Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Cowok Memilih Komitmen daripada Pacaran

Terlanjur baper!

Raden Putri

Hubungan asmara tidak selalu tentang berpacaran dan memiliki status. Pasalnya, saat ini banyak orang, termasuk para cowok, yang lebih memilih untuk menjalin komitmen daripada berpacaran. Lantas, apa sebenarnya alasan cowok memilih komitmen daripada pacaran?

Komitmen sendiri memiliki arti sebagai sebuah perjanjian atau tanggung jawab untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang menghubungkan komitmen dengan status hubungan atau pacaran. Meski begitu, meresmikan sebuah hubungan dengan status adalah pilihan semua orang yang tidak bisa dipaksakan.

Banyak hal yang bisa melatarbelakangi pilihan dan referensi seseorang dalam menjalani hubungan. Begitu pun tentang menjaga komitmen, meski tanpa ada status berpacaran. Mulai dari prinsip yang dipegang, tidak memiliki waktu untuk berpacaran, hingga agar bisa tetap bebas melakukan banyak hal tanpa ada larangan dari pasangan.

Lantas, apa saja alasan cowok memilih komitmen daripada pacaran? Penasaran? Keep on reading, Bela!

1. Berprinsip tidak ingin pacaran

Pexels.com/Vera Arsic

Alasan cowok memilih komitmen daripada pacaran yang pertama adalah karena memiliki prinsip untuk tidak berpacaran. Baik itu karena prinsip keyakinan pada agama yang dianut, atau karena hal lain yang tidak bisa diungkapkan.

Apabila kamu menemui laki-laki yang memegang prinsip ini, maka bisa berarti dia sedang menjaga dirinya dari hal-hal yang merugikan. Namun, apa pun alasannya, cobalah untuk mengerti. Jika kamu penasaran dengan alasannya, tanyakan secara langsung agar tidak ada kesalahpahaman.

2. Punya pengalaman buruk tentang pacaran

Pexels.com/Timur Weber

Punya pengalaman di masa lalu yang buruk tentang pacaran, dapat membuat seseorang lebih memilih untuk berkomitmen daripada menjalin berhubungan. Pasalnya, pengalaman tersebut mungkin meninggalkan rasa sakit yang sulit untuk dilupakan. Bahkan, tak sedikit yang sampai mengalami trauma yang mendalam.

Jika sudah seperti itu, akan sulit untuk memulai sebuah hubungan asmara yang baru. Oleh karena itu, berkomitmen dapat menjadi pilihan agar pengalaman buruk tidak terulang kembali.

3. Nyaman dan terbawa perasaan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kenyamanan adalah salah satu hal penting dalam hubungan. Saat seseorang sudah merasa nyaman dengan lawan jenisnya, hal tersebut tentu akan dipertahankan sebisa mungkin. Sekalipun tidak ada status hubungan dan kejelasan, rasa nyaman bagi sebagian orang sudah lebih dari cukup.

Selain itu, rasa nyaman juga umumnya timbul karena terbawa perasaan akibat mendapat perhatian lebih dari seseorang. Oleh karena itu, selama hubungan tersebut berjalan lancar, status mungkin tidak begitu diperlukan. Hal yang paling penting adalah komitmen satu sama lain untuk berhubungan dengan baik.

4. Nggak ada waktu untuk pacaran

Pexels.com/Gustavo Fring

Alasan cowok memilih komitmen daripada pacaran yang selanjutnya adalah karena tidak memiliki waktu untuk berpacaran. Bagi beberapa orang yang mulai beranjak dewasa, mereka umumnya akan lebih fokus untuk menata masa depan. Hal inilah yang kemudian membuatnya tidak memiliki waktu untuk sekadar berpacaran. Pasalnya, mereka sibuk mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Terlebih, bagi orang yang sudah bekerja atau menjadi tulang punggung keluarga.

5. Nggak mau mempermainkan hubungan

Pexels.com/Trung Nguyen

Bagi sebagian remaja, hubungan dan status berpacaran mungkin menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Itu adalah masa-masa di mana seseorang bisa menjalin kisah asmara tanpa memiliki pemikiran yang serius tentang masa depan.

Tetapi bagi beberapa orang, hubungan adalah tanggung jawab pada pasangan masing-masing. Oleh karena itu, komitmen sering kali menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin mempermainkan hubungan, namun ingin memiliki seseorang yang spesial.

6. Fokus pada tujuan pernikahan

Pexels.com/Снежана

Berpacaran tidak selalu menjamin akan melangkah ke jenjang pernikahan. Tidak memiliki status hubungan juga bukan berarti seseorang akan sulit untuk menikah. Pasalnya, berpacaran tidak menjadi hal yang penting pada sebagian orang yang fokus mencari pasangan untuk menikah. Mereka akan lebih memilih untuk berkomitmen sambil mempersiapkan diri menuju pelaminan.

7. Ingin tetap bebas

Pexels.com/Matheus Bertelli

Alasan cowok memilih komitmen daripada pacaran selanjutnya adalah karena ingin tetap bebas tanpa terkekang. Meski kerap dianggap sebagai alasan yang klasik, tetapi hal ini tidak selalu menjadi alasan yang dibuat buat.

Beberapa orang sangat mencintai kebebasan, sehingga sulit untuk menjalin sebuah hubungan yang serius. Jadi, daripada mereka merasa tidak nyaman menjalin hubungan tersebut dan berakhir menyakiti pasangannya, akan lebih baik untuk berkomitmen terlebih dahulu. Meski begitu, akan ada waktu di mana mereka berani mengambil keputusan untuk menjalin hubungan yang lebih mendalam.

Nah, itu dia beberapa alasan cowok memilih komitmen daripada pacaran. Semoga bermanfaat, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single