Mengenal Sexsomnia, Aktivitas Bercinta Saat Tertidur Pulas

Gangguan tidur ini bisa berbahaya, lho!

Mengenal Sexsomnia, Aktivitas Bercinta Saat Tertidur Pulas

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tahukah kamu, gangguan tidur ternyata nggak hanya seputar soal insomnia ataupun mendengkur saja, lho. Ada satu gangguan tidur yang berhubungan dengan aktivitas seksual, yaitu sexsomnia

Sama dengan gangguan tidur lainnya, gangguan tidur yang biasanya timbul dengan gejala masturbasi ini juga berdampak pada menurunya kualitas tidur sang penderita. Nggak hanya itu, gangguan tidur ini jika dibiarkan bisa membahayakan, lho. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenali sexsomnia, kamu bisa mencari tahunya secara mendalam lewat artikel ini.

Apa itu sexsomnia?

Terdengar aneh tapi nyata. Begitulah sedikit gambaran mengenai sexsomnia. Secara jelasnya, sexsomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya melakukan hubungan atau terlibat dalam aktivitas seksual yang dilakukan saat tertidur.

Sama seperti makan sambil tidur atau berjalan sambil tidur, sexsomania pun tergolong dalam kategori parasomnia. Kategori ini merupakan sebuah aktivitas atau kebiasaan abnormal yang terjadi saat proses tidur sedang berlangsung.

Penyebab sexsomnia

Entah bersama pasangan ataupun dilakukan sendiri, aktivitas seksual yang dilakukan oleh para penderita sexsomnia biasanya terjadi pada fase tidur paling dalam atau pada fase non-rapid eye movement (NREM). Adanya gangguan bernama confusion arousals (CAs) lah yang menyebabkan mengapa otak terjebak dalam fase tidur yang seperti itu. 

Berbicara soal penyebab pasti dari sexsomnia, memang belum ada bukti ilmiah yang bisa menunjukkannya. Namun, banyak peneliti yang percaya bahwa gaya hidup, kondisi medis, pekerjaan, hingga pengobatan, berperan besar terhadap munculnya gangguan tidur sexsomnia di tubuh para penderitanya. 

Nggak hanya itu, beberapa hal juga disebut-sebut menjadi pemicu dari munculnya sexsomnia, lho. Adapun hal-hal tersebut ialah durasi tidur yang terlalu sedikit, konsumsi alkohol berlebihan, adanya gangguan kecemasan, atau bahkan kondisi medis seperti sleep apnea obstruktif yang diduga juga turut serta menjadi penyebab dari sexsomnia.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here