Hubungan Persahabatanmu Berakhir? Coba 7 Tips Move On Ini

Proseslah rasa berdukamu saat berpisah dengan sahabat

Hubungan Persahabatanmu Berakhir? Coba 7 Tips Move On Ini

Berakhirnya suatu hubungan dengan orang-orang terdekat merupakan salah satu momen yang paling menyesakkan. Bukan hanya dalam relasi romantis, berakhirnya hubungan persahabatan juga merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dihadapi. Rasa sakit hati saat persahabatan berakhir bisa setara dengan rasa sakit hari ketika putus cinta, terlebih kita sering kali menempatkan sahabat sebagai sosok yang paling bisa dipercaya.

Setiap perpisahan akan menciptakan rasa duka. Di awal, mungkin kita akan menyangkal, namun akan ada satu titik di mana kita siap untuk move on dari hubungan persahabatan yang memang harus berakhir. Untukmu yang hubungan persahabatannya berakhir, Popbela sudah rangkum 7 tips move on berikut ini melansir Lifehack. Simak sampai selesai, ya.

1. Ingatkan dirimu akan selalu ada orang yang datang dan pergi karena suatu alasan

Hubungan Persahabatanmu Berakhir? Coba 7 Tips Move On Ini

Hidup itu bukanlah sebuah garis linier. Kamu mungkin bertemu seseorang dan hubunganmu berjalan dengan baik, tapi bukan berarti kamu akan bersama mereka selamanya. Terkadang, mereka datang ke dalam hidupmu karena suatu alasan, dan pergi ketika telah mengambil sebuah pelajaran.

Saat kamu tumbuh dewasa, kamu akan paham bahwa kamu nggak harus berteman baik dengan semua orang yang pernah kamu temui dalam hidupmu. Walaupun rasanya sulit, namun dengan memahami bahwa akan selalu ada orang yang datang dan pergi, termasuk dengan sosok sahabat, kamu akan lebih mudah untuk move on dari rasa sakit akibat perpisahan tersebut. 

2. Pelajari dan pahami proses berduka

Memahami dan mempelajari proses berduka bisa sangat membantumu move on dari hubungan persahabatan yang telah usai. Rasakan kesedihan yang ada di dalam dirimu dan pahami setiap kemarahan yang tercipta dari perpisahan tersebut. Setiap perasaan yang kamu terima dan validasi akan membantumu untuk melepaskan emosi negatif yang terkurung di dalam diri.

Ingatlah bahwa berduka juga bukan sebuah proses linier. Hal yang sangat wajar jika saat ini kamu sudah menyadari bahwa nggak akan ada lagi kontak dengan sahabatmu, namun lima bulan kemudian, kamu kembali merasakan duka mendalam atas perpisahan yang kamu alami. Selain itu, jangan pernah pula memaksakan diri untuk segera sembuh dan bahagia, serta menunjukkan wajah yang baik-baik saja di depan orang lain.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here