Senam kegel telah menjadi kebiasaan rutin di kalangan perempuan. Akan tetapi nggak semua perempuan nggak tau apa sebenarnya senam kegel dan manfaatnya untuk dirinya. Senam kegel merupakan kontraksi dari otot-otot dasar panggul, yang menopang kandung kemih, Miss V dan dubur.

Cara senam kegel sangat mudah, pada prinsipnya kamu harus menahan otot panggul di sekitar Miss V, tahan sekitar 10 detik, kemudian lepaskan. lakukan Gerakan ini hingga 10 kali sehari. Senam kegel bisa dilakukan sambil berbaring, dengan kedua lutut menekuk.

Dengan melakukan senam kegel ini, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat terutama untuk meningkatkan kegiatan seksual.

Inilah beberapa manfaat senam kegel untukmu Bela.

1. Meningkatkan kepuasan seksual

Manfaat Senam Kegel untuk Kehidupan Seks Perempuanfreepik.com/prostooleh

Faktanya, senam kegel membuat Miss V terasa lebih kencang yang dapat meningkatkan intensitas orgasme. Otot-otot dasar panggul sangat vital dalam kaitannya dengan orgasme.

Ketika otot-otot dasar panggul sehar, orgasme lebih kuat dan bertahan lebih lama. Perempuan yang mengalami kesulitan mencapai orgasme mungkin mengalami otot-ototnya yang lemah.

2. Membuat Miss V lebih rapat

Manfaat Senam Kegel untuk Kehidupan Seks Perempuanfreepik.com/alexander1202

Karena dasar panggul yang kuat akan membuat perempuan akan ‘menjepit’ pasangan lebih erat saat penetrasi. Dengan senam kegel secara rutin nggak menutup kemungkinan Miss V mu akan seperti sedia kala. Miss V mu yang longgar dan kendur akan teratasi dengan melakukan senam kegel secara rutin.

3. Nggak membuat nyeri saat penetrasi

Manfaat Senam Kegel untuk Kehidupan Seks Perempuanfreepik.com/eddows-animator

Saat otot panggul nggak elastis lagi, penetrasi akan terasa lebih nyeri. Senam kegel bisa menjadi solusi untuk membuat hubungan seksualmu lebih nyaman karena fleksibilitas dari otot-otot Miss V-mu. Nggak ingin kan selalu nyeri setelah bercinta?

4. Membantu kesehatan pelvic saat menopause

Manfaat Senam Kegel untuk Kehidupan Seks Perempuanfreepik.com/kukota

Selama menopause, fluktuasi kadar esterogen akan menyebabkan aliran darah pada otot dasar panggul menurun. Bayangkan dasar panggul sebagai spons sabun yang diperas di bawah air mengalir, saat kamu memeras sabun kemudian terisi dengan air yang bersih saat melonggarkannya.

Inilah yang akan bekerja saat senam kegel di jaringan pelvic-mu.

5. Untuk membantu proses melahirkan

Manfaat Senam Kegel untuk Kehidupan Seks Perempuanfreepik.com/Racool_studio

Saat kamu hamil, otot-otot dasar panggul akan menjadi lebih lemah sejak kehamilan. Hal ini akan mempersulit kelahiran secara normal, yang dapat membuat robeknya otot.

Jika senam kegel dilakukan secara rutin, hal ini akan membuat otot dasar panggul lebih kuat dalam proses melahirkan.

6. Mempercepat pemulihan Miss V setelah episotomi

Manfaat Senam Kegel untuk Kehidupan Seks Perempuanfreepik.com/doucefleur

Episotomi atau proses menggunting Miss V saat melahirkan dengan proses normal akan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup. Senam kegel juga dapat meningkatkan sirkulasi darah agar lancar ke Miss V. Darah tersebut mengandung oksigen yang dibutuhkan regenerasi sel dan jaringan pada Miss V pasca episotomi.

Baca Juga: Cara Membuat Pasangan Lebih Lama 'Turn On' di Ranjang