yang berbahaya dari uang adalah jumlahnya seakan tanpa batas. Maka, sekali kamu berusaha memakai uang untuk menyelesaikan masalahmu, kamu akan terus-terusan mengandalkan uang dan jumlah yang kamu keluarkan pun semakin tak terkendali. Misalnya, kamu bertengkar dengan sahabatmu. Lalu kamu berusaha baikan dan minta maaf dengan mentraktirnya makan di restoran mahal. Kamu jadi berpikir, "Ah, dia kutraktir saja sudah lebih baik suasana hatinya, jadi kalau kita marahan lagi tinggal kuajak makan lagi, deh". Bukannya menghindari sumber masalah, kamu justru terlena dan kalau berbuat salah lagi padanya yang lebih parah, kamu akan mentraktirnya ke tempat yang lebih mahal. Padahal persahabatan kalian tidak ada kemajuannya sama sekali. 

 

6. Mengejar pendidikan dan gelar

Kekayaan Bukanlah Segalanya! Ini Buktinya Uang Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalahmubuzz.blog.ajc.com

Mengejar pendidikan dan gelar jelas tidak salah, Bela. Tapi yang disayangkan adalah kalau kamu sampai memaksakan diri dan menghalalkan segala cara. Banyak orang yang menganggap kesuksesan di masa depan bisa dijamin kalau masuk perguruan tinggi atau sekolah ternama yang biasanya tak murah. Akibatnya, segala cara baik yang jujur maupun tidak ditempuh dengan mengeluarkan biaya yang besar. Padahal kalau pun nanti sudah diterima, belum tentu kamu akan bersemangat kuliah dan bisa memenuhi tuntutan tinggi universitas tersebut. Banyak juga orang yang bukan lulusan perguruan tinggi tapi sukses berkarier misalnya Steve Jobs, Lady Gaga, dan Walt Disney. 

 

Bagaimana, Bela? Masih berpikiran uang bisa jadi jawaban segala permasalahanmu? Ingatlah untuk selalu berpikir ulang, apa yang sebenarnya kamu inginkan dari hidup ini dan apakah yang kamu lakukan selama ini sudah membawamu lebih dekat pada tujuanmu? Sehingga kamu tak perlu lagi mencari uang sampai harus jatuh sakit atau kehilangan orang-orang terdekatmu. Kalau kamu satu pikiran dengan Popbela, yuk share tulisan ini!