Mengadopsi kebiasaan untuk membersihkan diri setelah berhubungan seks bisa mencegah risiko infeksi penyakit. Selain itu, membersihkan diri juga membuat kamu kembali merasa segar. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membersihkan diri sesudah bercinta.

1. Mencuci tangan

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Seksannmariegianni.com

Mencuci tangan menjadi cara termudah dan tercepat untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin menempel setelah kamu menyentuh alat kelamin pasangan. Ya, mencuci tangan merupakan langkah awal untuk menghentikan penyebaran bakteri dan virus.

Cuci tangan kamu dengan sabun dan air mengalir. Pastikan ini menjadi bagian dari proses membersihkan diri sesudah berhubungan seks.

2. Buang air kecil

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Sekswww.healthline.com

Setelah bercinta, sebaiknya kamu segera ke kamar mandi. Buang air kecil agar semua cairan tubuh keluar dengan baik. Dengan begitu, kamu mencegah risiko terkena infeksi saluran kemih. Buang air kecil juga membantu meluruhkan sperma yang berantakan di dekat vagina.

3. Jangan menyemprot air dengan keras ke arah vagina

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan SeksPexels.com/Pixabay

Beberapa wanita berpikir mereka perlu membersihkan bagian dalam vagina dengan menyemprotkan air ke sana setelah berhubungan seks. Namun, hal tersebut bisa mengganggu keseimbangan alami bakteri yang melindungi vagina. Jika semburan air terlalu keras, itu juga dapat menimbulkan infeksi.

4. Bersihkan diri dengan lembut

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan SeksShutterstock.com/TORWAISTUDIO

Mandi merupakan cara terbaik untuk membersihkan diri. Meski begitu, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan. Hindari mandi menggunakan air yang terlalu dingin atau panas mengingat bagian-bagian intim tubuh kamu masih sensitif setelah melakukan aktivitas intim.

5. Gunakan pembersih dengan kandungan alami

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan SeksViviendalcance.com

Saat mandi, sebaiknya gunakan sabun dengan bahan-bahan yang lembut. Tidak perlu menggunakan pembersih yang mengandung pewangi ekstra karena dapat mengganggu pH di vagina. Selain itu, pastikan kandungan di sabun yang kamu gunakan cocok untuk kulit dan tidak menyebabkan gatal-gatal atau masalah lainnya.

6. Membasuh vagina dari depan ke belakang

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Sekshappifyourworld.com

Mengusap vagina dengan cara yang salah dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan memicu infeksi saluran kemih. Sebaiknya, usap dari depan ke belakang sehingga kamu tidak mengontaminasi vagina dengan bakteri dari anus.

7. Perhatikan kondisi di sekitar vagina

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Seks

Jika kamu melihat ada ruam, luka, atau benjolan di sekitar organ intim, serta merasakan sensasi terbakar dan gatal saat buang air kecil, sebaiknya segera periksa ke dokter ya, Bela!

8. Kenakan pakaian yang bersih dan longgar

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan SeksFreepik.com/Freepic.diller

Setelah mandi, keringkan tubuh dan organ intim kamu dengan handuk bersih. Kenakan pakaian dalam yang tidak lembap dan nyaman. Pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik, bisa menjadi pilihan. Jika terlalu ketat, itu akan menyebabkan iritasi di organ intim kamu.

9. Minum air yang cukup

Ini 9 Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan SeksShutterstock/sebra

Setelah berhubungan seks atau selesai mandi, ada baiknya kamu minum air yang cukup. Dehidrasi memengaruhi seluruh tubuh kamu, termasuk vagina. Oleh sebab itu, penting untuk menambah asupan air agar kesehatan tetap terjaga. Minum air juga membuat kamu mudah buang air kecil sehingga membantu meluruhkan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan diri setelah berhubungan seks. Lakukan dengan benar agar kesehatan dan kebersihan kamu tetap terjaga ya, Bela!

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kecanggungan Saat Berhubungan Seks

Baca Juga: Kenali Outercourse, Cara Lain Berhubungan Seks Tanpa Penetrasi

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini 9 Adab Berhubungan Seks dalam Ajaran Islam