Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Film tentang Cinta Pertama yang Sulit Dilupakan

Bernostalgia kisah cinta di masa sekolah

Anatasia Anjani

Cinta pertama memang selalu membawa kenangan manis yang sulit dilupakan. Terkadang, saat kita mengingatnya bisa membuat senyum-senyum sendiri. Namun, cinta pertama tidak selalu berakhir manis dan sukses meninggalkan memori yang paling berkesan.

Baru-baru ini, Film Korea 20th Century Girl yang tayang pada 21 Oktober 2022 lalu ramai diperbincangkan warganet karena kisahnya yang cukup manis dan menyedihkan. Pada awalnya, penonton dibuat berbahagia karena kisah manis Bo Ra dan Won Ho, namun akhirnya penonton dibuat menangis karena ending-nya.

Nah, bagi kamu yang suka menonton film tentang romansa klasik cinta pertama yang sulit dilupakan, yuk, intip daftarnya berikut ini!

1. A Little Thing Called Love (2010)

Pinterest

Siapa, sih, yang nggak tahu film ini? Film Thailand klasik A Little Thing Called Love ini sukses mencuri perhatian publik pada saat tahun rilisnya. Film ini bercerita tentang Nam (Baifern Pimchanok Luevisadpaibul) yang naksir kakak kelas tampan bernama P'Shone (Mario Maurer).

Demi cinta pertamanya, Nam rela mengubah dirinya, mulai dari penampilan sampai rajin belajar. Melihat perubahan penampilannya, P’Shone juga luluh hati dan menyukai Nam.

Sayangnya, ketika Nam mengakui cintanya pada pujaan hati, P’Shone telah memiliki kekasih. Mendengar itu, Nam patah hati dan memutuskan diri belajar di luar negeri.

Kisah cinta mereka yang tarik ulur ini, sukses membuat penonton geregetan. Kamu pasti  bisa merasakan benih-benih asmara keduanya, namun juga ikut kesal ketika P’Shone menolak Nam.

2. Our Times (2015)

Pinterest

Mirip-mirip dengan Crazy Little Thing Called Love, film asal Taiwan, Our Times, juga menceritakan kisah yang serupa. Mengisahkan Lin Zhen Xin, seorang pekerja kantoran biasa yang baru putus dengan kekasihnya. Saat itu, ia tak sengaja mendengarkan lagu lama dari Andy Lau. Zhen Xin lalu teringat akan kisah cinta pertamanya saat SMA.

Film ini berjenis flashback, ketika SMA, Zhen Xin (Vivian Sung) menerima surat berantai yang mengharuskan dirinya mengirimkan surat itu kembali untuk seseorang. Ia lalu mengirimkannya kepada gangster di sekolahnya bernama Tsu Tai Yu (Darren Wang). Dari situlah, kisah kocak mereka dimulai.

Dijamin, kalau kamu menonton ini, pasti akan tertawa karena tingkah tokoh utamanya yang humoris. Tenang saja, film ini tidak mengandung bawang, kok!

3. Dilan 1990 (2018)

IMDB

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Pidi Baiq ini sukses banget pada saat masa penayangannya. Dilan 1990 bercerita tentang seorang murid pindahan bernama Milea (Vanessa Priscilla) yang bersekolah di salah satu SMA di Bandung. Di sana ia bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) yang menggodanya.

Awalnya, Milea merasa risi ketika Dilan terus mendekatinya. Namun lama-lama, Milea berhasil luluh karena gombalan-gombalan Dilan. Romansa mereka yang penuh lika-liku pun dimulai.

Penonton akan dibuat gemas dengan gombalan jadul Dilan yang manis dan penuh perhatian untuk Milea. Sedangkan, Milea pasti mengingatkan kita akan manisnya cinta pertama yang sulit dilupakan.

4. Flipped (2010)

IMDB

Ingat kutipan, 'she fell first and he fell harder'? Nah itu kutipan yang pas untuk menggambarkan film Flipped. Lucunya, film ini mengisahkan tentang anak-anak yang sedang jatuh cinta, nih! Flipped bercerita tentang Juli (Madeline Carroll) yang bertemu dengan Bryce (Callan McAuliffe), mereka berdua tinggal bertetangga.

Juli yakin bahwa Bryce adalah cinta senjatinya. Setelah enam tahun mencoba berbagai cara untuk mendekati Bryce, ia akhirnya pun menyerah. Namun di saat itu, Bryce akhirnya menyadari bertapa besar cintanya Juli untuknya. Bagaimana, ya, kira-kira akhirnya?

5. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

IMDB

Cinta (Dian Sastro) adalah siswi populer di sekolahnya. Ia juga memiliki geng pertemanan yang solid, mereka beranggotakan Alya (Ladya Cheryl), Milly (Sissy Prescillia), Karmen (Adinia Wirasti), dan Maura (Titi Kamal).

Dikenal sebagai siswi yang berprestasi, Cinta yakin akan memenangkan lomba puisi. Namun sayangnya, lomba itu dimenangkan oleh Rangga (Nicholas Saputra). Karena Cinta merupakan pengurus mading sekolah, ia harus mewawancari Rangga yang dingin dan cukup misterius. Romansa keduanya pun dimulai karena intensnya pertemuan.

Setelah keduanya berkencan, Cinta bersedih karena Rangga harus pindah ke Amerika Serikat. Perpisahan Cinta dan Rangga di bandara menjadi adegan yang ikonik sepanjang masa. Saking larisnya, Ada Apa dengan Cinta? sampai dibuat sekuelnya, lho! Penantian penonton selama 14 tahun akhirnya terbayarkan dengan kisah cinta Rangga dan Cinta yang bersatu kembali.

6. Architecture 101 (2014)

Han Cinema

Film yang bittersweet asal Korea Selatan ini cukup memorable, lho! Mengisahkan Seung Min (Lee Jee Hoon), seorang mahasiswa arsitektur yang bertemu dengan cinta pertama bernama Seo Yeon (Suzy). Di jumpa pertamanya itu, Seung Min pun langsung menyukai Seo Yeon.

Mereka berdua berhasil menjalani romansa masa kuliah yang indah dikenang. Bertahun-tahun berlalu, Seung Min kembali bertemu dengan Seo Yeon. Seo Yeon meminta Seung Min untuk merombak ulang rumah peninggalan ayahnya. Kira-kira, apakah cinta mereka dapat bersemi kembali, ya, Bela?

7. On Your Wedding Day (2018)

Netflix

On Your Wedding Day menceritakan Hwang Woo Yeon (Kim Young Wang) yang bertemu murid baru bernama Hwang Seung Hee (Park Bo Young). Keduanya lantas menjadi sahabat dekat. Pada awalnya memang Young Wang yang menyukai Seung Hee, namun Seung Hee belum membalas perasaannya.

Seung Hee akhirnya tertarik pada Woo Yeon karena mau membantunya menjadi pacar bohongannya di sekolah. Keduanya menjadi dekat dan sering menghabiskan waktu berdua. Mereka akhirnya menjalin romansa yang cukup lama.

Sayangnya, Seung Hee akhirnya terpaksa pindah ke kota lain akibat masalah keluarga yang menderanya. Kemudian Woo Yeon menemukan Seung Hee yang berkuliah di Universitas Hankook. Sayangnya, Seung Hee telah memiliki pacar.

Dari film ini, penonton diajak untuk merasakan romansa Woo Yeon dan Seung Hee yang naik turun selama 10 tahun. Kira-kira apakah mereka dapat bersatu, Bela?

8. 20th Century Girl

Instagram/ netflixkr

Berlatarkan tahun 1999, 20th Century Girl mengisahkan tentang cinta pertama dan persahabatan. Film ini berfokus pada kisah Bo Ra (Kim Yo Jung) yang memiliki kepribadian ceria dan jago taekwondo. Ia memiliki sahabat bernama Yeon Doo (Roh Yoon Seo), keduanya kawan karib sejak usia anak-anak.

Yeon Doo bercerita kepada Bo Ra bahwa ia menyukai seorang murid di sekolahnya bernama Hyun Jin (Park Jung Woo). Bo Ra pun mencari tahu semua tentang Hyun Jin sampai ia mendaftar klub penyiaran demi Hyun Jin.

Hyun Jin mempunyai sahabat dekat bernama Woon Ho (Byeon Woo Seok). Karena berada di satu ektrakurikuler yang sama dengan Bo Ra, ia menaruh rasa pada Bo Ra.

Ternyata hal yang mengejutkannya, laki-laki yang disukai Yeon Do adalah Woon Ho, bukan Hyun Jin. Kira-kira bagaimana, ya, kelanjutannya? Yuk, ditonton, Bela!

Itulah beberapa rekomendasi film tentang cinta pertama yang sulit dilupakan. Film apa yang menjadi favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single