Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sering Menangis Tanpa Sebab? Ini Kemungkinan 6 Alasannya

Salah satunya karena depresi

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Emosi bisa muncul secara acak tanpa alasan yang jelas, sehingga bisa membuat kamu bingung, terkejut, atau bahkan frustrasi. Sebenarnya, situasi ini adalah pengalaman yang normal. Namun, air mata selalu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah, baik kita menyadarinya atau tidak. 

Berbagai perasaan yang menyebar seperti stres, kecemasan, depresi, atau kelelahan, sehingga otak terkadang cenderung untuk menekan dan mengabaikannya. Hal ini dapat menetap di alam bawah sadar, dan menumpuk hingga menghabiskan terlalu banyak ruang dan energi.

Melalui artikel ini, Popbela akan membahas penyebab seseorang menangis tanpa sebab. Yuk, simak ulasannya

1. Stres atau kewalahan

Pexels.com/Liza Summer

Stres adalah bagian umum dari kehidupan, dan sering diabaikan demi produktivitas atau karena terlalu berat untuk dihadapi. Namun kalau diabaikan, justru akan semakin menumpuk bahkan berpotensi menjadi penyakit.

Jika stres selalu berkembang, kamu mungkin nggak menyadari betapa besar tekanannya. Menangis adalah salah satu cara melepaskan stres. Jadi kalau kamu menangis tanpa sebab, mungkin yang kamu rasakan sudah sulit ditangani oleh tubuh dan pikiranmu. Artinya, kapasitas mental dan emosional kamu telah di ambang batas.

2. Depresi

Pexels.com/Alvin Caal

Membahas tentang depresi memang aspek yang luas, hal ini bisa menyebabkan kamu menangis tanpa sebab yang jelas. Depresi sering kali datang secara perlahan, sehingga mungkin saja kamu nggak menyadarinya.

Depresi dapat menyebabkan seseorang merasa hampa, putus asa, lelah, dan sedih terus-menerus. Gejala ini muncul bisa salah satunya saja atau bersamaan, sampai pada akhirnya kamu menangis di waktu tertentu.

3. Kelelahan

Pexels.com/Ron Lach

Banyak orang yang merasa lelah dari waktu ke waktu, baik karena kurang tidur, terlalu banyak bekerja, atau alasan lainnya. Pada dasarnya tubuh perlu istirahat, kalau kurang tidur maka dapat menyebabkan rasa mudah tersinggung, frustrasi, marah, atau sedih. Semua emosi itulah yang menguras air mata kita.

4. Kecemasan

Pexels.com/Karolina Grabowska

Kecemasan dapat memicu suatu perasaan takut akan malapetaka, bahaya, kekhawatiran, atau gugup yang berlebihan. Penyebab inilah dapat membuatmu menangis tanpa alasan. Jika kecemasan itu menyebabkan kamu sering menangis, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mungkin kesulitan mengatasi perasaanmu sendiri dan membutuhkan bantuan segera.

5. Duka dan kehilangan

Pexels.com/cottonbro studio

Duka tentu saja merupakan perasaan yang mengerikan dan tragis yang sering membuat kita menangis. Meskipun hal ini bisa menjadi alasan yang jelas, namun perasaan kehilangan juga bisa menyebabkan menangis tanpa sebab yang jelas.

Perasaan duka adalah proses non-linier bagi setiap orang. Ada dari mereka yang memproses kesedihan itu, namun ada pula yang terus meratapinya. Kesedihan itu seperti guncangan yang mungkin sulit dikontrol.

6. Premenstrual Syndrome (PMS)

Pexels.com/Sora Shimazaki

Bagi kebanyakan perempuan, premenstrual syndrome (PMS) adalah penyebab umum mereka menangis tiba-tiba. Menstruasi membuatmu merasa kembung, lelah, dan hampir selalu menimbulkan rasa sakit bagi sebagian orang. Di saat yang sama, hormon seperti estrogen dan progesteron dapat membuat suasana hati berubah drastis.

Artinya, PMS dapat membuat seseorang mengalami perubahan suasana hati, sehingga mereka sering menangis.

Jika tangisan ini jarang terjadi, mungkin itu hanyalah pelepasan emosi. Melampiaskan emosi adalah hal yang wajar, dan menangis sebenarnya bisa menjadi metode untuk menenangkan diri. Namun jika ini berlarut-larut, sebaiknya temui bantuan profesional.

IDN Media Channels

Latest from Single