Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ciri-Ciri Kepribadian ISTJ, Si Introvert yang Bisa Diandalkan

Logis dan berprinsip

SEO Intern Popbela

Tes kepribadian sempat menjadi topik hangat dan banyak dilakukan banyak orang. Salah satu tes kepribadian yang paling banyak diikuti adalah tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). 

Dari 16 tipe kepribadian, ISTJ menjadi jenis kepribadian yang banyak ditemui. Bahkan, populasinya ada sebanyak 11-14% di dunia. Oleh karena itu, tidak heran orang dengan tipe kepribadian ISTJ banyak ditemui. 

Ada 8 ciri-ciri yang bisa menandai orang dengan tipe tersebut. Ingin tahu lebih lengkap mengenai ISTJ kepribadian dan ciri-cirinya seperti apa? Berikut penjelasannya.

Apa itu ISTJ?

freepik.com/benzoix

Dalam 16 pembagian tipe kepribadian MBTI, ISTJ menjadi kepribadian yang keempat. ISTJ merupakan singkatan dari introverted, sensing, thinking, judging. Biasanya mereka dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan praktis. 

Hidup tertib dan teratur menjadi motto kehidupannya. Mereka juga dikenal sebagai seseorang yang setia dan berpegang teguh pada janji pada diri mereka sendiri maupun orang lain. 

Berikut 8 ciri khas yang bisa ditemui dari seorang ISTJ.

1. Seorang pribadi yang jujur dan to the point

freepik.com/cookie_studio

Orang dengan tipe kepribadian ISTJ bukanlah tipe yang bisa memanipulasi emosional seseorang dengan suatu kebohongan atau mengelabui orang lain.

Mereka cenderung mengatakan sesuatu sesuai dengan fakta yang sebenarnya dan apa adanya. Oleh karena itu, mereka juga dikenali sebagai orang yang blak-blakan.

Dengan berkata jujur dan langsung, mereka percaya bisa berkomunikasi lebih efektif dan efisien. Mereka meyakini bahwa berbohong bertentangan dengan realita yang ada. ISTJ juga mengedepankan prinsip kejujuran dalam berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain.

2. Dikenal memiliki karakter yang setia

freepik.com

ISTJ kepribadian yang memiliki kesetiaan. Orang dengan tipe introvert lebih menyukai  menghabiskan waktu sendirian atau berkumpul dengan orang-orang terdekat yang mereka sayangi. Hal itu karena ISTJ menganggap setiap hubungan sangat berharga dan ingin dijaganya selama mungkin.

Mereka menunjukkan sikap tersebut dengan kesetiaan yang mereka janjikan. Komitmen tersebut banyak ditunjukkan dari caranya memberikan dukungan, baik melalui kata-kata atau kehadiran mereka yang ada di segala situasi.

Tak heran jika orang yang berhubungan dengan ISTJ cenderung memiliki hubungan yang lebih lama.

3. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

freepik.com

Mempunyai tanggung jawab yang tinggi, menjadikan ISTJ dikenal sebagai orang yang dapat diandalkan dan dipercaya. Tanggung jawab yang ditanggung dianggap sebagai janji yang harus dipenuhi. 

Sebagai seorang teman maupun pasangan, ISTJ akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi janjinya kepada orang lain. Maka dari itulah mereka memiliki loyalitas yang cukup tinggi.

Mereka juga lebih menyukai mendapatkan hasil yang baik dengan usaha ekstra daripada harus menghadapi kegagalan karena tidak bisa menjalankan kewajibannya.

4. Cenderung bergerak sesuai dengan aturan yang ada

freepik.com/pressfoto

Dalam kesehariannya, orang dengan tipe ISTJ kepribadian sangat konsisten berpegang teguh pada pedoman yang ada. Kebiasaannya pun mudah dikenali sebagai seseorang yang patuh pada aturan. Mereka memiliki minat untuk terus mengikuti aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan.

Hidup aman dan stabil merupakan tujuan mereka menaati aturan. Hal tersebut juga diterapkan pada setiap hubungan yang mereka jalani.

Agar setiap hubungan bisa terjalin dengan waktu yang aman, ISTJ menciptakan rasa aman dan kestabilan dengan berpaku pada aturan yang tetap menjaga batasan-batasan norma yang ada.

5. Condong berpikir realistis dan praktis

pexels.com/JuliaMCameron

Sebagai orang yang memiliki kepribadian dengan tipe thinking, selalu menilai sesuatu berdasarkan logika menjadi ciri khas tipe ini. ISTJ sangat suka melihat dan mencari fakta dan data yang konkret melalui penjelasan yang rasional. 

Mereka tidak suka sesuatu yang dibuat-buat tanpa ada penjelasan yang bisa dinalar. Oleh karena itu, mereka kurang bisa dekat bahkan akrab dengan orang yang manipulatif yang sering mengutarakan kebohongan.

Memilih sesuatu yang memiliki daya guna dan praktis juga lebih penting bagi ISTJ. Mereka sangat suka akan sesuatu yang bisa dengan mudah diaplikasikan secara langsung. Karena inilah, orang dengan jenis kepribadian tersebut kurang menyukai berdiskusi dengan topik yang terlalu teoretis.

6. Berfokus pada masa kini

freepik.com/pressfoto

Sebagai seorang introvert, ISTJ kepribadian dan kecenderungannya melihat pada masa sekarang. Mereka berusaha untuk membuat keadaan sekarang bisa lebih baik.

Mencari banyak informasi mengenai lingkungan dan orang sekitar mereka merupakan salah satu cara untuk memahami situasi sekarang.

Orang dengan kepribadian itu tidak menjadikan masa lalu sebagai suatu penyesalan, tetapi menjadikannya pengalaman untuk menciptakan harapan di masa kini dan masa depan.

7. Perencana yang bisa diandalkan

freepik.com/Lifestylememory

ISTJ juga terkenal dengan julukan perencana yang andal. Seorang ISTJ kepribadian dan kegemarannya ada pada sesuatu yang teratur dan terencana dengan baik. Mereka cenderung merencanakan sesuatu dengan hati-hati dengan memperhatikan detail. 

Misalnya, saat berlibur dengan tipe ISTJ, mereka akan lebih dahulu menyusun berbagai rencana dari destinasi, akomodasi, biaya, hingga baju yang akan ia kenakan. Dengan begitu, mereka akan jauh lebih tenang dan menikmati liburan tersebut.

Bagi ISTJ, menjadi terorganisir dan teratur jauh lebih penting daripada bertindak spontan. Mereka yakin dengan bertindak sesuai rencana, akan bisa jauh lebih menikmati waktu sendiri maupun bersama orang lain.

8. Bisa menjadi pemimpin yang berprinsip

freepik.com/Lifestylememory

Dikarenakan ISTJ melakukan kegiatan dengan konsisten, mereka memiliki nilai-nilai atau prinsip yang harus dijalankan dalam hidupnya. Peran pemimpin cocok diisi oleh orang-orang dengan tipe kepribadian ISTJ. 

Mereka akan mengarahkan orang lain atau kelompok ke arah yang lebih baik sesuai dengan prinsip yang ia percayai. Selain berpegang teguh pada nilai-nilai tersebut, ISTJ kepribadian juga menghargai pendapat serta jalan yang diyakini orang lain. Oleh sebab itu, mereka kerap dipercaya untuk mengambil peran sebagai pemimpin.

Dari paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa ISTJ kepribadian sangat konsisten dan bisa diandalkan. Setelah melihat ciri-cirinya, apakah kamu termasuk seorang ISTJ, Bela?

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Single