Apakah kamu pernah bermimpi Bela? Mimpi dianggap pula sebagai bunga tidur yang setiap orang pernah mengalaminya. Jika melihat pendapat para ahli, mimpi adalah kejadian yang biasa dialami manusia sebagai cerminan dari pengalaman dunia nyata. Karena itulah, beberapa mimpi seakan mirip dengan pengalaman yang pernah terjadi secara langsung.

Banyak orang dibuat penasaran saat terbangun dari mimpi, terlebih jika mimpi menangis sedih, Bela. Mimpi menangis sering dikaitkan dengan pertanda buruk, kesialan, atau hal-hal negatif lainnya. Nah, ternyata mimpi seperti ini jika dijelaskan dari sisi psikologi dapat menunjukkan kondisi emosional diri kamu akhir-akhir ini, lho!

Lantas, bagaimana arti mimpi menangis dari pandangan psikologi? Apakah pertanda buruk atau baik? Bisa simak dalam artikel berikut, ya, Bela! 

1. Meronta-ronta dalam tangis

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Jika kamu sedang mimpi menangis sejadi-jadinya, menurut psikologi merupakan gambaran bahwa diri kamu sedang tertekan oleh masalah serta persoalan hidup di dunia nyata. Sebenarnya mimpi menangis bisa memberi pesan kepada dirimu agar tidak meratapi nasib. Cobalah memiliki prinsip “Setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya”.

2. Menangis karena patah hati

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Dari pandangan psikologi, patah hati menjadi hal lumrah apalagi saat seseorang menginjak usia remaja-dewasa. Maka jika kamu mimpi menangis karena patah hati, mimpi tersebut hanyalah cerminan dari kehidupan dunia nyata yang mungkin pernah atau sedang dialami. Mimpi ini mengandung pesan penting agar kamu tidak larut dalam kesedihan cinta, cobalah berubah dan fokuslah pada tujuan besarmu di masa depan, ya!

3. Mimpi melihat tangisan orang lain

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Arti mimpi menangis berikutnya adalah ketika melihat orang lain menangis. Mimpi tersebut mengartikan bahwa kamu sedang coba merasakan tangis yang dialami orang lain. Entah teman, sahabat, saudara, atau orang terdekat. Dari sisi baiknya, mimpi ini menunjukkan kalau diri kamu memiliki rasa peduli yang cukup besar kepada orang lain.

Atau kemungkinan lain, menggambarkan pula adanya seseorang yang sedang membutuhkan bantuan darimu karena sedang dalam kesulitan atau masalah besar.

4. Bermimpi menangis bahagia

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Mimpi ini menunjukkan makna kalau kamu akan memperoleh sebuah kebahagiaan besar yang belum pernah dialami sebelumnya. Bisa jadi harapan besarmu suatu hari nanti dapat tercapai dan memberikan kebahagiaan besar. Jadi berusahalah dari sekarang dan jangan mudah putus asa.

5. Menangis karena perbuatan seseorang

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Arti mimpi menangis yang satu ini menunjukkan sebuah kebencian terhadap seseorang yang kamu kenal. Kebencian tersebut berarti kamu menganggap orang tersebut pembawa masalah serta keburukan. Maka lebih tenang, agar menjauh dari orang-orang yang kamu benci. 

6. Melihat anak kecil menangis

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Mimpi bermakna terdapat masalah kecil yang akan menghampiri hidupmu, Bela. Masalah tersebut mungkin terkesan sepele, namun kamu harus segera menyelesaikannya. Ingat! Masalah kecil jika tidak ditangani dengan baik bisa membesar dan merepotkan diri sendiri.

7. Mimpi menangis karena ketakutan

7 Arti Mimpi Menangis dari Pandangan PsikologiPexels.com

Arti mimpi menangis karena rasa takut, menurut psikolog berasal dari halusinasi yang biasanya menggambarkan emosi dunia nyata. Intinya, mimpi menangis karena ketakutan menjelaskan rasa takut yang kamu alami sesungguhnya, Bela. 

Itulah, pandangan dari psikologi tentang arti mimpi menangis. Pernahkah mimpi menangis karena hal lainnya? Bisa tulis pengalaman mimpimu lewat kolom komentar, ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Mandi, Tanda Berkah Atau Musibah? 

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Buang Air Besar yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Inilah 7 Arti Mimpi Bertemu Orang Meninggal Menurut Primbon Jawa