Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Arti Bunga Krisan, Bermakna Kebahagiaan dan Kesetiaan

Setiap daerah dan warna punya arti berbeda, lho!

Natasha Cecilia Anandita

Bunga krisan bisa menambahkan keindahan dalam sebuah rangkaian bunga. Ini juga melambangkan kebahagiaan. Krisan pertama kali dibudidayakan di Tiongkok berabad-abad yang lalu. Bunga krisan biasanya digunakan sebagai obat herbal.

Bunga krisan juga melambangkan banyak hal. Ini bisa tergantung dari daerah mana dan berdasarkan warnanya. Berikut beberapa arti bunga krisan yang merangkum dalam berbagai sumber. 

1. Arti bunga krisan di Asia

freepik.com

Di Asia, bunga krisan melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali. Para biksu Buddha percaya bahwa bunga krisan mengandung energi yang menambah kecerahan dan keaktifan pada sebuah rumah.

Dalam budaya Tiongkok, bunga krisan melambangkan umur panjang dan keberuntungan. Oleh karena itu, orang sering membawa bunga ini ke acara seperti baby shower dan perayaan ulang tahun.

Di Jepang, bunga krisan melambangkan kesempurnaan dan matahari. Namun, bunga krisan putih dikaitkan dengan kematian, dan orang biasanya menggunakannya sebagai bunga pemakaman serta hiasan kuburan.

2. Arti bunga krisan di Eropa

pexels.com/chris-f

Di Eropa, bunga yang juga disebut seruni ini memiliki arti rasa simpati. Di Belgia dan negara-negara Eropa Barat lainnya seperti Perancis dan Austria, krisan melambangkan kematian dan duka daripada kehidupan. Mereka biasanya digunakan sebagai bunga pemakaman dan peringatan.

Orang-orang Inggris memandang bunga krisan sebagai simbol kebahagiaan dan umur panjang. Selama Era Victoria, orang Eropa memandang krisan sebagai simbol keberuntungan dan persahabatan.

3. Arti bunga krisan di Amerika

pexels.com

Di benua Amerika, bunga dengan banyak warna ini melambangkan rasa hormat dan kehormatan. Ini juga melambangkan persahabatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan.  Bunga krisan sering dikaitkan dengan datangnya musim gugur karena merupakan salah satu bunga musim gugur yang paling populer.

4. Arti bunga krisan secara umum

pexels.com/mike-greer

Bunga krisan umumnya melambangkan umur panjang, kesetiaan, kegembiraan dan optimisme. Mekar di musim gugur, bunga krisan melambangkan kegembiraan dan keindahan meskipun musim dingin akan datang. 

5. Arti bunga krisan merah

unsplash.com/nadiia-ploshchenko

Bunga krisan merah melambangkan cinta dan gairah yang mendalam. Nah, bunga ini cocok untuk diberikan kepada pasanganmu, khususnya pada hari Valentine sebagai alternatif bunga mawar. 

6. Arti bunga krisan putih

pexels.com/antonio-friedemann

Bunya krisan putih punya beragam arti, tergantung di mana keberadaannya. Di beberapa tempat seperti Eropa Barat dan Jepang, bunga krisan putih diperuntukkan bagi peristiwa duka yang mengartikan sebuah simpati dan peringatan.

Ini karena warna putih sering kali menyampaikan perasaan belasungkawa. Selain itu, bunga putih juga berhubungan dengan kepolosan, kemurnian, kejujuran, kesucian, spiritualitas dan kesetiaan.

7. Arti bunga krisan merah muda

freepik.com

Bunga krisan berwarna merah muda ini juga dikaitkan dengan persahabatan dan kasih sayang. Di Jepang, bunga ini mempunyai simbolisme khusus karena melambangkan keluarga Kekaisaran.

8. Arti bunga krisan oranye

pexels.com/brad-cox

Simbolisme krisan oranye merupakan perpaduan dari simbol krisan merah dan kuning. Bunga warna ini dikaitkan dengan kegembiraan, kebahagiaan, dan perasaan baik lainnya. Ini mencerminkan semangat yang tinggi dan energi positif.

9. Arti bunga krisan kuning

unsplash.com/jason-sung

Krisan kuning sering kali melambangkan kebahagiaan, kegembiraan, dan perayaan. Jika kamu mencari bunga yang bisa menaikkan mood atau mencerahkan hari seseorang, kamu bisa memberikannya bunga krisan kuning. Namun, ada juga yang mengartikan bunga krisan kuning sebagai lambang cinta atau kesedihan yang terabaikan. Ini bisa berarti cinta yang bertepuk sebelah tangan. 

10. Arti bunga krisan hijau

saga.co.uk

Bunga yang satu ini punya arti yang tidak biasa dan jarang ditemui. Bunga krisan hijau melambangkan kelahiran kembali, kesehatan yang baik, dan umur panjang. Bunga ini sering kali menjadi pilihan untuk diberikan saat menjenguk orang yang sakit. 

11. Arti bunga krisan ungu

pexels.com

Bunga krisan ungu juga sulit untuk ditemukan, tapi bunga ini punya penampilan yang amat indah. Bunga krisan ungu sendiri melambangkan perhatian dan kepedulian. Krisan ungu juga memiliki arti untuk menyampaikan ucapan selamat kepada penerimanya. 

Bunga tersebut juga melambangkan keinginan untuk sembuh, sehingga cocok dibawa saat menjenguk seseorang yang sakit. Beberapa arti bunga krisan ungu, termasuk melambangkan pemikiran yang dalam dan bentuk kepedulian, keanggunan, kekuatan, dan keberanian. 

Apakah kamu juga penggemar bunga krisan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single