Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Sejarah Hari Persahabatan dan Cara Merayakannya

Sebagai upaya perdamaian dan jembatan antar komunitas

Natasha Cecilia Anandita

Persahabatan merupakan sebuah ikatan atau keadaan antara dua orang atau lebih yang di dalamnya terdapat kasih sayang, keintiman, kepercayaan, dan saling menghargai. Persahabatan adalah hubungan yang penting sepanjang rentang hidup seseorang.

Sahabat menjadi seseorang yang selalu ada di sisimu selain keluargamu. Jika ada Hari Ayah dan Hari Ibu, ada juga, lho, Hari Persahabatan. Ini merupakan sebuah hari yang khusus memperingati hubungan persahabatan kalian dan bisa diisi dengan kegiatan menarik untuk mempererat hubungan kalian. 

Lantas bagaimana sejarah Hari Persahabatan muncul? Berikut beberapa fakta menarik tentang Hari Persahabatan beserta beberapa ucapannya. 

1. Tanggal perayaan Hari Persahabatan di berbagai negara

pexels.com/anna-shvets

Hari Persahabatan Internasional dan di Indonesia diperingati pada tanggal 30 Juli sesuai dengan putusan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2011 lalu. Hari Persahabatan Internasional diperingati sebagai bentuk ungkapan kasih sayang dan dukungan kepada sahabat-sahabat yang sudah menemani saat susah dan senang.

Sebelum ditetapkan pada tanggal 30 Juli, awalnya perayaan ini dilakukan pada tanggal 2 Agustus di Paraguay pada tahun 1958 atas usulan Joyce Hall. Lalu perayaannya pindah ke tanggal 7 Agustus karena desinkronisasi di Amerika Serikat.

Setiap negara juga memiliki Hari Persahabatan Nasional sendiri. Di Ekuador, Meksiko, Venezuela, Finlandia, Estonia, dan Republik Dominika, Hari Persahabatan dirayakan pada tanggal 14 Februari.

Di Afrika Selatan, perayaannya jatuh pada 16 April, sementara di Singapura, perayaan diadakan pada minggu ketiga bulan April. Berbeda dengan Ukraina, negara ini merayakan hari tersebut pada tanggal 9 Juni.

Di Ekuador dan Venezuela, perayaan diadakan pada 14 Juli. Di Pakistan, acara ini dirayakan pada tanggal 19 Juli setiap tahunnya. Di Bolivia, Hari Persahabatan dirayakan pada tanggal 23 Juli.

Di Argentina, Brasil, Spanyol dan Uruguay, Hari Persahabatan atau Hari Teman dirayakan pada tanggal 20 Juli. Di India, Hari Persahabatan dirayakan pada hari Minggu pertama di bulan Agustus. 

2. Sejarah Hari Persahabatan, diusulkan Paraguay

pexels.com/elina-fairytale

Hari Persahabatan pertama kali diusulkan di Paraguay pada tahun 1958 oleh Joyce Hall. Hari tersebut menjadi hari libur di Paraguay. Dicetuskan di tanggal 2 Agustus, perayan ini sempat dipindah tanggal karena desinkronisasi di Amerika Serikat.

Untuk menghormati Hari Persahabatan, pada tahun 1998, Nane Annan menunjuk Winnie the Pooh sebagai Duta Persahabatan Dunia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ide Hari Persahabatan Sedunia pertama kali diusulkan pada tanggal 20 Juli 1958 oleh Dr. Ramon Artemio Bracho saat makan malam dengan teman-temannya di Puerto Pinasco, Paraguay.

Selama pertemuan tersebut, lahirlah Perang Salib Persahabatan Dunia. Ini adalah yayasan yang mempromosikan persahabatan dan persekutuan di antara semua manusia, tanpa memandang ras, warna kulit, atau agama.

Sejak itu, 30 Juli diperingati dengan meriah sebagai Hari Persahabatan di Paraguay setiap tahun dan juga diadopsi oleh beberapa negara lain. Baru pada tahun 2011, PBB meresmikan tanggal 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional.

3. Hari Persahabatan sebagai upaya perdamaian

pexels.com/kampus-production

Mengutip laman PBB, penetapan Hari Persahabatan dilandasi dengan gagasan bahwa persahabatan antar bangsa, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas.

Resolusi ini menekankan pada pelibatan kaum muda dalam membuat kegiatan masyarakat yang mencakup budaya yang berbeda serta mempromosikan pemahaman internasional dan rasa hormat terhadap keragaman.

Untuk menandai Hari Persahabatan Internasional, PBB mendorong pemerintah, organisasi internasional dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara, kegiatan dan inisiatif yang dapat mempromosikan dialog antar peradaban, solidaritas, saling pengertian, dan rekonsiliasi.

Hari Persahabatan Internasional adalah inisiatif yang mengikuti proposal yang dibuat oleh UNESCO. Di dalam proposal tersebut ada "Budaya Damai" yang didefinisikan sebagai seperangkat nilai, sikap, dan perilaku yang menolak kekerasan dan berusaha untuk mencegah konflik dengan mengatasi akar penyebabnya dengan maksud untuk memecahkan masalah.

4. Cara merayakan Hari Persahabatan

pexels.com/min-an

Ada banyak cara merayakan Hari Persahabatan dengan sahabat-sahabatmu. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk merayakannya, termasuk:

  1. Mengirim kartu ucapan
  2. Menghadiri perayaan dengan komunitas 
  3. Wisata kuliner atau mencoba makanan yang belum pernah dicoba maupun favoritmu
  4. Berkunjung ke tempat bermain
  5. Pergi belanja bareng dan saling memberi kado
  6. Pergi ke tempat favorit kalian atau yang ada di wishlist
  7. Mencoba kelas kursus baru, seperti memasak, menari, pilates, dan lainnya
  8. Nonton bareng di bioskop atau di rumah
  9. Karaoke lagu-lagu kesukaan atau jaman dulu yang mengingatkan momen kebersamaan
  10. Melakukan perawatan tubuh seperti spa, creambath, pedicure, dan manicure

5. Ucapan tentang Hari Persahabatan

pexels.com/darina-belonogova

Memberikan ucapan kepada sahabatmu di Hari Persahabatan merupakan salah satu bentuk mengekspresikan perasaan kamu kepadanya. Berikut beberapa ucapan Hari Persahabatan yang bisa kamu kirimkan padanya:

Ucapan Hari Persahabatan penuh makna:

1. "Kamu adalah hadiah terindah dari Tuhan. Aku harap kita tetap berteman baik selama sisa hidup kita. Selamat Hari Persahabatan!"

2. "Kekayaan materi pun tak akan berarti saat aku memiliki teman sepertimu. Kamu adalah teman paling indah yang pernah aku harapkan dan miliki."

3. "Selamat Hari Persahabatan! Terima kasih karena kamu selalu bisa aku andalkan kapan pun aku membutuhkan dukungan dan bimbingan." 

4. "Hidupku jadi lebih berarti karna ada kamu di sisiku. Selamat Hari Persahabatan untuk sahabat terbaikku."

5. "Selamat Hari Persahabatan! Ayo kita menua bersama dan membuat banyak momen bahagia bersama. Aku akan selalu ada di sisimu."

6. "Aku merasa beruntung dan bersyukur bisa berteman denganmu yang sudah seperti saudara sendiri. Kamu adalah orang yang selalu ada untukku kapan pun aku membutuhkanmu. Selamat Hari Persahabatan!"

7. "Banyak hal telah berubah selama bertahun-tahun, tetapi beruntungnya aku karena kamu masih menjadi temanku yang luar biasa dan penuh perhatian sama seperti dulu. Aku sangat bersyukur memiliki sahabat sepertimu. Selamat Hari Persahabatan!"

8. "Bagiku, kalian semua adalah malaikat dalam wujud sahabat. Beruntungnya hidupku memiliki kalian semua sebagai sahabatku."

9. "Banyak sekali hal yang kita lewati bersama semenjak pertama kali saling mengenal, ada suka dan duka tetapi itulah beruntungnya aku memiliki kalian. Selamat Hari Persahabatan Sedunia yaa!"

10. "Terima kasih telah menerima diriku apa adanya, terima kasih telah mencintaiku dengan sepenuh hati, terima kasih telah memukulku saat aku mulai melenceng, terima kasih karena tak meninggalkan aku sendiri. Aku sayang kalian, sahabat-sahabatku!"

Persahabatan penting untuk dijalin dan dipertahankan. Jangan lupa merayakan Hari Persahabatan dengan temanmu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Single