Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Pelajaran Kehidupan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Hidup Sendiri

Kamu juga bisa lebih fokus pada dirimu sendiri, lho, Bela!

Felia Putri Dewinta

Dalam hidup ini pasti akan ada masa di mana kamu diharuskan untuk mandiri. Entah karena pergi menuntut ilmu, mengejar karier, ataupun hal-hal lain yang membuatmu terpaksa hidup sendiri. Terpisah dari keluarga dan orang-orang terdekat memang tidak mudah, apalagi jika belum terbiasa. Alhasil, kamu jadi sering merasa sedih dan kesepian.

Namun ternyata, hidup sendiri dan jauh dari orang-orang tersayang tak selamanya buruk lho, Bela! Bahkan, fakta menunjukkan bahwa ada banyak pelajaran kehidupan yang bisa kamu dapatkan saat hidup sendiri. Pelajaran kehidupan inilah yang nantinya akan membentuk dirimu menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Kira-kira, apa saja pelajaran kehidupan dari hidup sendiri yang mungkin akan kamu rasakan? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri

Unsplash.com/Daria Litvinova

Sudah bukan rahasia lagi bahwa hidup sendiri memberimu kesempatan untuk lebih mengenal dirimu sendiri. Jika sebelumnya kamu merasa kesulitan mengetahui kepribadianmu, serta selalu mengandalkan penilaian dari keluarga atau teman, maka dengan hidup sendiri perlahan-lahan kamu bisa lebih mengerti tentang dirimu sendiri.

Apakah kamu seorang yang pemalu, pemberani, suka bersosialisasi, suka merenung dan berpikir, suka keramaian maupun suka kesunyian, semua akan terlihat ketika kamu hidup sendiri. Sebab, kamu tak bisa lagi selalu bergantung pada orang lain. Jadi, perlahan-lahan kamu belajar untuk menghadapi kehidupan sesuai jalan yang kamu inginkan.

2. Belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain

pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi kebanyakkan orang, hidup sendiri adalah kesempatan emas yang akan melatih dirimu jadi mandiri. Diawali dengan langkah kecil seperti mengurus keperluan dan kebutuhan pribadi, hingga langkah besar seperti mengambil keputusan penting, semua bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain.

Meski awalnya terasa sulit, perlahan-lahan kamu akan bisa mengurus dirimu dengan baik. Bahkan mungkin suatu hari nanti kamu merasa tidak tenang apabila ada orang lain yang mengatur hidupmu. Inilah alasannya mengapa belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain menjadi salah satu pelajaran kehidupan dari hidup sendiri.

3. Latihan untuk berbicara lebih jujur dan terbuka

freepik.com/ kroshka__nastya

Jika kamu hidup sendiri dan merasa kesepian, sebaiknya hilangkan pemikiran tersebut karena hanya akan membuatmu sedih. Sebaliknya, manfaatkan rasa sepi tersebut sebagai caramu untuk berkembang, terutama untuk urusan komunikasi dan bersosialisasi.

Saat kamu hidup sendiri, tak ada salahnya untuk beberapa kali berbicara sendiri dan ungkapkan isi hati serta pikiran dengan bebas. Kamu bisa bergumam, menggerutu, memuji hingga marah pada dirimu sendiri, asalkan semua itu diungkapkan dengan jujur dan terbuka.

Nah, dari kebiasaan tersebut, perlahan-lahan dirimu akan terlatih menjadi sosok manusia yang mampu berbicara dengan jujur dan terbuka di depan orang lain. Jadi, kamu tak perlu selalu menutupi isi hati serta memendam isi pikiranmu lagi deh, Bela!

4. Jadi bos untuk diri sendiri dan pegang kendali atas hidupmu

Pexels.com/Melvin Vito

Tak bisa dipungkiri bahwa hidup sendirian akan memberi kehidupan yang bebas, alias tak ada yang mengatur. Apa pun yang kamu lakukan di rumah adalah tanggung jawab dan hak bagi dirimu sendiri. Dengan kata lain, kamu adalah bos untuk dirimu sendiri. Lambat laun, hal ini juga bisa jadi manfaat dan pelajaran kehidupan yang berguna.

Menjadi bos untuk diri sendiri artinya kamu memegang kendali penuh atas hidupmu. Tidak ada orang lain yang berhak untuk mengatur bagaimana kamu bertindak, selama masih dalam batas wajar, maka semua sah-sah saja. Kamu tidak perlu memikirkan pendapat orang lain sebelum melakukan sesuatu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menjadi seseorang yang pintar mengambil keputusan.

5. Menjaga kesehatan dan membangun kemampuan bertahan hidup

creativemarket.com

Selanjutnya, hidup sendiri akan mengajarkanmu cara menjaga kesehatan hingga membentuk kemampuan bertahan hidup. Hal ini terjadi lewat langkah-langkah sederhana saja lho, Bela!

Contohnya, memikirkan menu makanan setiap hari, menyimpan stok makanan, memasak hingga memenuhi gizi serta nutrisi tubuh. Seluruh kegiatan tersebut biasanya dipenuhi oleh orang tua, namun setelah hidup sendiri maka semua itu menjadi tanggung jawab kamu sehari-hari.

6. Gaya hidup yang lebih seimbang dan teratur

Pexels.com/Tatiana Syrikova

Hidup sendirian ternyata juga mampu menyeimbangkan gaya hidup yang kamu jalani. Tepatnya, gaya hidup antara aktivitas sosialmu di luar sana dengan dirimu yang sendirian di rumah. Setelah disibukkan dengan hiruk pikuk dan keramaian di luar, sering kali kamu membutuhkan waktu untuk menikmati kesendirian.

Cara ini bisa kamu manfaatkan sebagai langkah awal memiliki gaya hidup yang seimbang dan teratur. Nantinya, keseimbangan ini akan memicu kreativitas dan produktivitas yang lebih baik lagi dalam hidupmu.

IDN Media Channels

Latest from Single