Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengungkapkan Sayang untuk Ayah, Nggak Perlu Barang Mewah!

Bisa kamu lakukan kapanpun

Adinda Tasya Mutiara

Ayah merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam kehidupan lantaran rela berjuang dan bekerja keras untuk memenuhi segala kebutuhan keluarganya. Alhasil, banyak anak yang mengagumi sosok pahlawan nyata tersebut.

Meskipun dalam aktivitas sehari-hari ayah dikenal sebagai lelaki yang terkesan kaku dan tegas, namun ternyata ayah mempunyai kasih sayang besar kepada anaknya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sebagai seorang anak sesekali mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang kepada ayah. 

Kali ini, Popbela telah merangkum beberapa cara mengungkapkan sayang untuk ayah. Tidak perlu mengandalkan materi, mulai dari waktu berharga hingga ucapan terima kasih yang tulus sudah cukup, lho. Yuk, simak infonya di bawah ini!

1. Kualitas waktu bersama

Pexels.com/RDNE Stock Project

Cara mengungkapkan sayang untuk ayah yang pertama adalah meluangkan sedikit waktu untuk melakukan berbagai kegiatan yang disukai ayah, seperti berolahraga, jalan-jalan di taman, atau sekadar duduk bersama untuk berbicara mengenai kesibukkan masing-masing. 

Hal tersebut bisa dilakukan karena kamu akan fokus memberikan seluruh perhatian kepadanya, sehingga secara tidak langsung dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat antara kamu dan ayah.

Tidak perlu aktivitas yang besar atau mahal, terkadang momen sederhana dapat menjadi cara mengungkapkan sayang untuk ayah yang sangat berarti. Seiring berjalannya waktu, momen-momen tersebut akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

2. Berikan bantuan dan pengertian

Pexels.com/Ron Lach

Tak hanya melalui ucapan, menyampaikan rasa sayang untuk ayah juga bisa dilakukan melalui tindakan nyata yang bersifat meringankan kerjaannya. Kamu bisa berinisiatif untuk membantu dalam mengerjakan pekerjaan sehari-harinya, seperti mencuci motor, membersihkan sepatu kerja, menyiapkan minum, dan lainnya.

Ketika kamu berhasil menunjukkan kesediaan untuk berkontribusi secara penuh, maka ayah akan merasa mendapatkan perhatian tulus dari anaknya. Alhasil, tindakan tersebut dapat menciptakan lingkungan yang tumbuh dan berkembang tanpa melitbahkan perasaan emosi.

3. Mengenali karakter dirinya

identityiq.com/iStock

Mengetahui dan mengenali karakter yang dimiliki oleh ayah akan membuka pintu untuk pertumbuhan hubungan yang lebih dalam. Saling memahami perbedaan menjadi dasar pandangan hidup yang memungkinkan kamu untuk membentuk kedekatan yang lebih baik dengannya. 

Terlebih, jika kamu mencari kesamaan dan titik temu dalam karakter masing-masing. Tentu, hal tersebut bukan hanya memberikan pelajaran tentang menghargai perbedaan saja, tetapi juga tentang membangun kekuatan bersama dalam menghadapi tantangan kehidupan. 

4. Memberikan ucapan terima kasih

self.com/Igor Alecsander via Getty Images

Selanjutnya, kamu bisa berbicara secara terbuka dan tulus mengungkapkan rasa terima kasih kepada ayah. Coba jelaskan secara detail mengenai hal-hal yang kamu apresiasi dari dirinya, seperti bimbingan, dukungan emosional, atau pelajaran hidup yang dibekali untukmu. Sepatah kata manis yang kamu lontarkan sanggup membangun ikatan kuat antara kalian, lho.

Jadi, menyampaikan rasa terima kasih melalui kata-kata merupakan hadiah yang lebih berharga daripada benda fisik karena mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang kontribusinya dalam kehidupanmu.

5. Menjadi bagian dari hidupnya

news.amomama.com/iStock

Kamu bisa melibatkan diri dalam setiap bagian dari kehidupannya, seperti berbicara tentang pencapaian, membantu merencanakan tujuan masa depan, atau bahkan sekadar antusias mendengarkan ketika dia ingin berbagi pengalaman harian. Dengan begitu, kamu tidak hanya menciptakan kenangan yang berkesan, tetapi juga membangun fondasi yang kuat dalam hubungan anak dan orangtua.

Itulah kelima cara mengungkapkan sayang untuk ayah. Selamat mencobanya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Single