Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Suka Pamer

Nggak perlu emosi, Bela.

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bela, apakah kamu memiliki teman yang suka pamer? Entah bagaimana pencapaianmu selama ini, tetapi temanmu seolah nggak mau kalah. Tentu saja, sikap seperti ini membuatmu muak. Di saat kamu memberi apresiasi diri tentang hal kecil yang kamu lakukan, dan dia selalu memamerkan hal yang lebih.

Sebesar apa pun kamu menyayanginya, teman yang berperilaku seperti ini akan membuatmu makan hati. Lantas, bagaimana cara cerdas menghadapi teman yang suka pamer? Yuk, ikuti tipsnya di bawah ini!

1. Potong pembicaraan

Pexels.com/cottonbro studio

Kalau kamu benar-benar muak dan nggak mau mendengarnya lagi, sesekali bersikap lebih keras nggak ada salahnya, kok. Saat dia mulai membicarakannya, langsung saja interupsi. Biarkan saja kalau memang dia jengkel! Kamu bisa menceritakan hal konyol lainnya daripada harus mendengar dia membual tentang kehebatannya.

2. Menguap

Pexels.com/Karolina Grabowska

Terdengar aneh, tetapi menguap bisa menjadi cara cerdas menghadapi teman yang suka pamer, lho. Ketika dia sedang membual dan kamu menguap lebar, dia akan menyadari bahwa dirinya membosankan. Kemudian, katakan maaf dengan selipan kata-kata lucu kalau kamu tidur larut semalam. 

3. Beri afirmasi

Pexels.com/CoWomen

Beri afirmasi kepada teman yang pamer? Ya, karena sebenarnya mereka sangat membutuhkan itu. Kebanyakan orang yang suka pamer adalah mereka yang memiliki harga diri yang rendah. Maka dari itu, lindungi harga diri mereka dengan sedikit bualan dalam bentuk kalimat afirmasi. Misalnya kamu bisa mengatakan, "Ini sangat bagus untukmu," dan lainnya.

4. Jangan beri perhatian

Pexels.com/Tim Douglas

Kalau terlalu malas untuk memberi afirmasi, cara termudahnya adalah mengabaikan. Dalam suatu lingkup, kamu bisa menjadi pasif di antara teman-teman yang suka pamer. Jangan terlibat dan jangan beri perhatian, biarkan saja dia memenuhi egonya sendiri. Sebab, itulah yang dia miliki.

5. Hadapi dan dengarkan saja

Pexels.com/Fauxels

Karena kita berada dalam lingkungan luar, tentu saja kita harus paham bahwa sifat manusia itu beragam, sekalipun kamu nggak menyukainya. Semua bergantung padamu, kalau kamu tetap ingin berteman dengannya, kamu harus menerima hal tersebut. Kalau kamu nggak bisa, tinggalkan dia.

Itulah beberapa cara cerdas menghadapi teman yang suka pamer. Wajib dicoba!

IDN Media Channels

Latest from Single