Sebagai seorang perempuan kita sering kali merasa gengsi untuk mengungkapkan perasaan suka terlebih dulu, karena menurut banyak orang kodrat perempuan memang hanya menunggu. Tapi seiring berkembangnya zaman, rasanya sudah banyak perempuan yang lebih berani untuk mengungkapkan rasa suka pada calon pasangannya duluan.

Tentu tidak semua orang bisa melakukannya. Menunggu gebetan mengungkapkan perasaan masih menjadi pilihan yang diambil sebagian besar kaum perempuan. Nah, apakah kamu sedang menghadapi situasi serupa? Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh menyimpan rasa suka terlalu lama pada gebetan.

1. Gebetan bisa diambil orang lain

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menyimpan Rasa Suka Terlalu LamaFreepik.com/teksomolika

Alasan pertama sudah pasti karena gebetanmu bisa saja diambil orang lain. Bukan tidak mungkin hal itu terjadi, apalagi jika kamu menyukai seseorang yang cukup populer dikalangan lawan jenis. Mengungkapkan perasaan duluan setidaknya bisa membuatmu sedikit lega, karena dia tahu yang sesungguhnya.

2. Kamu merasa tersiksa karena memendam perasaan

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menyimpan Rasa Suka Terlalu LamaPexels.com/Bruce Mars

Memendam perasaan juga akan membuat kita tersiksa, bukan? Kita sering kali merasa cemburu atau sedih ketika melihat seseorang yang kita sukai begitu dekat dengan orang lain. Memendam rasa suka juga sangat melelahkan, oleh karena itu jika kamu berani mengungkapkannya lebih dulu, kamu bisa melepas sedikit beban di hatimu.

3. Bisa saja gebetanmu juga menyukaimu

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menyimpan Rasa Suka Terlalu LamaShutterstock/Antonio Guillem

Ketika kamu mengenalnya, bahkan menjadi dekat, tapi belum berani untuk mengungkapkan rasa suka, pasti kamu sering bertanya-tanya apakah dia juga memiliki perasaan yang sama. Hubungan kalian pun tetap terjebak di fase yang itu-itu saja, padahal bisa saja dia juga memendam rasa kepadamu.

4. Kamu setidaknya bisa cepat move on jika dia tidak menyukaimu

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menyimpan Rasa Suka Terlalu LamaHavilah Galaxy on Unsplash" target="_blank">unsp;ash/havilion

Jika dia menyukaimu juga tentu sangatlah membahagiakan, tapi jika yang terjadi justru sebaliknya maka ini juga bisa menjadi hal yang baik buatmu. Mengapa? Karena kamu tidak akan terjebak dengan ketidakpastian secara terus menerus. Kamu bisa move on dan mencari seseorang yang bisa menyayangimu setulus hati.

5. Kamu tidak berharap terus menerus

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menyimpan Rasa Suka Terlalu LamaUnsplash/Maria Teneva

Mencintai dalam diam tentu akan membawa harapan padamu. Kamu jadi berandai-andai apakah dia menyukaimu juga, apalagi jika dia bersikap baik dan memperlakukanmu dengan ‘spesial’. Perlu diingat, harapan juga dapat menjadi hal yang dapat membuatmu sakit nantinya, dan jika kamu tetap terjebak di situasi ini tentu tidak baik juga buatmu. Mengungkapkan perasaanmu bisa menjadi jalan keluar agar kamu tidak terus menerus berharap.

Itulah 5 alasan mengapa kamu tidak boleh menyimpan rasa suka terlalu lama pada gebetan. Mengumpulkan keberanian sebelum mengutarakan perasaan memang tidak mudah, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Semoga berhasil!

Baca Juga: Cinta dalam Diam, Ini 5 Alasan Seseorang Memilih Memendam Perasaannya

Baca Juga: 13 Kutipan Positif untuk Kamu yang Sedang Memendam Perasaan

Baca Juga: Apakah Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Benar-Benar Rasa Cinta?