Laki-laki selama ini disebut sebagai jenis kelamin yang paling takut berkomitmen. Untuk meluluhkan hati perempuan memang tidak mudah, tetapi meluluhkan hati para kaum ada sehingga mereka mau berkomitmen terhadap satu pasangan, susahnya bukan main.

Padahal, menurut studi terbaru Singles In America dari orang-orang di Match Group, ditemukan fakta bahwa 63% milenial ingin menemukan cinta romantis dan 70% Gen Z termotivasi untuk menemukan pendamping jangka panjang.

Lalu, mengapa laki-laki sulit berkomitmen?

5 Cara Luluhkan Hati Laki-Laki dan Membuatnya Mau Berkomitmen freepik.com/ benevolente8

Menurut pelatih hubungan Clayton Olson, sebuah komitmen bagi banyak laki-laki terlihat seperti memecahkan kunci kombinasi. Jika angkanya nggak sesuai, maka hatinya nggak akan terbuka.

Saat itulah dia akan memberikan beberapa alasan sederhana yang membuat perempuan frustrasi, seperti, "Aku harus fokus pada karier", "Aku butuh ruang" atau "Aku belum siap untuk suatu hubungan". Ini sebenarnya bukan kebohongan karena dia sebenarnya percaya "angka" untuk membuka kode komitmennya tidak sesuai dengan yang dia butuhkan.

Jadi, setelah kamu tahu bahwa komitmen bukan semacam alergi bagi laki-laki, yang harus dilakukan sekarang adalah mempelajari cara memecahkan kode komitmennya. Meskipun itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi bukan suatu hal yang mustahil.

Berikut ini adalah 5 cara untuk meluluhkan hati laki-laki dan membuatnya mau berkomitmen, menurut Clayton.

1. Hargai dan hormati dia sebagai laki-laki

5 Cara Luluhkan Hati Laki-Laki dan Membuatnya Mau Berkomitmen Unsplash.com/Taisilia Stupak

Rasa menghargai dan menghormati adalah dasar dari setiap hubungan yang bertahan lama. Keduanya dapat membantu menyalakan kembali hubungan lama setelah api cinta dan nafsu padam.

Jadi, cari tahu mengapa kamu menghormati laki-laki yang menjadi pasanganmu. Mengapa kamu bangga padanya? Bagaimana kamu bisa membuatnya merasa baik tentang dirinya? Lalu, jangan lupa untuk mengatakan semua hal tersebut padanya. Jangan hanya bilang “aku cinta kamu”, tetapi katakan juga mengapa kamu mencintainya.

Cara lain untuk mengungkapkan rasa menghargai dan menghormati adalah dengan meminta maaf ketika melakukan kesalahan atau mengatakan sesuatu yang salah. Ketika dia menyadari kalau kamu menghormati karakternya, dia akan membiarkan kamu masuk lebih dalam dan memperlihatkan bagian lain dari dirinya.

2. Ciptakan tempat yang aman untuknya

5 Cara Luluhkan Hati Laki-Laki dan Membuatnya Mau Berkomitmen David Gomes/Pexels

Seorang laki-laki perlu merasa aman secara emosional dan merasa bebas untuk menjadi dirinya sendiri saat bersamamu. Ini terjadi jika kamu menaruh kepercayaan padanya. Kemudian, dia akan merasa bisa mempercayaimu dan membiarkan dirinya menjadi rentan di hadapanmu.

Namun, agar ini terjadi maka pihak perempuan harus memulainya terlebih dahulu. Keberanian perempuan untuk membuka dan menurunkan kewaspadaannya, dapat membuat laki-laki melakukan hal yang sama.

Jadi bagaimana caranya? Biarkan pasangan tahu kalau kamu nggak akan menghakimi, selalu mendukung, menerima, dan mendorong dirinya, serta membelanya ketika orang lain mengatakan hal-hal buruk tentangnya.

3. Beri tantangan untuk dirinya

5 Cara Luluhkan Hati Laki-Laki dan Membuatnya Mau Berkomitmen Andrik Langfield/Unsplash

Inti dari setiap manusia adalah tantangan dan laki-laki tumbuh melalui tantangan. Ini adalah jalan yang ditempuh kaum adam untuk mencapai kesuksesan, yang pada akhirnya membuat mereka merasa dihormati.

Sesekali bersikap menantang pada pasangan dengan berani membela prinsip dan nilai yang kamu pegang.  Ini mungkin mengharuskan kamu untuk melakukan konfrontasi dengannya saat kamu merasa pasangan berutang permintaan maaf pada dirimu, misalnya. 

Ketika kamu bisa menghadapinya, laki-laki akan menganggap hal itu sangat menarik. Bahkan jika reaksi pertamanya adalah kemarahan, fakta bahwa kamu dapat melawannya akan mengubah cara pandangnya terhadap dirimu. Hal ini akan menantangnya untuk menjadi laki-laki yang lebih baik.

4. Bersikaplah seperti seorang perempuan

5 Cara Luluhkan Hati Laki-Laki dan Membuatnya Mau Berkomitmen Pexels.com/Mental Health America (MHA)

Tidak ada yang salah menjadi seorang perempuan mandiri yang bisa melakukan semuanya sendiri. Namun, laki-laki juga senang memiliki pasangan yang bersikap seperti seorang perempuan pada umumnya dan bisa mengandalkannya sebagai pasangan.

Tak apa sesekali kamu bersikap manja, meminta perhatian lebih dari pasangan, atau bahkan ngambek karena dia pulang telat saat kamu sedang benar-benar merindukannya.

Ketika kamu memperlihatkan sifat feminin alami yang dimiliki, kamu menciptakan ruang baginya untuk berkata, "Ada sesuatu tentang dirinya sebagai seorang perempuan yang saya sukai."

5. Mendorong dan mendukung tujuannya

5 Cara Luluhkan Hati Laki-Laki dan Membuatnya Mau Berkomitmen unsplash.com/Candice Picard

Sama seperti tantangan, laki-laki yang baik juga harus memiliki tujuan hidup. Entah itu menjadi suami terbaik yang pernah ada atau memiliki posisi tertinggi karirnya. Apa pun itu, dorong dan dukung tujuannya.

Untuk memenangkan dan meluluhkan hati laki-laki, berdirilah di hadapannya saat orang lain memandang rendah atau mencoba menurunkan harga dirinya. Ini karena jalan menuju hati seorang pria adalah dengan mendukung apa yang diinginkan hatinya.

Cinta butuh perjuangan. Jadi, meskipun ini mungkin tidak mudah untuk dilakukan, tetapi demi meluluhkan hati laki-laki yang kamu cintai dan mendapatkan komitmen darinya, tidak ada salahnya Bela mencoba semua cara ini, ya.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Selalu Jatuh Cinta dengan Tipe Laki-Laki yang Sama 

Baca Juga: 10 Cara Membuat Laki-laki Cemburu dan Takut Kehilanganmu

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Laki-laki Cuek Setelah Putus